Vitamin D - Manfaat Khasiat, Peringatan Dosis dan Efek Samping Untuk Kesehatan

9:50 PM
Vitamin D adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh kita untuk membantu penyerapan kalsium dan juga membentuk meineral yang dapat melindungi permukaan gigi dan juga tulang. Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki sifat larut di dalam lemak.

Suplemen Vitamin D dikonsumsi untuk mengatasi defisiensi Vitamin D yang sering dialami oleh orang dengan usia lebih dari 65 tahun, balita dan bayi, serta ibu menyusui dan wanita yang sedang hamil. Jika seseorang mengalami Vitamin D maka akan menyebabkan hal lain yaitu osteomalasia atau melemahnya tulang pada orang dewasa dan juga rakitis atau pelunakan dan melemahnya tulang yang biasa terjadi pada anak - anak.

Vitamin D dapat kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi sehari - hari diantaranya susu, ikan - ikanan seperti tuna, salmon, sarden, dan juga telur. Selain dari makanan - makanan tersebut, Vitamin D juga bisa kita peroleh dari sinar matahari pagi atau dengan mengkonsumsi suplemen Vitamin D.

Vitamin D merupakan obat bebas yang termasuk ke dalam jenis vitamin. Vitamin D tersedia dalam berbagai bentuk diantaraya sirup, tablet dan juga kapsul. Sirup, tablet dan juga kapsul sirup, tablet dan juga kapsul aman dikonsumsi oleh anak - anak dan juga orang dewasa. Suplemen Vitamin D berguna untuk mengatasi dan juga mencegah kekurangan (defisiensi) Vitamin D.

Peringatan Sebelum Konsumsi Vit D

Vitamin D - Manfaat Khasiat, Peringatan Dosis dan Efek Samping Suplemen Nutrisi Untuk Kesehatan

Sebelum Anda mengkonsumsi Vitamin D, maka sangat disarankan untuk membaca dan memahami peringatan dini mengenai Vitamin D.
1. Kesehatan bayi dapat terganggu apabila ibu yang mengandung atau menyusuinya mengkonsumsi Vitamin D secara berlebihan. Sebaiknya sesuaikan konsumsi Vitamin D dengan dosis atau anjuran dokter.
2. Vitamin D yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, maka berhati - hatilah dalam mengkonsumsi Vitamin D terutama bagi Anda yang menderita gangguan ginjal.
3. Jika anak - anak mengkonsumsi Vitamin D maka sesuaikan dengan dosis dan anjuran yang diberikan oleh dokter.
4. Segera hubungi dokter bila terjadi over dosis dan juga gejala alergi setelah mengkonsumsi Vitamin D.

Dosis Vitamin D

Vitamin D merupakan obat bebas, tapi dalam mengkonsumsi juga diperlukan dosis yang sesuai supaya tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Dosis Vitamin D yang diberikan kepada pasien dipertimbangkan berdasarkan beberapa faktor diantaranya usia pasien, kesehatan pasien, dan juga tingkat keparahan penyakit yang diderita oleh pasien.

Pada umumnya dosis yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi kekurangan Vitamin D adalah 1.000 International Units atau 25 mikrogram per hari.

Mengkonsumsi Vitamin D dengan benar

1. Konsumsi Vitamin D setelah makan karena Vitamin D bisa larut di dalam lemak. Dan juga sesuaikan Vitamin D dengan dosis yang tertera pada kemasan atau dosis yang diberikan oleh dokter.
2. Jangan menggandakan dosis yang tidak sengaja Anda lewatkan, sebaiknya minum segera dosis yang terlewat bila Anda teringat.

Efek samping Vitamin D

1. Sakit kepala
2. Sensasi aneh pada lidah dan mulut
3. Nafasu makan berkurang
4. Mulut menjadi lebih kering dari biasanya
5. Muntah dan juga mual.

Semoga Artikel Vitamin D - Manfaat Khasiat, Peringatan Dosis dan Efek Samping Untuk Kesehatan ini bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top