Testosterone Untuk Lelaki - Manfaat Dosis Suplemen dan Bahaya Efek Sampingnya

Testosterone - Hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh pria adalah hormon Testosterone. Hormon ini diproduksi di dalam testis seorang laki - laki. Testosterone memiliki beberapa fungsi seperti mempertahankan kesuburan seorang pria, menjaga gairah seks, menjaga kepadatan tulang pada pria, memproduksi sprema, prosuksi sel darah merah, perkembangan pada alat vital, membuat suara laki - laki menjadi lebih berat pada masa pubertas, dan membantu pertumbuhan rambut pada tubuh dan wajah pria.

Testosterone Untuk Lelaki - Manfaat Dosis Suplemen dan Bahaya Efek Sampingnya

Namun pada beberapa kasus yang ditemukan, sebagian pria mengalami kekurangan hormon Testosterone yang menyebabkan gangguan terutama yang berhubungan dengan seksual menjadi terganggu. Gangguan yang dialami pria jika kekurangan hormon Testosterone adalah pubertas yang terlambat, masalah ereksi, dan juga gangguan kesuburan. Untuk mengatasi defisiensi Testosterone ini, para ahli telah menemukan solusinya yaitu dengan terapi hormon Testosterone.

Testosterone merupakan jenis obat dari kelompok obat androgen atau hormon seksual pria. Testosterone hanya bisa didapatkan di toko obat jika Anda memiliki resep dokter, Testosterone tidak dijual secara bebas. Manfaat dari Testosterone yang diketahui sampai saat ini adalah mengatasi keterlambatan masa pubertas pada laki - laki, dan juga mengatasi kekurangan hormon seksual pada pria. Karena Testosterone merupakan hormon seksual pria maka obat Testosterone hanya boleh dikonsumsi oleh pria saja. Obat Testosterone tersedia dalam bentuk gel, obat suntik, kapsul dan juga tablet.

Peringatan sebelum menggunakan Testosterone

1. Selalu gunakan Testosterone sesuai dengan anjuran dan resep dokter, jangan lupa untuk memahami aturan pakai yang tertera pada kemasan Testosterone.
2. Bagi Anda yang mengidap kanker, epilepsi, diabates, gangguan organ hati, hipertensi, gangguan organ jantung, dan juga gangguan ginjal sebaiknya berhati - hati dalam menggunakan obat Testosterone.
3. Segera temui dokter jika Anda mengalami overdosis dan juga alergi setelah menggunakan obat Testosterone.

Dosis Testosterone

Berikut ini adalah dosis Testosterone yang sifatnya umum. Pemberian dosis Testosterone kepada setiap pasien mungkin saja berbeda - beda karena tiap pasien memiliki kondisi tubuh serta kebutuhan yang berbeda.
1. Testosterone dalam bentuk tablet dianjurkan untuk dikonsumsi dua kali dalam sehari, dosisnya adalah 80 mg.
2. Untuk gel Testosterone, dosisnya adalah 5 g hingga 10 g yang dioleskan pada tubuh pasien setiap hari.
3. Sedangkan untuk cairan suntik Testosterone sebaiknya disuntikkan 1 kali dalam seminggu, dosisnya 75 mg hingga 100 mg.

Cara yang benar dalam menggunakan Testosterone

1. Sebelum Anda mulai menggunakan Testosterone, sebaiknya baca aturan pakai yang tertera pada kemasan Testosterone dan jangan lupa untuk mematuhi saran dan dosis yang diberikan oleh dokter.
2. Konsumsi obat - obatan lain yang bersamaan dengan penggunaan Testosterone mungkin akan berpengaruh kepada efektivitas Testosterone, sebaiknya beritahu dokter jika Anda mengkonsumsi Testosterone sebelum dokter memberikan obat lain kepada Anda.
3. Supaya kondisi tubuh Anda serta kestabilan hormon di dalam tubuh dapat terus terpantau, sebaiknya periksakan diri Anda secara rutin selama Anda menggunakan atau mengkonsumsi Testosterone.
4. Sebaiknya konsumsi tablet Testosterone dengan bantuan makanan.
5. Wanita hamil dan orang lain tidak boleh terkena gel Testosterone, hindari kontak dengan orang lain selama 4 jam setelah Anda mengoleskannya.
6. Jika Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosis Testosterone, jangan menggandakan dengan dosis berikutnya dengan maksud menggantikan.

Efek samping Testosterone

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang biasanya dialami setelah seseorang menggunakan atau mengkonsumsi Testosterone.
1. Pembesaran payudara
2. Kepala mengalami kebotakan
3. Naiknya berat badan
4. Bertambahnya bulu di tubuh
5. Pembengkakan tangan atau kaki
6. Naiknya tekanan darah
7. Susah buang air kecil
8. Diare
9. Perubahan suasana hati
10. Pusing atau sakit kepala

Itulah informasi terlengkap tentang obat Testosterone yang digunakan atau dikonsumsi untuk menstabilkan hormon pada laki - laki yang kekurangan hormon Testosterone di dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top