Cegukan - Penyebab Gejala Penyakit dan Cara Mengobatinya Secara Cepat

Cegukan atau Singultus yaitu munculnya suara seperti "hiks" yang disebabkan karena pita suara menutup secara tiba-tiba karena adanya kontraksi pada diafragma.Diafragma yaitu membran otot yang memisahkan antara dada dengan perut dan memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pernafasan.
Cegukan - Penyebab Gejala Penyakit dan Cara Mengobatinya Secara Cepat Alami dan Tradisional

Cegukan bisa terjadi pada semua orang dengan durasi yang sangat beragam tapi umumnya hanya terjadi dalam hitungan menit saja.

Penyebab Cegukan

Hal-hal yang dapat menyebabkan diafragma mengalami kontraksi hingga menimbulkan cegukan antara lain yaitu:
- Minuman beralkohol
- Minuman panas
- minuman bersoda
- rokok
- Makanan pedas
- Perut yang sedang kembung
- Suhu yang tiba-tiba mengalami perubahan
- Makan terlalu banyak
- Makan terlalu cepat
- Menelan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
Kecuali karena masalah diatas,cegukan juga bisa terjadi karena keadaan emosi mislanya karena perasaan gembira,sedih atau stres.

Waktu Yang Tepat Untuk Memeriksakan Diri Ke Dokter

Anda dapat menemui dokter ketika mengalami cegukan atau saat cegukan itu terjadi selama lebih dari dua hari.Hal tersebut bisa saja terjadi karena:
- Gangguan Metabolisme.Contohnya karena hipoglikemia,hiperglikemia atau diabetes
- Gangguan Sistem Saraf.Contohnya karena mengalami cedera berat di otak,radang jaringan otak atau ensefalitis dan stroke
- Gangguan Saraf Vagus.Contohnya karena masalah meningitis,faringitis dan penyakit gondok.
- gangguan pernafasan.Contohnya karena penyakit pleuritis,pneumonia,dan asma
- Gangguan Pencernaan.Contohya karena obstruksi usus,radang usus,dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD).
- Masalah Psikologis.Contohnya karena stres,sedih,gembira,takut dan syok
Kecuali karena sebab-sebab diatas,cegukan juga dapat terjadi karena efek samping pemakaian obat misalnya:
- Obat pereda rasa nyeri seperti golongan opioid seperti metadon dan morfin
- Obat untuk kemoterapi seperti obat untuk membunuh sel-sel kanker
- Benzodiazepine (obat penenang uang digunakan untuk menangani rasa cemas)
- Anastesi atau obat yang dapat menyebabkan efek mati rasa atau hilangnya kesadaran yang biasanya diberikan saat akan menjalani proses operasi
- Methyldopa atau obat yang diresepkan untuk menangani darah tinggi
- Barbiturate atau sejenis obat penenang yang biasanya diberikan untuk mengatasi masalah kejang
- Kortikosteroid atau obat untuk menangani pembengkakan dan radang

Diagnosis Cegukan

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memeriksa penyebab cegukan yang terjadi dalam kurun waktu cukup lama.Pertama mungkin dokter akan melakukan pemeriksaan saraf untuk mengetahui refleks,koordinasi dan keseimbangan umum,kemampuan merasakan sentuhan,tonus,kemampuan otot dan penglihatan pasien.

Apabila dokter melihat penyebab cegukan merupakan masalah kesehatan maka pemeriksaan  yang lebih rinci harus dilakukan misalnya tes darah yang dilakukan untuk melihat apakah ada gejala infeksi,penyakit ginjal atau diabetes.Disamping tes darah,dokter juga akan melakukan beberapa tes yang lainnya antara lain yaitu:

- Endoskopi atau pemeriksaan yang dilakukan menggunakan alat sepertu selang kecil yang dilengkapi dengan lampu dan kamera jika penyebab cegukan diindikasi berkaitan sistem pencernaan misalnya karena asam lambung atau refluks gastreofagus (GERD).

- Pemeriksaaan menggunakan CT Scan,MRI Scan,atau X-ray.Cara tersebut dilakukan untuk memantapkan adanya gagguan pada diafragma,saraf frenikus dan saraf vagus yang disebabkan adanya kelainan anatomi.

Pengobatan Cegukan

Untuk kasus cegukan yang berlangsung lama,dokter harus mengatasi masalah utama yang menyebabkan cegukan sehingga dapat berhenti secepat mungkin.Misalnya karena adanya komplikasi yang berkaitan dengan penyakit asma berdasarkan hasil diagnosis,sehingga penanganan penyakit asma adalah yang paling diutamakan oleh dokter.Hal tersebut dilakukan karena secara otomatis,cegukan akan sembuh ketika asma mulai reda.

Apabila cegukan muncul karena reaksi dari penggunaan obat maka dokter harus mengganti dosis atau mengganti obat pasien tersebut. Jika Cegukan yang terjadi bukan disebabkan oleh penggunaan obat maka cegukan bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak perlu pergi ke dokter.cara-cara yang dapat anda lakukan untuk membantu menghentikan cegukan dengan lebih cepat antara lain yaitu:

- tarik kedua lutut sampai menyentuh dada
- Bernafas di dalam kantorng yang berbahan dasar kertas
- Mengecap cuka
- Menelan gula pasir
- Membungkuk ke arah bagian depan sehingga dada anda terasa seakan ditekan
- Menggigit lemon
- Menahan nafas dalam waktu singkat
- Minum air dingin dengan pelan-pelan saja

Pengobatan Cegukan Tanpa Diketahui Pasti Penyebabnya

Apabila Cegukan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dan tidak diketahui penyebabnya maka anda perlu melakukan pemeriksaan agar anda mendapatkan obat yang dapat berfungsi untuk menghentikan cegukan yang terjadi.Obat-obatan yang mungkin akan diberikan untuk menghentikan cegukan antara lain yaitu:gabapentin,metoclopramide,baclofen,haloperidol dan chlorpromazine.
Sebaiknya anda memastikan aturan pakai dan dosis sebelum mengonsumsi obat agar tidak terjadi efek samping yang buruk.Namun jika Cegukan tetap terjadi meskipun dosis telah dikurangi atau obat sudah habis,sebaiknya segera temui dokter secepatnya.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top