Valsartan HCT - Efek Samping Dosis Untuk Obat Gagal Jantung Dan Hipertensi

Valsartan - Penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan serangan jantung seringkali kita temui di sekitar kita. Bahkan ada anggota keluarga kita yang mengalami hal tersebut. Penyakit tersebut berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit - penyakit di atas disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah dan juga beban jantung yang berlebihan. Hal ini merupakan reaksi dari sebuah senyawa yang disebut angiotensin II.

Valsartan  HCT Actavis - Efek Samping Dosis Untuk Obat Jantung Dan Hipertensi Tekanan Darah Tinggi

Valsartan merupakan salah satu obat yang bisa digunakan untuk menangani penyakit - penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Cara kerjanya adalah dengan menghambat produksi senyawa angiotensin II, sehingga pembuluh darah kembali normal dan beban jantung menjadi berkurang. Bila jantung dan pembuluh darah juga sudah kembali normal maka resiko penyakit seperti stroke dan pecah pembuluh darah dapat berkurang.

Valsartan merupakan obat dari jenis antagonis angiotensin II. Valsartan tidak diperjual belikan secara bebas di apotek, Valsartan termasuk obat resep. Valsartan digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengurangi efek gagal jantung, dan mencegah serangan jantung. Valsartan tersedia dalam bentuk sirup, kapsul dan tablet yang aman dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa di bawah pengawasan dokter.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Valsartan

1. Valsartan dapat membahayakan keselamatan janin dan bayi, oleh karena itu Valsartan sebaiknya dihindari oleh wanita hamil dan menyusui.
2. Valsartan dapat menimbulkan kantuk, sehingga tidak aman bagi Anda untuk mengemudi di bawah pengaruh Valsartan.
3. Hati - hati dalam mengkonsumsi Valsartan terutama bagi Anda yang mengalami aldoteronisme, angioedema, gangguan otot jantung, baru saja menjalani cangkok ginjal, gangguan ginjal, dehidrasi dan juga gangguan organ hati.
4. Segera temui atau hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi setelah mengkonsusmi Valsartan.

Dosis Valsartan

Pemberian dosis Valsartan akan ditentukan berdasarkan tingkat keparahan gangguan yang diderita pasien dan kondisi kesehatan pasien. Dosis maksimal Valsartan yang boleh dikonsumsi adalah 320 mg per hari.
1. Untuk mencegah komplikasi setelah serangan jantung, Valsartan dikonsumsi 40 - 320 mg per hari.
2. Untuk menangani gagal jantung, dalam sehari Valsartan dikonsumsi 80 mg hingga 320 mg.
3. Dan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, Valsartan dikonsumsi 80 mg - 160 mg salam sehari.
Pemberian dosis Valsartan akan ditingkatkan secara bertahap. Pada awal pengobatan, dokter akan menganjurkan dosis minimal, selanjutnya dosis akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pasien dan untuk mencagah efek samping pada organ jantung.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Valsartan

1. Patuhi anjuran dokter dalam mengkonsumsi Valsartan, jangan lupa untuk membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan Valsartan.
2. Tidak dianjurkan untuk menambah atau mengurangi dosis Valsartan tanpa saran dari dokter.
3. Supaya Valsartan dapat bekerja maksimal di tubuh Anda, sebaiknya konsumsi Valsartan pada jam yang sama setiap hari. Valsartan aman dikonsumsi dengan makanan atau tanpa makanan.
4. Sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat selain bersamaan dengan Valsartan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
5. Kocok sirup Valsartan selama 10 detik sebelum Anda mengkonsumsinya.
6. Untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh Anda, selain dengan mengkonsumsi Valsartan, Anda juga harus rajin berolahraga, menjalani pola makan seimbang dan hindari rokok serta alkohol.
7. Jangan menggandakan dosis Valsartan jika Anda tidak sengaja melewatkan dosisnya. Bila jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat, sebaiknya Anda segera mengkonsumsi Valsartan yang terlewat.

Efek Samping Valsartan

1. Mudah merasa lelah
2. Pencernaan mengalami gangguan
3. Tekanan darah turun
4. Pusing atau sakit kepala, terutama saat bangkit dari posisi duduk
Jika Anda mengalami efek samping yang Anda rasa aneh dan sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Demikian informasi tentang obat Valsartan yang dapat menangani penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top