Vitamin K - Manfaat, Khasiat, Dosis Pemakaian dan Efek Sampingnya

10:34 PM
Vitamin K - Jenis - jenis makanan seperti minyak sayur, sereal gandum, kacang kedelai, brokoli, bayam, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya mengandung sebuah vitamin yaitu Vitamin K. Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Kesehatan tulang akan selalu terjaga bila tubuh mendapat asupan Vitamin K dengan cukup, Vitamin K juga dapat membantu di dalam proses pembekuan darah.

Seorang bayi dapat mengalami resiko kekurangan  dalam tubuh dibandingkan dengan orang dewasa. Bila kita mengalami kekurangan (defisiensi) Vitamin K maka akan terjadi sulitnya pembekuan darah. Jika kita mengalami defisiensi Vitamin K yang harus kita lakukan adalah memperbanyak asupa makanan kaya Vitamin K atau dengan mengkonsumsi suplemen Vitamin K.

Vitamin K merupakan obat bebas jika digunakan sebagai suplemen saja. Tapi pembelian Vitamin K di apotek perlu menggunakan resep dokter bila digunakan untuk mengatasi pendarahan. Vitamin K memilikim manfaat untuk mencegah dan mengatasi kekurangan Vitamin K juga untuk mengatasi pendarahan. Suplemen Vitamin K dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Vitamin K tersedia dalam bentuk obat suntik dan tablet.

Peingatan sebelum mengkonsumsi suplemen Vitamin K

Vitamin K - Manfaat Khasiat Dosis Pemakaian dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pria Wanita

1. Sebelum Anda mengkonsumsi suplemen Vitamin K, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter terutama bagi Anda yang sedang menyusui, baru melahirkan dan dalam masa kehamilan.
2. Jika bayi atau anak - anak akan mengkonsumsi suplemen Vitamin K, tanyakan dosis yang tepat untuk mereka kepada dokter.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan hati, gangguan ginjal, defisiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD), defisiensi vitamin E, sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Vitamin K.
4. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi terhadap Vitamin K.

Dosis suplemen Vitamin K

Dosis suplemen Vitamin K yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya dipengaruhi oleh tingkat keparahan defisiensi  yang dialami oleh pasien. Pada umumnya dokter akan memberikan dosis Vitamin K sebanyak 10 mg - 40 mg per hari.

Cara mengkonsumsi Vitamin K dengan baik dan benar

1. Sebelum Anda mengkonsumsi suplemen Vitamin K, baca dan pahami aturan pakai yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter.
2. Suplemen Vitamin K dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, dan konsumsi Vitamin K sekali sehari.
3. Jika Anda akan menjalani penanganan medis, beritahu dokter bahwa Anda sedang mengkonsumsi Vitamin K.
4. Untuk mengetahui keefektifan Vitamin K, periksakan diri Anda kepada dokter dalam jangka waktu tertentu.
5. Jangan menggandakan dosis Vitamin K yang tidak sengaja Anda lewatkan, segera minum dosisnya begitu Anda teringat.

Efek samping dari Vitamin K

1. Anemia
2. Sakit kuning
Efek samping seperti di atas akan dialami pasien jika mengkonsumsi Vitamin K secara berlebihan.

Itulah informasi yang lengkap dan akurat mengenai Vitamin K. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top