Vitamin E - Manfaat, Khasiat, Dosis, Peringatan dan Efek Sampingnya

Vitamin E - Zat antioksidan dapat kita dapatkan dari salah satu vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin E. Vitamin E terdapat pada beberapa bahan makanan diantaranya sereal gandum, kacang - kacangan, telur, daging, minyak nabati, dan sayuran hijau. Selain dari bahan alami seperti itu, Vitamin E dapat kita konsumsi melalui suplemen vitamin E.

Vitamin E dapat meningkatkan kesehatan organ tubuh kita seperti kulit, mata, dan juga memperkuat daya tahan tubuh yang kita miliki sehingga kita tidak mudah sakit. Vitamin E juga dapat membantu tubuh kita untuk tetap bekerja secara normal.

Vitamin E tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti sirup, kapsul dan juga tablet. Anak - anak dan orang dewasa boleh mengkonsumsi Vitamin E. Vitamin E berfungsi sebagai zat yang mengatasi defisiensi Vitamin E. Beberapa merk suplemen Vitamin E membutuhkan resep dokter, tetapi sebenarnya Vitamin E merupakan obat - obatan bebas.

Peringatan Warning

Suplemen Vitamin E - Manfaat Khasiat Dosis Peringatan dan Efek Sampingnya
Perhatikan benberapa peringatan di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi Vitamin E.

1. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk memutuskan dosis yang tepat bagi Anda terutama  bagi Anda yang sedang hamil dan juga menyusui atau sedang merencanakan kehamilan.
2. Mintalah petunjuk dokter apabila Anda akan memberikan Vitamin E kepada anak - anak Anda.
3. Bagi Anda yang menderita gangguan penggumpalan darah, penyakit kulit, penyekit jantung, gangguan ginjal, kerusakan mata, penurunan mental dan juga menderita Alzheimer sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Vitamin E.
4. Konsumsi Vitamin E dapat meningkatkan pendarahan ketika operasi, oleh karena itu hentikan konsumsi Vitamin E dua pekan sebelum Anda menjalani operasi.
5. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami overdosis dan gejala alergi.

Dosis Vitamin E Yang Benar

Untuk memberikan Vitamin E kepada anak - anak, tanyakan dosis yang sesuai kepada dokter. Konsumsi Vitamin E 60 - 75 IU (International Unit) setiap hari secara teratur dapat meringankan defisiensi terhadap vitamin E. Vitamin E sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 1.500 IU setiap harinya.

Cara Mengkonsumsi Vitamin E dengan benar

1. Selalu patuhi dosis yang diberikan oleh dokter atau yang tertera pada kemasan Vitamin E yang Anda miliki.
2. Sebaiknya Anda mengkonsumsi Vitamin E setelah makan untuk meningkatkan keefektifannya.
3. Jangan menggandakan dosis Vitamin E yang tidak sengaja Anda lewatkan, begitu Anda teringat segera minum dosis itu dengan catatan dosis selanjutnya tidak terlalu dekat.

Efek Samping Vitamin E

Pada beberapa pasien, mereka mengalami beberapa cara di bawah ini setelah mengkonsumsi Vitamin E dengan dosis tertentu. Tapi efek samping yang diakibatkan oleh Vitamin E bukan reaksi yang parah.
1. Mual
2. Gangguan penglihatan sementara
3. Lemas
4. Sakit kepala
5. Diare

Itulah informasi seputar Vitamin E. Apa itu Vitamin E. Bagaimana cara mengkonsumsinya. Efek sampingnya dan juga peringatan sebelum mengkonsumsi Vitamin E sudah saya sajikan Spesial untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top