Penyakit Cantengan - Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Yang Sudah Parah

6:28 AM
Pengertian Cantengan - Cantengan adalah suatu keadaan ketika bagian sudut ujung jari menjadi bengkak,sakit,dan kemerahan yang disebabkan pertumbuhan kuku terlalu menjorok ke dalam sehingga membuat kulit menjadi terluka dan biasanya dialami oleh jempol kaki.

Penyakit Cantengan Kuku Jempol Kaki Busuk - Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Yang Sudah Parah Dengan Obat Salep Apotik

Kuku yang mengalami pertumbuhan ke bagian dalam kulit disebabkan oleh beberapa faktor misalnya terlalu sering menggunakan kaos kaki,menggunakan sepatu yang sempit,memotong kuku terlalu dalam atau terlalu pendek,memotong kuku yang tidak rapi,memang memiliki kuku yang tumbuh melengkung ke bagian dalam dan disebabkan cedera.

Gejala Cantengan

Bengkak,rasa nyeri dan kemerahan di bagian ujung jari merupakan beberapa gejala cantengan namun ada gejala cantengan yang lainnya seperti adanya penumpukan cairan (edema) dan muncul nanah yang akhirnya dapat menyebabkan infeksi.Kemudian kulit disekitar juga akan tertusuk dan bisa mengalami peradangan serta pertumbuhannya menjadi tidak normal. Rasa sakit karena Cantengan akan sangat menyakitkan jika sampai tersentuh atau tertekan oleh suatu objek.

Penanganan Cantengan di Rumah

Agar jari yang mengalami cantengan tidak terinfeksi maka anda bisa mencegahnya sehingga tidak memperparah luka yang ada.Anda bisa melakukan beberapa perawatan sederhana misalnya menjaga kebersihan kulit dengan cara mencucinya dengan menggunakan air hangat dan sabun.Anda bisa melakukan hal ini empat kali sehari dan setiap kali perawatan setidaknya anda menghabiskan waktu 20 menit agar hasilnya maksimal.

Sebaiknya anda jauhkan sisi kulit dari kuku menggunakan cotton bud atau anda juga bisa menggunakan kapas untuk mengganjal antara kuku dengan kulit sehingga dapat membantu kuku untuk tumbuh diatas kulit.Cara tersebut mungkin akan terasa sakit sehingga anda harus sangat pelan-pelan dalam melakukannya dan agar tidak terlalu sakit anda bisa melumasinya menggunakan minyak zaitun.

Alternatif lainnya untuk menghentikan tekanan di kuku yaitu dengan cara memotong kuku yang menancap secara lurus.Sebaiknya anda juga menggunkan sepat dan kaos kaki yang nyaman sehingga tidak membuat kulit menjadi tertekan dan tidak perlu mengganti kaos kaki berkali-kali.
Untuk mengatasi rasa nyeri anda bisa mengonsumsi ibuprofen dan acetaminophen berdasarkan dosis,usia dan petunjuk dari dokter dan pada kemasan. Untuk mencegah terjadinya infeksi,anda bisa mengoleskan krim antibiotik dan tutupi jari yang terkena cantengan menggunakan perban.

Penanganan Cantengan oleh Dokter

Anda bisa menemui dokter untuk mengatasi Cantengan yang sudah menunjukkan gejala infeksi misalnya pendarahan,inflamasi parah dan muncul nanah.Dan khususnya untuk orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes,sebaiknya segera periksa ke dokter karena diabetes bisa memperlambat penyembuhan luka.

Dokter akan mengambil langkah operasi pencabutan kuku jika memang Cantengan tersebut cukup parah.Langkah operasi ini dibagi dalam dua jenis yaitu pencabutan kuku sebagian dan pencabutan kuku secara keseluruhan.

Langkah pencabutan kuku dilakukan dengan melihat seberapa besar keparahan yang terjadi.Misalnya,langkah pencabutan kuku secara keseluruhan harus dilakukan jika keadaan kuku memang sangat tebal dan semakin menekan kulit disekitarnya.

Pencegahan Cantengan

Langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah Cantengan antara lain yaitu:
- Potonglah kuku secara lurus dan jangan melengkung mengikuti arah jari
- Potonglah kuku secukupnya saja jangan terlalu pendek
- Hilangkan kulit-kulit keras atau yang sudah mati disekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus atau bisa juga menggunakan batu apung
- Pakailah kaos kaki atau gunakan sepatu yang nyaman dan tidak menekan kaki
- Sebaiknya anda menjaga kebersihan kaki dan pakailah pelembab
- Lakukan pemriksaan secara rutin dengan dokter agar kaki anda sehat selalu

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top