Tetracycline Antibiotik - Kegunaan Dosis Aturan Pakai Dan Bahaya Efek Sampingnya

Tetracycline - Bakteri dan virus merupakan penyebab utama terjadinya penyakit pada tubuh manusia. Mereka akan masuk ke dalam tubuh kita saat daya tahan tubuh kita sedang dalam kondisi kurang baik kemudian virus dan baketri ini menginfeksi tubuh kita sehingga terjadilah penyakit. Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri diantaranya infeksi saluran napas, infeksi saluran kemih, sifilis, klamidia dan infeksi kulit. Sedangkan virus dapat menyebabkan penyakit seperti pilek dan flu.

Tetracycline Antibiotik - Kegunaan Dosis Aturan Pakai Dan Bahaya Efek Sampingnya

Di sini, saya akan membahas tentang obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, obat yang dimaksud adalah Tetracycline.

Tetracycline merupakan salah satu obat dari jenis antibiotik. Tetracycline tidak diperjual belikan secara bebas, melainkan harus menggunakan resep dokter untuk bisa mendapatkannya. Selain dapat emnyembuhkan penyakit akibat bakteri seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Tetracycline juga dapat digunakan untuk menyembuhkan rosasea dan jerawat. Tetracycline hanya tersedia dalam bentuk tablet. Tetracycline hanya boleh dikonsumsi oleh anak - anak di atas 12 tahun dan orang dewasa.

Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Tetracycline, perhatikan hal berikut

1. Tetracycline dapat membahayakan kondisi bayi dan janin, oleh kerena itu ibu hamil maupun menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi Tetracycline.
2. Anak - anak dengan usia kurang dari 12 tahun dilarang keras mengkonsumsi Tetracycline.
3. Tetracycline dapat mengurangi efektivitas pil kontrasepsi. Sebaiknya gunakan kondom tambahan saat berhubungan badan selama Anda mengkonsumsi Tetracycline.
4. Bagi pasien yang berusia lanjut, menderita diabetes, porphyria, kelemahan otot, lupus, hati dan ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Tetracycline.
5. Hindari konsumsi multivitamin atau suplemen yang mengandung antasida, obat laksatif, zink, magnesium, zat besi ataupun kalsium bersamaan dengan Tetracycline serta 2 jam sebelum maupun setelah mengkonsumsi Tetracycline.
6. Segera temui dokter jika Anda mengalami overdosis atau alergi setelah mengkonsumsi Tetracycline.

Dosis Tetracycline

Pemberian dosis Tetracycline akan diperhitungkan berdasarkan kondisi kesehatan pasien, seberapa parah penyakit yang diderita serta respon tubuh pasien terhadap Tetracycline.
Tetracycline biasanya dikonsumsi selama 10 hari hingga 15 hari, jika kondisi pasien sudah parah, periode pengobatan akan ditingkatkan sampai dengan 30 hari.
Dosis Tetracycline yang umumnya diberikan kepada pasien adalah 250 mg hingga 500 mg per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Tetracycline

1. Sebelum mengkonsumsi Tetracycline, sebaiknya baca dan pahami aturan pakai yang tertera pada kemasan Tetracycline, konsumsi Tetracycline sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter.
2. Konsumsi Tetracycline dengan bantuan air putih, posisi yang baik dalam mengkonsumsi obat ini adalah duduk tegak atau berdiri, jangan berbaring setelah mengkonsumsi Tetracycline. Konsumsi satu atau dua jam sebelum makan.
3. Konsumsi Tetracycline sampai semua dosis yang diberikan oleh dokter habis, meskipun kondisi Anda sudah membaik. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit yang Anda derita kambuh kembali.
4. Gunakan kondom tambahan saat berhubungan seks karena Tetracycline dapat mempengaruhi kinerja pil kontrasepsi.
5. Gunakan tabir surya dan pakaian yang menutupi kulit saat beraktivitas di luar rumah karena konsumsi Tetracycline dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari.
6. Jika Anda lupa mengkonsumsi salah satu dosis Tetracycline, jangan menggandakannya dengan dosis berikutnya. Konsumsi dosis Tetracycline yang terlewat jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping Tetracycline

Tetracycline memiliki beberapa efek samping seperti obat - obatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya dialami seseorang setelah mengkonsumsi Tetracycline.
1. Iritasi dan sakit pada tenggorokan
2. Gatal pada vagina dan mulut karena jamur
3. Diare
4. Sakit perut
5. Pusing
6. Nafsu makan berkurang
7. Muntah dan mual
Jika Anda merasakan efek samping yang tidak wajar, segera temui dokter.

Sekian informasi Tetracycline yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top