Cedera Hamstring Otot Paha - Penyebab Dan Cara Mengobati Secara Alami Dengan Cepat

7:30 AM
Cedera paha depan Merupakan Salah satu masalah yang sering terjadi di kalangan saat ini. Ada Banyak Jenis Cedera untuk urusan ini beberap jenisnya adalah cedera pangkal paha,cedera engkel, cedera betis dan lainya. otot hamstring terdiri dari berbagai otot nah untuk masalah obat cedera hamstring juga Memiliki Beberapa Jenis Penyembuhan Yaitu cara menyembuhkan cedera hamstring secara alami dan cara menyembuhkan cedera hamstring dengan cepat Dengan Obat Dokter Apotik Atau Lainya. Untuk Lebih Jelasnya Silakan Cek panduan Dadi DokterBidan.Com Dibawah ini

Pengertian Cedera Hamstring

Cedera Hamstring merupakan cedera yang terjadi pada tiga kelompok otot yang terdapat di paha bagian belakang. Otot tersebut adalah salah satu otot yang paling jarang digunakan untuk berdiri dan berjalan.

Cristiano ronaldo Mengalami Cedera Hamstring Otot Paha Engkel Betis - Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Secara Alami Dengan Cepat

Hamstring akan lebih bekerja jika ada gerakan yang membuat seseorang membengkokkan tungkai kaki misalnya berlari,melompat dan memanjat.Gerakan-gerakan tersebut adalah gerakan yang akan meningkatkan resiko terkena cedera hamstring.Namun Cedera Hamstring dapat dicegah dengan cara melakukan peregangan otot terlebih dulu dan latihan penguatan otot dengan rutin.

Gejala Cedera Hamstring

Apabila otot hamstring mengalami cedera ada beberapa rasa sakit yang dapat dirasakan di bagian belakang paha antara lain yaitu:
- Pembengkakan
- Muncul rasa nyeri yang terasa sangat menyakitkan seperti robek atau terasa seperti terputus di bagian belkaang paha
- Memar yang terjadi di tempat cedera
- Otot terasa lemah bahkan untuk memberi beban di kaki yang cedera saja tidak mampu
Jika anda merasa sudah tidak bisa menahan rasa sakit karena cedera sebaiknya segera pergi ke dokter agar segera diatasi.

Penyebab dan Faktor Risiko Cedera Hamstring

Cedera Hamstring bisa terjadi jika otot yang ada dibagian belakang tertarik terlalu dalam atau melebihi kemampuannya yang terjadi ketika seseorang melakukan gerakan yang tiba-tiba seperti lari cepat,melompat, dan menyerang dengan cara mendadak.

Tapi Cedera Hamstring juga bisa terjadi ketika seseorang melakukn gerakn yang pelan namun otot yang ditarik terlalu berlebihan.Apabila seseorang sudah pernah terkena cedera hamstring maka ia tetap berpeluang terkena cedera ini.Faktor-faktor yang dapat memengaruhi seseorang terkena Cedera Hamstring antara lain yaitu:

- Otot memiliki kelenturan yang buruk
Jika otot anda memiliki kelenturan yang buruk maka otot tidak dapat menahan beban aktivitas yang membutuhkan kelenturan otot

- Perkembangan otot tidak seimbang
Ada beberapa pakar yang mengatakan jika otot paha di bagian depan berkembang dengan kekuatan yang besar atau lebih kuat maka otot yang terdapat di bagian belakang (hamstring) cenderung lebih mudah terkena cedera.

- Olahraga
Resiko cedera hamstring akan semakin besar jika anda melakukan beberapa aktivitas fisik atau olahraga yang membutuhkan peregangan otot lebih banyak misalnya lari cepat jarak pendek atau berdansa.

- Riwayat Cedera Hamstring
Apabila seseorang pernah mengalami cedera hamstring bukan suatu yang tidak mungkin jika suatu hari ia akan kembali terkena cedera otot hamstring.

Diagnosis Cedera Hamstring

Untuk mendiagnosa cedera hamstring,ada dua langkah yang biasanya dilakukan oleh dokter antara lain yaitu:

- Pemeriksaan Fisik
Pemeriksaan dilakukan untuk melihat pembengkakan yang terjadi dan bagian tubuh yang terasa sakit pada paha bagian belakang.Bagian tubuh yang terkena cedera dan sering atau tidaknya rasa sakit itu muncul merupakan alasan yang dapat membantu dokter untuk menentukan diagnosa.

- Uji Pencitraan
Khusus untuk cedera hamstring yang parah,biasanya ada beberapa bagian kecil tulang yang patah dan ikut tertarik dengan otot hamstring.Pencitraan sinar X dapat dilakukan untuk membantu dokter agar bisa melihat tulang kecil tersebut.Uji Ultrasound dan MRI juga dapat dilakukan untuk melihat robekan yang terjadi pada otot.

Ada 3 jenis cedera hamstring antara lain yaitu:
- Tingkat 1:Pada tingkatan ini,otot hamstring hanya sedikit teregang dan sedikit tertarik namun kaki yang cedera masih bisa menanggung beban.Pada tingkatan ini masih bisa sembuh dalam beberapa hari ke depan.

- Tingkat 2:Otot pada bagian hamstring mengalami robek dan akan menyebabkan rasa nyeri lalu bengkak,memar,dan kaki yang mengalami cedera cenderung mulai lemah saat menahan beban dan akan membutuhkan waktu antara mingguan sampai bulanan untuk sembuh.

- Tingkat 3:Semua otot hamstring mengalami kerobekan hingga menyebabkan rasa nyeri yang sangat dahsyat,bengkak,memar dan akan terasa seperti ada robekan di kaki.Pada tingkatan ini,kaki tidak dapat digunakan untuk berjalan atau beraktivitas dan membutuhkan waktu antara minggu sampai bulan untuk sembuh.

Pengobatan Cedera Hamstring

Seseorang yang sedang mengalami cedera hamstring sebaiknya jangan melakukan aktivitas berat sampai otot benar-benar dinyatakan sembuh.Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cedera hamstring antara lain yaitu:
- Kompres Menggunakan Es Batu
Cara ini bisa anda lakukan satu kali sehari untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan
- menggunakan tongkat penyangga
Anda dapat menggunakan tongkat penyangga untuk membantu kaki yang terkena cedera agar dapat membantu beban tubuh
-Balut dan Angkat Kaki Yang Cedera

Cara ini dapat dilakukan untuk menurunkan resiko pembengkakan
- Pembedahan
Pembedahan dapat dilakukan untuk mengatasi otot-otot yang robek cukup parah.Pembedahan ini dilakukan untuk mengembalikan lagi posisi otot-otot hamstring yang sudah tertarik semuanya dari tulang panggul dan tulang kering.
- terapi Fisik
Terapi ini dilakukan untuk menguatkan otot-otot hamstring dengan melakukan beberapa latihan yang sudah di rancang khusus
- Konsumsi Obat-obatan
Anda dapat mengonsumsi obat ibuprofen dan acetaminophen untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top