Vitamin B12 - Manfaat Suplemen, Dosis dan Efek Sampingnya

10:50 PM
Vitamin B12 - Dalam berbagai makanan kita sehari - hari seperti produk olahan susu, telur, daging, kerang dan ikan mengandung salah satu vitamin yang dapat larut di dalam air yaitu Vitamin B12. Vitamin B12 bermanfaat pada tubuh kita diantaranya membantu dalam proses sintesis DNA, memproses asam folat, melepaskan energi dari makanan yang kita konsumsi, menjaga kesehatan sistem saraf dan menghasilkan sel darah merah.

Bila seseorang merupakan vegetarian, menderita HIV, dan orang berusia lanjut seringkali mengalami penurunan kadar Vitamin B12 di dalam tubuh. Sebenarnya keadaan Vitamin B12 rendah di dalam tubuh sangat jarang terjadi karena Vitamin B12 tersedia untuk beberapa tahun ke depan di dalam hati kita.

Kita bisa memperoleh asupan Vitamin B12 dari makanan yang telah saya sebitkan di atas, selain itu kita juga dapat mengkonsumsi suplemen Vitamin B12. Jika tubuh kita kekurangan Vitamin B12 maka akan terjadi defiseinsi Vitamin B12 dan anemia pernisiosa.

Suplemen Vitamin B12 (Cyanocobalamin) merupakan obet bebas yang bisa kita beli di apotek tanpa menggunakan resep dokter. Vitamin B12 bermanfaat untuk mengatasi defisiensi Vitamin B12 dan anemia pernisiosa. Suplemen Vitamin B12 dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Suplemen Vitamin B12 tersedia dalam bentuk obat semprot hidung, obat suntik, sirup dan tablet.

Peringatan dini sebelum mengkonsumsi suplemen Vitamin B12

Vitamin B12 Cyanocobalamin Methylcobalamin - Manfaat Suplemen, Dosis dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

1. Konsultasikan dengan sokter sebelum Anda mengkonsumsi sulplemen Vitamin B12 terutama bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan atau menyusui.
2. Bagi Anda yang mengalami gout, kelainan darah, masalah pencernaan, kanker dan hipertensi serta baru saja menjalani operasi jantung sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi suplemen Vitamin B12.
3. Suplemen Vitamin B12 dapat melukai saraf optik dan menyebabkan kebutaan, oleh karena itu hindari konsumsi suplemen Vitamin B12 bagi Anda yang mengalami penyakit leher.
4. Jangan mengkonsumsi suplemen Vitamin B12 tanpa anjuran dari dokter bagi Anda yang sensitif terhadap cobalamin atau cobalt.
5. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi terhadap Vitamin B12.

Dosis Vitamin B12

Dosis Vitamin B12 yang diberikan oleh dokter dipertimbangkan berdasarkan tingkat keparahan gangguan yang dialami pasien serta respon tubuh pasien terhadap Vitamin B12. Biasanya dokter akan menganjurkan dosis Vitamin B12 125 - 2.000 mikrogram per hari.

Cara mengkonsusmi Vitamin B12 dengan baik dan benar

1. Konsumsi Vitamin B12 secara teratur sesuai dengan anjuran dokter.
2. Jangan menggandakans dosis Vitamin B12 jika Anda lupa mengkonsumsi dosisnya, segera konsumsi Vitamin B12 begitu Anda teringat jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping konsumsi Vitamin B12

1. Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering
2. Merasa haus
3. Otot mengalami kram
4. Tubuh terasa bengkak
5. Diare

Itulah informasi seputar Vitamin B12 yang dapat menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top