Trihexyphenidyl - Efek Samping Dosis Dan Manfaat Sebagai Obat Parkinson

3:06 PM
Trihexyphenidyl - Obat - obatan kimia yang biasa digunakan untuk mengatasi suatu penyakit ternyata dapat menyebabkan efek samping yang sifatnya jangka panjang, yakni efek terjadinya gerakan yang tak terkendali atau terjadi tanpa disadari oleh penderitanya. Gerakan seperti ini juga dapat disebabkan oleh  penyakit parkinson.

Trihexyphenidyl - Efek Samping Dosis Dan Manfaat Sebagai Obat Parkinson
Perasaan gelisah, mual, masalah emosional atau kejiawaan, psikosis merupakan gangguan pada pergerakan di tubuh kita yang terjadi tanpa kita sadari. Untuk menangani gangguan seperti ini bisa digunakan Trihexyphenidyl.

Trihexyphenidyl merupakan salah satu obat yang berjenis antimuskarinik yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit Parkinson dan juga meringankan efek samping obat tertentu yang tidak diinginkan atau yang biasa disebut efek samping extrapyramidal. Hanya orang dewasa yang boleh mengkonsumsi obat resep ini. Trihexyphenidyl tersedia dalam bentuk sirup dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Trihexyphenidyl

1. Hindari Trihexyphenidyl bagi Anda yang sedang dalam masa menyusui atau kehamilan, karena Trihexyphenidyl dapat berbahaya bagi bayi dan janin.
2. Bagi Anda yang mengalami gangguan pembuluh darah, jantung, konstipasi, gangguan ginjal, hipertensi, glaukoma, psikosis, dan mengalami gangguan hati harus berhati - hati dalam mengkonsumsi Trihexyphenidyl.
3. Segeralah hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi setelah mengkonsumsi Trihexyphenidyl.

Dosis Trihexyphenidyl yang tepat untuk pasien

Pada umumnya, dokter akan memberikan dosis yang seragam untuk semua pasiennya di awal konsumsi Trihexyphenidyl, yaitu 1 mg dalam satu hari. Semakin hari dosis akan ditingkatkan hingga mencapai dosis yang dibutuhkan oleh pasien.
Pasien akan dianjurkan utnuk mengkonsumsi Trihexyphenidyl sebanyak 5 - 15 mg dalam satu hari untuk menangani efek samping obat lain yang tidak diinginkan.
Sedangkan dosis Trihexyphenidyl untuk menangani penyakit Parkinson adalah 6 - 10 mg per hari.
Seorang pasien tidak boleh mengkonsumsi Trihexyphenidyl lebih dari 15 mg per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Trihexyphenidyl

1. Sebelum Anda mengkonsumsi Trihexyphenidyl, baca dan pahami terlebih dahulu aturan pakai yang tertera pada kemasan Trihexyphenidyl, jangan lupa juga untuk mentaati dosis yang telah disarankan oleh dokter.
2. Supaya Trihexyphenidyl dapat bekerja maksimal di dalam tubuh pasien, konsumsi Trihexyphenidyl pada jam yang sama setiap hari dan disarankan untuk mengkonsumsi Trihexyphenidyl setelah makan atau bersama makanan.
3. Jika Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosis Trihexyphenidyl, jangan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya dengan maksud untuk menggantikan, sebaiknya segera konsumsi dosis yang terlewat apabila ada selisih waktu yang cukup dengan dosis berikutnya.
4. Supaya perkembangan Anda dapat dipantau oleh dokter, sebaiknya periksakan diri secara rutin ke dokter selama mengkonsumsi Trihexyphenidyl.
5. Efek samping Trihexyphenidyl akan meningkat jika Anda mengkobsumsi minuman beralkohol, oleh karena itu hindari minuman keras selama mengkonsumsi Trihexyphenidyl.
6. Jika Anda telah merasa keluhan penyakit Anda membaik, jangan menghentikan konsumsi Trihexyphenidyl secara tiba - tiba karena dapat berbahaya bagi Anda, konsultasikan kepada dokter jika Anda berniat untuk berhenti mengkonsumsi Trihexyphenidyl.
7. Selama Anda mengkonsumsi Trihexyphenidyl, hindari konsumsi obat pereda nyeri dan anti alergi supaya tidak terjadi efek samping yang berbahaya.

Efek samping Trihexyphenidyl

1. Mual
2. Pandangan menjadi agak kabur
3. Mulut terasa kering
4. Buang air kecil menjadi sulit
5. Pusing
6. Konstipasi

Jika Anda mengalami efek samping Trihexyphenidyl yang sangat mengganggu dan juga parah, sebaiknya segera menemui dokter. Itulah beberapa informasi yang terpercaya mengenai Trihexyphenidyl, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top