Vitamin B6 - Dosis, Manfaat, Khasiat, Dan Efek Samping Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B6 - Beberapa organ di dalam tubuh kita seperti sistem saraf pusat, kalit dan darah membutuhkan asupan vitamin yang berguna untuk menunjang kinerja organ tubuh tersebut. Vitamin B6 dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi berbagai makanan seperti wortel, bayam, telur, sereal, susu, keju, pisang, hati, kacang - kacangan, ikan, daging dan kentang.

Beberapa orang di antara kita ada yang mengalami defisiensi Vitamin B6 atau kekurangan Vitamin B6 di dalam tubuhnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal misalnya karena mengkonsumsi obat - obatan tertentu, hipertiroidisme, sistem pencernaan yang terganggu, gagal ginjal, mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, dan mengalami gagal jantung.

Orang yang mengalami defisiensi Vitamin B6 dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B6, namun jika dirasa kurang, pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen Vitamin B6. Suplemen Vitamin B6 dapat didapatkan secara bebas di toko obat, namun ada beberapa merk suplemen Vitamin B6 yang harus menggunakan resep dokter. Suplemen Vitamin B6 dikonsumsi untuk membantu pasien mengatasi defisiensi Vitamin B6, mencegah efek samping karena efek samping obat - obatan, dan untuk mengatasi beberaoa jenis anemia. Suplemen Vitamin B6 dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Suplemen Vitamin B6 (Pyridoxine) tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi suplemen Vitamin B6

Vitamin B6 - Dosis Manfaat Khasiat Dan Efek Samping Nutrisi Suplemen Untuk Kesehatan Tubuh

1. Jika Anda akan mengkonsumsi suplemen Vitamin B6 sesuaikan dengan dosis yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter terutama bagi ibu menyusui dan wanita hamil.
2. Konsumsi Vitamin B6 dapat mempengaruhi kadar gula di dalam darah Anda, oleh karena itu sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Vitamin B6 bagi penderita diabetes.
3. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi terhadap Vitamin B6.

Dosis Vitamin B6

Vitamin B6 boleh dikonsumsi oleh pasien dengan dosis paling banyak 10 mg. Dosis Vitamin B6 yang diberikan oleh dokter akan memperhatikan berbagai faktor seperti kondisi pasien, dan juga tingkat keparahan penyakit yang diderita oleh pasien. Biasanya dokter akan menganjurkan dosis Vitamin B6 sebanyak 2,5 mg hingga 10 mg per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Vitamin B6

1. Konsumsi Vitamin B6 sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter, dan jangan lupa untuk memperhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan Vitamin B6.
2. Supaya Vitamin B6 dapat bekerja maksimal pada tubuh Anda, konsumsi Vitamin B6 pada jam yang sama setiap hari secara teratur, Vitamin B6 aman dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.
3. Jangan menggandakan dosis Vitamin B6 jika Anda tidak sengaja melwatkan salah satu dosisnya, jika jarak dengan dosis berikutnya sebaiknya konsumsi dosis Vitamin B6 yang terlewat begitu Anda mengingatnya.

Efek samping mengkonsumsi Vitamin B6


Efek samping dari Vitamin B6 antara lain :
1. Gangguan pada indra peraba
2. Kesemutan
3. Mati rasa
4. Kebas
Namun efek samping di atas hanya muncul bila Vitamin B6 dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi.

Semoga informasi tentang Vitamin B6 yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top