Salbutamol - Manfaat, Dosis Aturan Pakai Dan Peringatan Efek Sampingnya

9:09 PM
Salbutamol - Jika seseorang mengalami sesak nafas biasanya dia akan diberikan obat hirup. Obat hirup inilah yang disebut dengan Salbutamol. Sesak nafas biasanya disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan saluran udara menuju paru - paru. Salbutamol dapat melebarkan otot - otot pada saluran pernafasan, sehingga orang yang sesak nafas akan lancar kembali pernafasannya.
Salbutamol - Manfaat, Dosis Aturan Pakai Dan Peringatan Efek Sampingnya Untuk Melegakan Pernafasan

Saat seseorang menghirup Salbutamol, setelah beberapa menit obat ini akan bereaksi melegakan pernafasan pasien dan efek ini dapat bertahan selama 4 jam ke depan. Selain dapat mengatasi sesak nafas, Salbutamol juga dapat mengatasi PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) dan juga gejala asma. Salbutamol dikemas dalambentuk inhaler (obat hirup) yang seringkali kita jumpai berwarna biru.

Salbutamol termasuk ke dalam jenis obat bronkodiator (beta2-agonist yang dapat bereaksi dengan cepat pada tubuh pasien). Salbutamol tidak dijual bebas dan diperlukan resep untuk bisa membawanya pulang dari apotek. Salbutamol bermanfaat meringankan gejala asma dan PPOK, Salbutamol hanya meringankan, tidak menyembuhkan dan tidak dapat mengatasi. Salbutamol bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak - anak. Salbutamol hanya tersedai dalam bentuk inhaler (Obat hirup).

Peringatan Salbutamol

Sebelum Anda menggunakan Salbutamol untuk meringankan sesak nafas yang Anda alami, maka perhatikan berbagai hal di bawah ini sebagai peringatan sebelum Anda menggunakan Salbutamol.
1. Salbutamol bukan obat sembarangan, jadi konsumsi Salbutamol hanya bila dokter Anda menganjurkan begitu, terutama bagi ibu menyusui dan juga ibu hamil.
2. Apabila Anda telah menghirup Salbutamol sesuai denga aturan yang dokter sampaikan, tetapi tidak efek apapun yang Anda rasakan, sebaiknya segera menemui dokter tersebut.
3. Jika Anda merupakan orang yang mempunyai kadar oksigen dalam darah rendah, detak jantung tidak beraturan (aritmia), kadar potasium dalam darah rendah (hipokalemia), mengalami gangguan pencernaan, mengalami tekanan darah tinggi, gangguan kardiovaskular, dan hipertirodisme sebaiknya berhati - hati dalam menggunakan Salbutamol.
4. Segera temui dokter apabila Anda mengalami over dosis serta alergi terhadap Salbutamol.

Dosis Obat Salbutamol

Dosis yang biasa diberikan oleh dokter kepada pasiennya adalah.
1. Anak - anak dengan usia kurang dari 12 tahun menghirup Salbutamol 1 kali sehari.
2. Bagi anak - anak dengan usia di atas 12 tahun dan orang dewasa menghirup Salbutamol 1 - 2 kali dalam satu hari.
Dosis Salbutamol yang diberikan oleh dokter bisa saja berbeda - beda tiap pasien berdasarkan kondisi kesehatan pasien dan juga keparahan gejala penyakit yang diderita oleh pasien. Pasien boleh menghirup Salbutamol maksimal 8 kali per hari, dan dosis tiap satu hirup adalah 100 mikrogram.

Cara mengkonsumsi Salbutamol dengan cara yang tepat

Pengetahuan tentang cara menggunakan obat secara benar penting untuk diketahui supaya obat memiliki efek yang baik pada tubuh pasien dan tidak menimbulkan efek yang buruk. Berikut ini adalah cara mengkonsumsi Salbutamol dengan cara yang tepat.
1. Perhatikan anjuran dokter dan juga aturan yang tertera pada kemasan sebelum Anda mengkonsumsi Salbutamol.
2. Untuk bisa mengetahui tingkat efekstifitas Salbutamol pada tubuh Anda maka periksakan diri Anda ke dokter secara rutin setelah mengkonsumsi Salbutamol.
3. Bawa inhaler Anda setiap Anda pergi untuk antisispasi jika penyakit Anda kambuh dan pastikan bahwa Anda mengetahui cara pemakaian inhaler Salbutamol.
4. Salbutamol adalah obat yang mampu membuka saluran pernafasan yang tersumbat, oleh karena itu jika Anda akan menggunakan ihaler lainnya utamakanlah untuk menggunakan Salbutamol terlebih dahulu.
5. Spacer adalah sebuah alat yang dapat meningkatkan jumlah obat dalam paru - paru dan juga mengurangi efek sampingnya. Dokter akan menyarankan pasien menggunakan alat ini apabila dia sulit menyesuaikan nafasnya saat menggunakan inhaler.
6. Berhentilah merokok suapaya Salbutamol dapat bekerja secara maksimal pada tubuh Anda.

Efek Samping Salbutamol

Salbutamol memiliki efek samping yang berbeda pada tiap pasien, tapi pada umumnya pasien akan mengalami gejala berikut setelah menggunakan Salbutamol.
1. Rasa kering hingga iritasi yang terjadi pada tenggorokan dan mulut.
2. Meningkatnya detak jantung
3. Otot kaku atau kram
4. Sakit kepala

Jika sakit berlanjut hubungi dokter. Semoga informasi Salbutamol di atas bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top