Demam Panas - Penyebab, Gejala, Obat, Pencegahan dan Cara Menanganinya

Demam merupakan sebuah keadaan dimana suhu tubuh sedang berada diatas 38 derajat celcius.Demam adalah bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang bereaksi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus,bakteri dan parasit.Demam juga dapat terjadi karena hipertiroidisme,artritis,penggunaan obat salah satunya antibiotik.Demam yang disebabkan oleh konsumsi obat biasanya disebut dengan demam obat atau drug fever.

Demam Panas - Penyebab, Gejala, Obat, Pencegahan dan Cara Menanganinya

Demam memang terkadang cukup membuat khawatir namun demam yang tinggi bukan berarti sinyal akan adanya penyakit serius.Demam yang terjadi pada anak-anak biasanya bukan suatu masalah yang serius namun merupakan suatu pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh di dalam anak tersebut sedang melakukan perlawanan pada infeksi.

Munculnya demam bukan suatu penyakit tapi gejala yang muncul karena adanya penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan misalnya karena flu.Maka biasanya demam akan hilang dengan seiring penyakit mereda.Tapi jika anda terkena demam yang cukup parah maka anda dapat membeli obat penurun demam yang tersedia di apotek.

Gejala yang biasanya diikuti oleh demam tergantung kepada penyebab demam itu.Di bawah ini merupakan beberapa contoh gejala yang menyertai demam:

- Sakit kepala
- berkeringat dingin
- Menggigil
- Dehidrasi
- Batuk
- Sakit tenggorokan
- sakit di telinga
- Diare
- Muntah
- sakit otot
- Hilangnya selera makan
- kelelahan

Cara untuk memeriksa suhu tubuh yang paling benar yaitu menggunakan termometer dan jangan hanya menggunakan tangan untuk melihat demam atau tidak.Demam bukanlah masalah yang serius kecuali suhu tubuh anda berada di atas 38 derajat celcius yang disertai dengan satu gejala atau lebih seperti berikut ini:

- Muntah terus menerus
- Munculnya bercak merah pada kulit
- Leher terasa sangat kaku dan mata cenderung lebih sensitif pada cahaya
- Sesak nafas
- Mengantuk secara terus menerus
- Jika terasa sangat menyakitkan
- Anak tidak mau minum dan sangat jarang buang air kecil
Apabila gejala tersebut muncul,sebaiknya segera pergi ke dokter atau rumah sakit.

Penyebab Demam

Suhu tubuh yang terdapat pada manusia lebih sering berubah-ubah.Suhu tubuh di pagi hari biasanya akan lebih rendah lalu akan mengalami peningkatan di sore dan malam hari.Normalnya suhu tubuh manusia berada di antara 36,5-37,5 derajat celcius.Ada beberapa faktor yang memengaruhi suhu tubuh seperti kegiatan olahraga dan siklus menstruasi.

Penyebab demam yang sering terjadi antara lain yaitu:
- Setelah imunisasi seperti setelah menerima vaksin pneumokokus atau vaksin TB (tuberkulosis).
- Munculnya beberapa infeksi virus dan bakteri seperti sakit tenggorokan,keracunan makanan,meningitis,tifus,disentri,cacar air dan infeksi pada saluran kemih.
- Obat-obatan misalnya antibiotik,antihipertensi,antidepresan
- Infeksi karena gigitan nyamuk seperti demam berdarah,malaria dan chikungunya
- Terlalu lama berdiri di bawah sinar matahari
- Penyakit misalnya arthritis dan hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif)
- Kanker seperti leukimia,kanker hati dan kanker paru-paru.

Pengobatan Demam

Demam yang datang dengan suhu yang tidak begitu tinggi dan tidak berlangsung lama biasanya tidak membutuhkan obat untuk menurunkan demam.Tapi agar tubuh segera pulih dan kembali nyaman anda bisa menggunakan beberapa obat penurun demam yang tersedia di apotek.Namun jika demam yang diderita semakin tinggi dan tak kunjung reda dalam 3 hari sebaiknya anda segera menemui dokter.

Di bawah ini ada beberapa contoh obat yang dapat digunakan untuk mengatasi demam karena infeksi antara lain yaitu:

- Paracetamol dan ibuprofen.Seseorang yang mengalami demam biasanya akan merasakan rasa yang sangat tidak nyaman.Mengonsumsi obat sesuai dosis dan aturan pakai yang diberikan dokter dapat menghilangkan demam.Namun jika mengonsumsi paracetamol dengan jumlah banyak dan dalam waktu yang cukup lama bisa berakibat merusak hati atau ginjal.Kedua obat tersebut bisa anda dapatkan di apotek terdekat.

- Aspirin
Aspirin hanya digunakan oleh orang yang sudah dewasa jadi jangan sekali-kali anda memberikan aspirin pada anak-anak.Obat tersebut juga bisa menyebabkan sindrom Reye yaitu penyakit yang dapat memengaruhi otak dan hati.Aspirin bisa anda beli di apotek tanpa menggunakan resep dari dokter.

- Antibiotik
Obat antibiotik diberikan sesuai dengan resep dokter jika memang diindikasi adanya infeksi bakteri yang bisa menyebabkan demam misalnya pneumonia.

Cara Meredakan Demam Panas

Cara-cara yang dapat anda lakukan dirumah untuk membantu meredakan demam antara lain yaitu:
- Istirahat.Agar kesehatan anda dapat kembali pulih sebaiknya istirahatlah yang cukup karena dapat juga membantu kerja sistem kekebalan tubuh.Kegiatan yang terlalu banyak dapat meningkatkan suhu tubuh
- Pakailah pakaian yang tipis dan sebaiknya anda tetap berada di ruangan yang sejuk
- Perbanyak minum cairan agar anda terhindar dari dehidrasi karena demam bisa menyebabkan cairan banyak yang hilang.
Komplikasi yang disebabkan oleh demam dapat berupa dehidrasi yang parah,halusinasi dan kejang-kejang.

Pencegahan Demam

Demam dapat dicegah dengan cara menerapkan pola hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.Hal ini dilakukan untuk mengurangi pajanan pada penyakit menular yang terkadang membuat demam.
Pastikan anda selalu mencuci tangan apabila sudah terkontaminasi dengan benda dan lingkungan yang kurang sehat.Anda dapat menggunakan tisu basah dan cairan pembersih tangan saat akan pergi.
Sebaiknya jauhkan tangan dari hidung,mulut dan mata.Karena ketiga bagian tersebut dapat menjadi penyebab bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh manusia.Saat anda batuk atau bersin usahakan mulut dan hidung di tutup.Sebaiknya jangan menggunakan gelas,botol air minum dan peralatan makan yang sudah digunakan oleh orang lain.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top