Zat Besi - Manfaat, Peringatan Dosis Pemakaian Dan Efek Sampingnya

3:02 PM
Zat besi adalah salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Di dalam tubuh kita, Zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh kita.

Zat Besi - Manfaat Peringatan Dosis Pemakaian Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pria Wanita

Anemia bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, dengan kekuranganZat besi di dalam tubuh otomatis kadar oksigen di dalam tubuh kita kurang dari ambang batas normal. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan Zat besi memiliki ciri - ciri sebagai berikut ini.

1. Jantung berdegup lebih cepat
2. Sakit kepala dan pusing tanpa sebab
3. Sering merasa kehabisan nafas
4. Mudah merasa letih dan lelah

Berbagai zat makanan yang kaya akan Zat besi diantaranya sayuran hijau, beras merah, kedelai, hati sapi dan ayam, daging merah tanpa lemak dan juga kacang - kacangan. Selain dari berbagai makanan yang kita konsumsi sehari - hari tersebut, Zat besi juga dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsi suplemen Zat besi.

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral. Zat besi adalah obat bebas, artinya untuk mendapatkan suplemen Zat besi di apotek, Anda tidak memerlukan resepdari dokter. Zat besi bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah defisiensi Zat besi. Suplemen Zat besi tersedia dalam bentuk sirup, kapsul dan juga tablet yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak - anak. Zat besi disebut juga ferrous fumarate, sodium feredetate, ferrous gluconate, atau Ferrous sulfate.

Peringatan Konsumsi Zat Besi

Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda mengkonsumsi Zat besi. Beberapa hal di bawah ini merupakan peringatan sebelum Anda mengkosnumsi Zat besi.
1. Jika Anda mengkonsumsi suplemen Zat besi dan juga suplemen kalsium, jangan mengkonsumsinya sekaliigus. Berilah jarak untuk mengkonsumsi kedua suplemen tersebut.
2. Jika suplemen Zat besi tidak menyebabkan gangguan pada pencernaan, suplemen Zat besi bisa dikonsumsi sebelum Anda makan.
3. Jangan mengkonsumsi suplemen Zat besi bersama dengan antasida karena antasida dapat menghambat penyerapanZat besi di dalam tubuh.
4. Tinja yang dihasilkan tubuh kita akan menjadi lebih gelap saat Anda mengkonsumsi Zat besi.
5. Jangan khawatir untuk mengkonsumsi Zat besi karena zat ini aman bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui.
6. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami alergi dan juga over dosis.

Dosis Zat besi

Untuk mengatasi defisiensi Zat besi, biasanya dokter akan memberikan dosis Zat besi sebanyak 130 -195 mg per hari. Sedangkan untuk mencegah kekurangan Zat besi, dosis yang diberikan oleh dokter adalah 65 mg per hari.
Dosis yang diberikan oleh dokter juga akan berbeda - beda setiap pasiennya. Hal ini disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien, kesehatan pasien dan juga tingkat keparahan defisiensi Zat besi yang diderita oleh pasien.

Cara yang baik dan benar dalam mengkonsumsi Domperidone

1. Sudah saya sebutkan diatas bahwa antasida akan menghambat penyerapan zat besi, oleh karena itu beri jarak 2 jam dalam mengkonsumsi keduanya.
2. Dalam mengkonsumsi Zat besi Anda harus mematuhi aturan pakai yang tertera pada kemasan dan juga anjuran yang telah diberikan oleh dokter.
3. Jika Anda tidak memiliki gangguan pencernaan, konsumsi suplemen Zat besi sebelum Anda makan karena Zat besi akan terserap maksimal oleh tubuh saat perut kita masih kosong.
4. Ada makanan yang dapat meghambat penyerapdan zat besi dalam tubuh kita yaitu sereal, roti gandum, produk olahan susu, kopi dan juga teh. Oleh karena itu hindari makanan tersebut saat Anda sedang mengkonsumsi suplemen Zat besi.
5. Konsumsi Zat besi pada jam yang sama setiap hari untuk memaksimalkan efeknya. Jangan menggandakan dosis Zat besi yang tak sengaja Anda lewatkan, segera konsumsi dosis yang etrlewat itu segera apabila jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping Zat besi

Zat besi merupakan ssalah satu jenis mineral, hal ini tidak dapat menjadi jaminan bahwa mengkonsumsi Zat besi tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah efek samping dari Zat besi.

1. Konstipasi
2. Warna tinja lebih gelap dari biasanya
3. Diare
4. Sakit perut, kram dan juga mual.

Semoga informasi mengenai Zat besi di atas bermanfaat bagi Anda dan juga orang - orang di sekitar Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top