Suplemen Vitamin C - Peringatan Dosis Manfaat Khasiat Dan Efek Sampingnya

9:14 PM
Vitamin C - Jenis zat yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menghasilkan kalogen, perbaikan sel - sel tubuh yang rusak seperti kulit, tulang, gigi dan juga tulang rawan. Vitamin C dapat kita dapatkan dari buah - buahan atau syuran yang berwarna cerah seperti paprika, brokoli, pepaya, nanas, jeruk, stroberi kiwi, tomat dan masih banyak lagi. Selain dari makanan seperti yang sudah saya sebutkan, vitamin C juga dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C.

Suplemen Vitamin C - Peringatan Dosis Manfaat Khasiat Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Vitamin C disebut juga Ascorbic acid dalam bahasa ilmiahnya. Vitamin C teresedia dalam bentuk tablet yang boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak - anak. Vitamin C termasuk ke dalam golongan obat yang dapat diperjual belikan secara bebas. Tapi Anda juga harus berhati - hati dalam memilah Vitamin C yang ada di pasaran. Vitamin C berguna untuk mengatasi defisiensi vitamin C dan juga mencegahnya.

Peringatan Warning Vitamin C

Walupun Vitamin C termasuk obat bebas, tapi dalam mengkonsumsinya juga diperlukan resep dokter terutama bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan atau sedang merencenakannya. Dan satu lagi yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi Vitamin C adalah hubungi dokter jika Anda mengalami alergi dan over dosis.

Dosis Vitamin C

Vitamin C yang dikonsumsi dalm sehari sebaiknya tidak lebih dari 2 gram. Untuk mengatasi defisiensi terhadap Vitamin C, biasanya dokter akan menyarankan dosis 25 hingga 75 mg setiap harinya. Dosis yang diberikan bisa menjadi lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada tingkat defisiensi vitamin C.

Cara Mengkonsumsi Vitamin C dengan benar

Vitamin C merupakan obat bebas, tapi Anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi Vitamin C. Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengkonsumsi Vitamin C dengan benar, diantaranya.
1. Anjuran dokter atau aturan pakai pada kemasan Vitamin C haru dipetuhi.
2. Jangan mengkonsumsi Vitamin C melebihi dosis yang tertera pada kemasan atau dosis yang diberikan oleh dokter Anda. Vitamin C aman dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan.
3. Jangan menggandakan dosis yang terlewat dengan maksud menggantikannya, konsumsi Vitamin C yang terlewat sesegera mungkin jika dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek Samping Vitamin C

Vitamin C biasanya tidak menimbulkan efek samping yang berarti, tapi pada beberapa kasus, seseorang akan mengalami gejala berikut ini setelah mengkonsumsi Vitamin C.
1. Sakit perut
2. Muntah
3. Diare
4. Nyeri ulu hati
5. Perut kembung

Tetap jaga kesehatan Anda dan jangan sembarangan mengkonsumsi obat. Selalu minta resep dokter sebelum mengkonsumsi obat apapun tentunya akan lebih baik. Sekian informasi mengenai Vitamin C yang dapat saya bagikan kepada Anda. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top