Spironolactone - Peringatan Dosis Minum, Manfaat Dan Efek Sampingnya

Spironolactone - Potasium di dalam tubuh ternyata banyak manfaatnya. Potasium di dalam tubuh berguna untuk mencegah sindrom nefrotik, penyakit hati, tekanan darah tinggi, aldosteonisme primer, gagal jantung, gangguan ginjal serta edema. Namun pada beberapa orang kadar potasium dalam tubuhnya sangat sedikit, banyak yang terbuang.
Spironolactone - Peringatan Dosis Minum, Manfaat Dan Efek Sampingnya

Untuk mengatasinya, pasien dianjurkan untuk mengonsumsi Spironolactone. Spironolactone adalah salah satu obat dari jenis antagonis aldosterone diuretik. Dalam mengonsumsi Spironolactone, pasien harus memiliki resep dari dokter. Spironolactone tersedia dalam bentuk tablet yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Spironolactone

1. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mulai mengonsumsi Spironolactone, terutama bagi ibu hamil, sedangkan Anda yang menyusui dilarang mengonsumsi Spironolactone.
2. Jika Anda mengalami porfiria, hipotensi, gangguan ginjal, dan penyakit Addison sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi Spironolactone.
3. Temui dokter jika setelah mengonsumsi Spironolactone Anda mengalami alergi dan over dosis.

Dosis Spironolactone

Dosis Spironolactone yang diberikan oleh dokter kepada pasien anak-anak dan orang dewasa tentu saja berbeda. Dosis Spironolactone untuk anak-anak adalah 3 mg per kg berat badan. Sedangkan orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi Spironolactone 100-400 mg per hari.

Cara yang Benar Mengonsumsi Spironolactone

1. Sebelum Anda mulai mengonsumsi Spironolactone, sebaiknya baca keterangan pada kemasan dan konsumsi Spironolactone sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter.
2. Salah satu efek samping dari Spironolactone adalah membuat kita lebih sering buang air kecil, oleh karena itu tidak disarankan untuk mengonsumsi Spironolactone pada malam hari.
3. Hubungi dokter jika Anda mengalami dehidrasi setelah mengonsumsi Spironolactone.
4. Untuk mengendalikan kadar potasium di dalam tubuh Anda, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang tinggi potasium selama Anda mengonsumsi Spironolactone.
5. Jangan menggandakan dosis Spironolactone jika Anda tidak sengaja melupakannya.

Efek Samping Spironolactone

1. Mual dan muntah
2. Rambut rontok
3. Keringat keluar lebih banyak
4. Pusing
5. Mengantuk
6. Mudah lelah
7. Diare
8. Sakit perut
Jika Anda mengalami efek samping yang lebih parah, sebaiknya segera datang menemui dokter.

Sekian informasi seputar Spironolactone. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top