Tramadol - Peringatan Efek Samping, Dosis dan Manfaat Sebagai Obat Pereda Sakit

6:40 AM
Setelah seseorang menjalani operasi maka dia akan measakan sakit yang cukup hebat akibat luka operasi dan bius yang diberikan sudah mulai lemah. Untuk mengatasi rasa sakit itu, para dokter biasanya menggunakan satu jenis obat yang bernama tramadol. Tramadol bisa mengatasi rasa nyeri dan sakit karena tramadol dapat mempengaruhi otak dalam mengolah reaksi kimia yang mengakibatkan rasa sakit.
Tramadol - Peringatan Efek Samping, Dosis dan Manfaat Sebagai Obat Pereda Sakit Anak Anak Dan Dewasa Pasca Operasi

Tramadol sendiri merupakan obat dari jenis analgesik opiat. Obat ini aman dikonsumsi oleh anak - anak di atas 12 tahun dan orang dewasa, tentu saja di bawah panduan resep dokter. Tramadol tersedia dalam berbagai bentuk di antaranya cairan suntik, obat larut, kapsul dan juga tablet. Tramadol berfungsi sebagai pereda rasa nyeri tingkat berat dan tingkat sedang.

Peringatan Sebelum Minum Obat Tramadol

Beberapa hal yang harus diketahui sbelum mengkonsumsi Tramadol sebagai perhilang rasa nyeri.
1. Konsumsi Tramadol maksimal 400mg per 24 jam dan bagi lansia yang berusia di atas 75 tahun maka dosis maksimal per hari adalah 300 mg.
2. Bagi Anda yang dalam masa menyusui ataupun masa kehamilan, sebaiknya hindari Tramadol.
3. Bagi anak - anak yang berusia kurang dari 12 tahun, maka harus dibawah pengawasan dokter jika menggunakan obat jenis Tramadol ini.
4. Tramadol aman digunakan baik untuk diminum teratur maupun untuk sekali minum saja.
5. Apabila Anda mengalami gangguan saluran empedu, gangguan hati, ginjal, konstipasi, radang usus dan epilepsi, alaergi, maupun overosis segera hentikan penggunaan Tramadol dan segera hubungi dokter.
6. Jika Anda mengkonsumsi minuman keras atau narkotika, maka berhati - hatilah dan konsultasikan kepada dokter sebelum mengkonsumsi Tramadol.

Dosis Tramadol Dosage

Konsumsi Tramadol maksimal adalah 400 mg per hari untuk rentang usia 12 - 75 tahun. Dan bagi yang berusia di atas 75 tahun, maka setiap hari boleh mengkonsumsi Tramadol maksimal 300 mg. Dokter akan memberikan dosis kepada pasien sesuai dengan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan oleh pasien. Untuk mengurangi rasa nyeri dengan waktu cepat maka dokter mengnjurkan untuk mengkonsumsi Tramadol tiap 6 jam dengan dosis setiap konsumsi adalah 50 hingga 100 mg.

Usage of Tramado

Bagaimana cara mengkonsumsi Tramadol dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan?? Inilah cara yang benar dalam mengkonsumsi Tramadol.
1. Konsumsi Tramadol saat rasa sakit mucul saja, aman dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan.
2. Jangan menggandakan dosis yang terlewat
3. Tramadol dapat mengakibatkan ketergantungan, jadi jika Anda ingin berhenti menggunakan obat ini maka konsultasikan kepada dokter Anda.
4. Jangan menkombinasikan Tramadol dengan obat - obatan lain.

Tramadol Side Effects

Selain hal - hal yang harus diketahui sebelum mengkonsumsi Tramadol dan bagaimana cara mengkonsumsi Tramadol dengan benar, Tramadol juga memiliki beberapa efek samping yang akan timbul setelah kita mengkosumsi Tramadol untuk meredakan rasa nyeri. Efek samping dari Tramadol adalah sebagai berikut.

1. Pasien akan merasa pusing setelah mengkonsumsi Tramadol
2. Tramadol juga dapat menyebabkan kantuk
3. Gangguan pencernaan seperti muntah dan mual serta kembung
4. Tramadol akan menyebabkan pasien susah buang air kecil
5. Mulut pasien yang mengkonsumsi Tramadol akan terasa kering

Semoga informasi mengenai seluk beluk obat Tramadol bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top