Penyakit Candidiasis - Gejala Penyebab Resiko Dan Cara Pengobatanya

Candidiasis Atau Kalau Di Indonesia lebih Dikenal Sebagai Penyakit Kandidiasis ini Merupakan Penyakit yang disebabkan Oleh Infeksi Jamur. Ada Beberapa Jenis Penyakit Candidiasus Beberapa Diantaranya ada Yang kandidiasis mulut, Lidah , Dan Banyak Lagi Lainyya. Nah Disini Saya Akan Mebagikan Penjenlasan seputar Penyakit ini Semisal ciri-ciri penyakit kandidiasis,obat kandidiasis oral,obat kandidiasis vulvovaginitis,kandidiasis pdf,kandidiasis oral pdf,penyebab jamur candida,obat jamur candida mulut dan Berbagai Massalah Terkait Penyakt kulit ini. Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya Bersama DokterBidan.Com Dibawah ini

Pengertian Candidiasis

Penyakit Candidiasis Kandidiasis Oral - Gejala Penyebab Resiko Dan Cara Pengobatanya Dengan Obat Jamur Candida Mulut

Candidiasis yaitu infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida.Jamur tersebut memiliki sekitar 20 jenis namun jenis yang paling sering menyebabkan infeksi yaitu Candidiasis Albicans. Candidiasis dapat muncul di bagian-bagian tubuh tertentu dan yang paling sering terkena infeksi yaitu mulut dan bagian kelamin.Sedangkan bagian tubuh lain yang dapat terkena infeksi Candida yaitu kuku,esophagus,sekitar anus dan saluran pencernaan.

Gejala Candidiasis

Gejala Candidiasis berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.Uraian tentang Gejala-gejala yang sering muncul pada bagian tubuh yang terkena infeksi Candida yaitu:

- Candidiasis Mulut (Oral Trush)
Candidiasis Mulut biasanya menimbulkan gejala berupa bintil-bintil warna putih di dalam mulut dan lidah,kulit pada bagian ujung mulut pecah-pecah dan kemerahan di rongga mulut.Penderita juga mungkin akan merasakan sakit tenggorokan dan akan mengalami kesulitan dalam menelan.

- Infeksi Candida Di Sekitar Kelamin
Jamur Candidiasis Albicans merupakan jamur yang menyebabkan iritasi di bagian vagina namun bisa juga dialami oleh pria terutama mereka yang belum di sunat.Jika terjadi infeksi di sekitar vagina maka si penderita akan merasakan gatal yang sangat luar biasa di sekitar vagina lalu bagian di sekelilingnya akan memerah dan terasa perih serta akan muncul keputihan yang menggumpal mirip dengan keju.Sedangkan untuk pria,terdapat ruam merah di sekitar penis,gatal dan muncul rasa seakan terbakar di ujung penis dengan bau yang tidak sedap.

Infeksi yang terjadi pada kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual terutama untuk yang berpasangan sehingga harus segera dilakukan pengobatan secepat mungkin.
Infeksi jamur harus segera ditangani jika memang sudah parah karena Candidiasis bisa menyebabkan jamur masuk ke dalam aliran darah lalu bisa menyebabkan infeksi di darah.

Penyebab dan Faktor Risiko Candidiasis

Sesungguhnya dalam keadaan normal jamur Candida sudah terdapat di permukaan kulit seseorang namun jika mengalami perkembangbiakkan yang berlebihan khususnya di daerah yang lembab,jamur ini justru akan menimbulkan infeksi.Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko infeksi jamur yaitu:

- Sistem Kekebalan Tubuh Yang Lemah
Misalnya penderita HIV,Seseorang yang sedang menjalani kemoterapi dan seseorang yang menggunakan steroid.

- Usia
Infeksi jamur cenderung menyerang bayi dan lansia misalnya karena ruam popok pada bayi

- Penyakit Kronis
misalnya diabetes

- Menggunakan obat-obatan tertentu sepetu antibiotik

Cara Pengobatan dan Pencegahan Candidiasis

Pengobatan Candidiasis dilakukan dengan melihat bagian yang terkena infeksi,tingkat keparahan dan keadaan pasien.Ada beberapa jenis obat anti jamur yang dapat anda gunakan dan di jual bebas di apotek terdekat.Tapi alangkah baiknya jika anda melakukan pemeriksaan terlebih dulu dengan dokter untuk memastikan diagnosis agar obat yang anda gunakan benar-benar tepat sasaran.

Jenis obat yang mungkin akan digunakan untuk mengatasi Candidiasis berdasarkan jenis-jenisnya antara lain yaitu:

- Candidiasis mulut yang dapat diobati dengan antijamur yang berbentuk kumur atau gel.Pada Candidiasis mulut biasanya membutuhkan waktu sekitar satu sampai 2 minggu untuk penyembuhan.Mungkin dokter juga akan memberikan beberapa obat lain yang berbentuk tablet dan kapsul.
- Infeksi Candida yang terjadi di sekitar kelamin dapat diobati dengan anti jamur yang berbentuk krim,supositoria dan tablet.
- Ruam Popok karena jamur Candida bisa diatasi dengan memberikan obat anti jamur yang berbentuk krim,salep atau bedak.

Selain menggunakan obat,infeksi Candidiasis mulut bisa disembuhkan dengan cepat melalui beberapa langkah berikut ini:

- Jagalah kebersihan mulut seperti rajin gosok gigi.periksakan gigi ke dokter secara rutin,bersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss atau benang gigi dengan rajin
- Jangan merokok
Sedangkan cara-cara untuk mempercepat penyembuhan pada Candidiasis kelamin antara lain yaitu:
- pakailah pakaian dalam yang menggunakan bahan katun
- Jangan menggunakan pakaian dalam terlalu ketat
- Jangan menggunakan sabun berpewangi di daerah sekitar alat kelamin anda
- Pastikan organ kewanitaan anda dalam keadaan kering terutama setelah dibersihkan atau setelah mandi.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top