Tretinoin - Dosis Pemakaian, Efek Samping Dan Manfaatnya Untuk Obat Kanker

10:46 AM
Tretinoin - Kanker merupakan penyakit yang ditakuti oleh semua orang karena dapat menyebabkan kematian. Kanker disebabkan oleh sel - sel yang berkembang secara tidak normal dan menyerang sel darah putih. Jika dibiarkan maka kanker dapat membahayakan penderitanya.

Tretinoin - Dosis Pemakaian, Efek Samping Dan Manfaatnya Untuk Obat Kanker dan Kesehatan Kulit

Salah satu kanker yang berbahaya adalah kanker darah atau lebih dikenal dengan leukimia. Untuk membantu mengatasi leukimia, dalam dunia medis dikenal Tretinoin. Cara kerja Tretinoin adalah dengan mengendalikan produksi sel darah putih supaya tidak berbalik menyerang tubuh.

Tretinoin adalah salah satu obat dari jenis retinoid. Untuk mengkonsumsi Tretinoin, diperlukan resep dokter. Tretinoin berguna untuk mengatasi kanker darah acute promyelocytic leukimia. Tretinoin dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga prang dewasa. Hingga saat ini, Tretinoin baru diproduksi dalam bentuk kapsul.

Peringatan Dalam Mengkonsumsi Tretinoin

1. Tretinoin dapat membahayakan bayi dan janin, oleh karena itu wanita yang sedang hamil atau menyusui dilarang mengkonsumsi Tretinoin.
2. Apabila anak - anak akan mengkonsumsi Tretinoin, sebaiknya tanyakan dosis yang tepat untuknya kepada dokter.
3. Beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Tretinoin sebelum Anda menjalani penanganan medis atau pemberian obat kimia dalam bentuk apapun.
4. Temui dokter segera apanila Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Tretinoin.

Dosis Tretinoin

Pemberian dosis Tretinoin biasanya akan disesuaikan dengan tingkat keparahan kanker yang diderita pasien, dan juga respon tubuh pasien terhadap Tretinoin.
Dosis Tretinoin untuk orang dewasa umumnya 45 mg / m2 tubuh. Sedangkan untuk anak - anak, tanyakan dosis Tretinoin yang tepat kepada dokter.
Durasi pengobatan Tretinoin adalah 3 bulan atau 90 hari.

Cara yang Baik dan Benar Dalam Mengkonsumsi Tretinoin

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Tretinoin, baca aturan pakai yang ada pada kemasan dan patuhi anjuran dokter.
2. Periksakan diri ke dokter secara rutin selama Anda mengkonsumsi Tretinoin suapay dokter dapat memantau perkembangan kondisi Anda.
3. Konsumsi Tretinoin disarankan dikonsumsi setelah makan. Tidak dianjurkan untuk mengunyah kapsul Tretinoin, konsumsi kapsul Tretinoin dengan bantuan air.
4. Apabila Anda lupa mengkonsumsi dosis Tretinoin, jangan gandakan dosisnya. Konsumsi dosis Tretinoin yang terlewat jika masih ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.
5. Untuk menghindari terjadinya efek samping yang fatal, hindari konsumsi obat - obatan apapun bersamaan dengan Tretinoin tanpa izin dokter.

Efek Samping Tretinoin

Tretinoin juga mempunyai efek samping, sama dengan obat - obatan lainnya. Berikut ini adalah efek samping setelah mengkonsumsi Tretinoin.
1. Menurunnya nafsu makan
2. Mual
3. Suasana hati mudah berubah
4. Insomnia
5. Sakit kepala
6. Nyeri pada perut
7. Diare
8. Konstipasi

Jika Anda mengalami gejala yang lebih parah setelah mengkonsumsi Tretinoin, segera hubungi dokter. Sekian informasi lengkap seputar Tretinoin. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top