Tembaga - Dosis Aturan Minum, Fungsi dan Bahaya Efek Sampingnya

12:00 AM
Saat Anda mendengar kata "Tembaga" mungiin akan terlintas di benak Anda sebuah logam berat. Tapi jangan salah, dalam tubuh kita juga terdapat Tembaga. Tembaga tersimpan di dalam otot dan juga tulang. Tembaga merupakan salah satu jenis mineral yang bisa kita dapatkan dari berbagai makanan diantaranya produk olahan coklat, gandum, sereal, kacang - kacangan, biji - bijian serta hati.

Tembaga - Dosis Aturan Minum, Fungsi dan Bahaya Efek Sampingnya

Asupan tembaga yang dibutuhkan oleh tubuh akan semakin besar apabila Anda sedang mengalami operasi bedah perut, stress yang berlangsung lama, gangguan ginjal, peyakit pada saluran pencernaan, luka bakar serta siare. Asupan Tembaga sangat diperlukan tubuh terutama bagi Anda yang mengalami kekurangan zat Tembaga dalam tubuh atau disebut juga defisiensi Tembaga.

Tembaga memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh kita. Tembaga diperlukan bagi seorang bayi yang baru lahir untuk pembentukan tulang - tulang dalam tubuhnya, membangun sistem imun, Tembaga juga berperan dalam perkembangan otak bayi dan balita. Sedangklan pada anak - anak dan orang dewasa, Tembaga berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, pembentukan sel darah merah serta sel darah putih.

Selain fungsi umum Tembaga seperti di atas, suplemen tambahan Tembaga diperlukan tubuh kita untuk berbagai hal berikut ini.
1. Melindungi dan menjaga fungsi dari sistem saraf di tubuh kita
2. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang.
3. Mendorong tubuh kita untuk menyerap gula dan zat besi.

Tembaga merupakan salah satu dari obat suplemen mineral. Untuk bisa mendapatkan Tembaga di apotek Anda tidak membutuhkan resep dokter, namun jika Anda memilikinya sebaiknya bawalah itu ke apotek saat membeli suplemen Tembaga. Suplemen Tembaga yang dikonsumsi dengan benar akan mengatasi defisiensi Tembaga. Tablet Tembaga aman dikonsumsi oleh anak - anak maupun orang dewasa.

Peringatan sebelum mengkonsumsi suplemen Tembaga

1. Suplemen Tembaga berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan suplemen seng. Oleh karena itu, konsumsi suplemen Tembaga dua jam setelah mengkonsumsi suplemen Tembaga.
2. Jika anak - anak Anda akan mengkonsumsi Tembaga, maka tanyakan dosis yang tepat baginya kepada dokter.
3. Jika Anda menderita penyakit sirosis dan WIlson, maka sebaiknya Anda menghindari Tembaga.
4. Sebelum mengkonsumsi suplemen Tembaga tanyakan dosis yang tepat kepada dokter, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
5. Segera temui dokter jika Anda mengalami overdosis dan alergi setelah mengkonsumsi suplemen Tembaga.

Dosis Suplemen Tembaga

Konsumsi maksimal tembaga setiap hari adalah 10 mg. Dosis tembaga ditentukan berdasarkan tingkat keparahan defisiensi tembaga yang diderita oleh pasien, dan berat badan pasien. Seorang pasien akan diberikan dosis 0,1 mg tembaga per kg berat badannya setiap hari.

Cara mengkonsumsi Suplemen tembaga dengan benar

1. Sebelum Anda mengkonsumsi suplemen tembaga, Anda harus betul - betul memahami dosis yang diberikan oleh dokter dan juga aturan pakai yang ada pada kemasan suplemen tembaga.
2. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, konsumsi suplemen tembaga pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
3. Beri jarak waktu yang cukup atau kira - kira 2 jam jika Anda mengkonsumsi dua suplemen sekaligus selain suplemen tembaga.
4. Jangan menggandakan dosis tembaga yang tidak sengaja terlewat, konsumsi suplemen tembaga begitu Anda teringat jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek Samping tembaga

1. Mata dan kulit berwarna kekuningan
2. Saat buang air kecil akan terasa sakit
3. Ulu hati mengalami nyeri
4. Sakit kepala yang berkelanjutan
5. Berasa ingin pingsan dan pusing
6. Muntah, muntahan bercampur darah atau berwarna hitam
7. Diare

Itulah informasi seputar suplemen mineral tembaga. Semoga informasi yang saya sajikan kali ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top