Vitamin B1 - Dosis Peringatan,Efek Samping Dan Manfaat Khasiat Bagi Kesehatan

10:38 PM
Vitamin B1 - Tahukah Anda seberapa pentingnya Vitamin B1 di dalam tubuh kita? Vitamin B1 ternyata merupakan salah satu zat yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berbagai manfaat dari Vitamin B1 diantaranya adalah menjaga stabilitas sistem saraf, fungsi dari  otot - otot di tubuh kita, dan juga sistem pencernaan.

Nasi merupakan makanan pokok yang kita konsumsi setiap hari. Nasi adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan Vitamin B1. Selain nasi, Vitamin B1 juga dapat kita peroleh dari jenis makanan seperti sereal, susu, ragi, gandum, daging sapi, dan kacang - kacangan. Dengan mengkonsumsi makanan - makanan tersebut dalam porsi cukup maka kita dapat terhindar dari berbagai gangguan seperti gangguan pada otak, otot, saraf, pencernaan dan jantung karena tubuh kita menerima asupan Vitamin B1 dengan baik.

Vitamin B1 atau tiamina merupakan salah satu obat berjenis suplemen vitamin. Suplemen Vitamin B1 dapat kita beli secara bebas di apotek tanpa menggunakan resep dari dokter. Namun ada beberapa merk yang tidak diperjual belikan secara bebas. Konsumsi suplemen Vitamin B1 dapat menjadi langkah untuk mengatasi gangguan metabolisme dan juga kekurangan Vitamin B1. Anak - anak dan orang dewasa diperbolehkan untuk mengkosnumsi suplemen Vitamin B1 dengan catatan harus seuai dengan dosis yang telah ditentukan. Vitamin B1 tersedia dalam bentuk obat suntik dan juga tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi suplemen Vitamin B1

Vitamin B1 - Dosis Peringatan Efek Samping Dan Manfaat Khasiat Bagi Kesehatan Anak Dewasa

1. Meskipun suplemen Vitamin B1 tergolong dalam obat bebas, sebaiknya dalam mengkonsumsinya juga harus sesuai dengan anjuran dokter terutama bagi pasien yang sedang dalam masa kehamilan dan menyusui.
2. Bagi Anda yang mengalami diabetes, harus berhati - hati dalam mengkonsumsi suplemen Vitamin B1.
3. Sedangkan bagi Anda yang mempunyai detak jantung tidak teratur, sedang menjalani kemoterapi, dan juga mengalami hipotensi sebaiknya waspada dalam mengkonsumsi Vitamin B1.
4. Kerusakan pada otak dapat terjadi apabila konsumsi Vitamin B1 tidak diimbangi dengan mengkonsumsi Vitamin B3 dan Vitamin B6.
5. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi terhadap Vitamin B1.

Dosis Vitamin B1 bagi pasien

Waktu yang diperlukan untuk pengobatan menggunakan Vitamin B1 bisa mencapai tiga sampai enam bulan. Dosis Vitamin B1 yang dianjurkan untuk pasien ditentukan berdasarkan beberapa faktor seperti seberapa parah gangguan yang dialami pasien dan bagaimana respon tubuh pasien terhadap Vitamin B1. 20 mg - 300 mg Vitamin B1 bila dikonsumsi setiap hari secara teratur adapat mengatasi kekurangan Vitamin B1 secara efektif.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Vitamin B1

1. Suplemen Vitamin B1 tidak boleh dikonsumsi dengan dosis lebih tinggi dari yang ditentukan, sebaiknya Anda mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan dan jika Anda ragu sebaiknya konsultasikan kepada dokter.
2. Agar Vitamin B1 bekerja secara maksimal di tubuh pasien, sebaiknya Vitamin B1 dikonsumsi pada jam yang sama setiap hari, setelah makan atau bersama makanan.
3. Jangan menggandakan dosis Vitamin B1 bila Anda lupa mengkonsumsinya, segera konsumsi dosis yang terlewat apabila ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.
4. Hindari minuman keras dan terapkanlah pola makan yang sehat.

Efek Samping Vitamin B1

Vitamin B1 bisa menyebabkan efek samping seperti alergi dan juga iritasi kulit. Namun efek samping seperti ini sangat jarang muncul. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping yang mengganggu.

Semoga informasi lengkap mengenai Vitamin B1 dapat bermanfaat bagi Anda dan kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top