Simvastatin - Fungsi Obat, Dosis Aturan Pakai dan Efek Sampingnya

9:39 PM
Banyak penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan kolesterol di pembuluh darah diantaranya adalah stroke. Untuk mengatasi penggumpalan kolesterol di dalam darah dengan menurunkan kolesterol di tubuh kita adalah menggunakan sebuah obat yang bernama Simvastatin.

Simvastatin - Fungsi Obat, Dosis Aturan Pakai dan Efek Sampingnya Bagi Pria Dan Wanita

Seseorang dikatakan memiliki kolesterol tinggi ketika kolesterol di tubuhnya melampaui angka 100 mg/dL. Simvastatin dapat menurunkan kolesterol di tubuh kita dengan efektif apabila kita menjalani pola hidup sehat dan disertai pula dengan pola makan sehat.

Simvastatin dimanfaatkan utnuk mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung serta menurunkan kolesterol dalam darah kita. Simvastatin hanya dikonsumsi oleh orang dewasa dan harus menggunakan resep dokter. Simvastatin tersedia dalam bentuk sirup dan tablet.

Sebelum Anda mengkonsumsi Simvastatin, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini.
1. Ibu hamil dan ibu menyususi tidak boleh mengkonsumsi Simvastatin.
2. Selama Anda mengkonsumsi Simvastatin, sebaiknya hindari untuk melakukan program kehamilan karena Simvastatin memiliki dampak yang buruk bagi janin.
3. Kadar Simvastatin akan meningkat kadarnya alamdarah apabila Anda mengkonsumsi jus anggur, jadi hindari jus anggur ketika Anda sedang mengkonsumsi Simvastatin.
4. Bagi Ana yang mengkonsumsi minuman keras, gangguan otot, tiroid, gangguan ginjal dan juga gangguan hati maka Anda harus berhati - hati dalam mengkonsumsi Simvastatin.
5. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami overdosis dan juga alergi.

Dosis Obat Simvastatin

Dosis yang diberikan kepada pasien biasanya berkisar antara 5 mg hingga 40 mg per hari. Simvastatin dikonsumsi hanya sekali pada malam hari dan 40 mg adalah dosis maksimal pemberian Simvastatin pada pasien. Tingkatan dosis Simvastatin yang diberikan kepada pasien juga disesuaikan dengan kadar kolesterol di dalam darahnya.

Cara Mengkonsumsi Simvastatin Yang Baik dan Benar

Simvastatin akan memberikan efek yang maksimal apabila dikonsumsi dengan cara yang benar. Cara mengkonsumsi Simvastatin dengan benar adalah seperti di bawah ini.
1. Dianjurkan bagi pasien untuk mengkonsumsi Simvastatin pada malam hari, dan untuk meningkatkan kinerja Simvastatin maka Anda harus menjalani pola hidup seperti berolahraga secara teratur, berhenti merokok, makan makanan kaya serat, serta hindari makanan berlemak.
2. Jangan menggandakan dosis Simvastatin yang tidak sengaja terlewat dan segera meminum Simvastatin yang terlewat begitu Anda teringat.
3. Untuk menghindari efek lain yang lebih buruk, hindari minuman keras saat Anda mengkonsumsi obat ini. Untuk mengetahui berapa kadar kolesterol Anda, lakukan tes darah secara teratur.

Efek Samping Simvastatin

Apakah efek samping dari Simvastatin?? Inilah beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh Simvastatin.
1. rambut menipis karena rontok
2. Gangguan jam tidur (insomnia)
3. Diare
4. Gangguan pencernaan lain.
5. Sakit kepala

Informasi di atas adalah tentang Simvastatin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi Simvastatin sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter, dan jagalah selalu pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top