Cholangitis - Penyebab. Gejala, Pencegahan Dan Cara Mengobatinya

Cholangitis yaitu infeksi yang terjadi pada bagian saluran empedu (saluran yang dilalui oleh cairan empedu dari hati ke kantung empedu dan usus).Hati memproduksi cairan empedu untuk membantu proses pencernaan. Normalnya,cairan empedu sifatnya steril namun saat terjadi penyumbatan di saluran empedu tumpukkan cairan empedu tersebut berpeluang menjadi infeksi.

Cholangitis - Penyebab Gejala Pencegahan Dan Cara Mengobatinya Dengan Obat Herbal Alami dan Medis Di Apotik

Gejala Cholangitis

Penderita Cholangitis biasanya akan mengalami gejala-gejala antara lain yaitu:
- Nyeri di bagian perut atas bagian tengah dan kanan
- Mual
- Muntah
- Warna urine berubah gelap
- Warna Tinja menjadi seperti tanah liat atau cokelat tua
- Badan menggigil
- Demam
- Kulit menguning mirip penyakit kuning yang kadang muncul kadang hilang

Rasa nyeri yang disebabkan oleh Cholangitis cukup beragam mulai dari rasa tajam,tumpul,hingga mirip dengan kram.Nyeri tidak hanya dirasakan pada bagian perut saja namun bisa juga dirasakan sampai bagian punggung dan bagian bawah tulang belikat.

Cholangitis dapat dialami oleh siapa saja entah laki-laki ataupun perempuan.Cholangitis biasanya menyerang seseorang antara umur 50-60 tahun.Untuk keadaan yang cukup parah,Cholangitis bisa mengakibatkan kematian apabila tidak ditangani dengan tepat.Penyakit Cholangitis bisa menyebabkan kematian antara 13-88%.

Penyebab Cholangitis

Penyakit Cholangitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.Saluran empedu yang tersumbat misalnya karena batu empedu atau tumor bisa mengakibatkan bakteri berkembang biak didalamnya lalu saluran empedu di serang.

Cholangitis juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor risiko yang lainnya antara lain yaitu:
- Memiliki riwayat batu empedu
- Menderita Sclerosing cholangitis
- Menderita penyempitan saluran empedu
- Menderita HIV/AIDS
- Seseorang yang pergi ke daerah rawan penyakit.

Diagnosis Cholangitis

Diagnosis dilakukan dengan melakukan pemeriksaan berdasarkan gejala dan riwayat kesehatan pasien dan keluarga.Lalu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat apakah ada gejala-gejala yang lain misalnya jaundice (munculnya warna kekuningan di kulit dan bagian putih pada mata) dan bagian atas perut terasa lunak saat diraba.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan cara memeriksa secara lebih detail.Pemeriksaan yang biasanya dilakukan antara lain yaitu:
- CT Scan
- MRI Scan
- USG abdomen (perut)
- Pemeriksaan X-ray yang digabungkan dengan endoskopi atau ERCP (endoscopic retrograde chlangiopancreatography).
- Pemeriksaan X-ray yang dikombinasikan dengan penyuntikan cairan pewarna khusus secara langsung ke dalam saluran empedu atau PTC (percutaneous transhepatic chloangiography)

Pengobatan Cholangitis

Apabila anda merasakan adanya gejala-gejala Cholangitis yang muncul sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.Semakin cepat keadaan ini di diagnosa dan diobati maka peluang untuk sembuh juga semakin besar.Sebaiknya anda jangan menganggap gejala Cholangitis sebagai hal yang biasa karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Untuk beberapa kasus yang terjadi,Cholangitis diobati dengan diberikan obat-obatan antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.Apabila cara ini tidak berhasil biasanya dokter akan mengambil langkah operasi. Dokter akan melakukan operasi setelah keadaan pasien benar-benar stabil.Tapi jika pasien keadaannya semakin memburuk maka dokter akan mengambil langkah operasi secepatnya.

Komplikasi Penyakit Cholangitis

Infeksi yang terjadi pada saluran empedu bisa menyebar ke hatu dan menyebabkan disfungsi di organ tersebut.Kecuali itu,komplikasi lain juga dapat terjadi karena Cholangitis kronis antara lain yaitu:
- Disfungsi ginjal
- Disfungsi sistem pernafasan
- Cedera ginjal akut
- Disfungsi sistem kardiovaskular
- Disfungsi sistem hematologis
- Disfungsi saraf
- Syok Septik

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top