Propranolol Obat Jantung - Indikasi Dosis Aturan Pakai dan Efek Sampingnya

Propranolol - Jantung adalah organ yang sangat penting dalam tubuh kita, organ ini berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung akan mudah terserang penyakit jika kita tidak menjalankan pola hidup sehat dan makan seimbang. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan jantung diantaranya angina dan aritmia. Penyakit ini disebabkan oleh detak jantung yang tidak teratur dan juga aktivitas jantung yang sangat tinggi.

Propranolol Obat Jantung - Indikasi Dosis Aturan Pakai dan Efek Sampingnya

Untuk mengatasi penyakit jantung seperti yang tersebut di atas, pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi Propranolol. Selain itu, Propranolol juga dapat digunakan untuk mencegah sakit kepala sebelah atau migrain dan juga menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Propranolol merupakan sebuah obat dari jenis penghambat beta, untuk bisa mendapatkan Propranolol, Anda harus memiliki resep dari dokter. Propranolol tersedia dalam berbagai bentuk diantaranya sirup, kapsul dan tablet yang hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa. Propranolol diketahui dapat mengatasi gejala detak jantung cepat dan menggigil pada penderita gangguan tiroid, mengatasi hipertensi, menyembuhkan angina, migrain, serangan jantung dan juga aritmia.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Propranolol

1. Propranolol sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang menyusui, karena dapat mempengaruhi ASI yang dihasilkan, sedangkan bagi Anda yang sedang  dalam masa kehamilan sebaiknya mengkonsumsi sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter.
2. Bagi Anda yang menderita gangguan hati, gangguan ginjal, gangguan sirkulasi, asma, diabetes, psoriasis, dan tekanan darah rendah sebaiknya berhati - hati bila Anda akan mengkonsumsi Propranolol.
3. Selain itu, bagi Anda yang didiagnosis mengalami detak jantung lambat, myasthenia gravis, nyeri dada juga harus berhati - hati dalam mengkinsumsi Propranolol.
4. Temui dokter segera jika Anda mengalami over dosis atau alergi terhadap Propranolol.

Dosis Propranolol

Berikut ini daftar dosis Propranolol berdasarkan jenis penyakit yang diderita oleh pasien.
1. Untuk penderita aritmia, tiroksikosis dan takikardia yang disebabkan oleh kecemasan, dosis Propranolol yang dianjurkan adalah 30 mg hingga 160 mg dalam sehari.
2. Bagi penderita serangan jantung, disarankan untuk mengkonsumsi Propranolol 120 mg hingga 160 mg dalam sehari.
3. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi, dalam sehari pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi  sebanyak 160 mg hingga 320 mg.
4. Bagi Anda yang menderita migrain dan angina, dosis Propranolol yang disarankan adalah 80 mg hingga 240 mg Propranolol yang dikonsumsi dalam sehari.
5. Sedangkan bagi pasien yang mengalami gangguan kecemasan, sebaiknya mengkonsumsi Propranolol sebanyak 40 mg hingga 120 mg per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Propranolol

1. Sebelum Anda mulai megkonsumsi Propranolol, perhatikan aturan pakai yang teretera pada kemasan dan juga patuhi anjuran yang telah disampaikan oleh dokter.
2. Supaya Propranolol dapat bekerja secara maksimal di tubuh Anda, sebaiknya konsumsi Propranolol pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
3. Tidak disarankan untuk menggandakan dosis Propranolol jika Anda lupa mengkonsumsinya, segera konsumsi dosis Propranolol yang terlewat jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.
4. Supaya perkembangan kesehatan Anda dapat terus terpantau oleh dokter, periksakan diri Anda secara teratur selama Anda mengkonsumsi Propranolol.
5. Hindari rokok dan minuman keras, biasakan diri untuk berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang seimbang, dan juga menjalani gaya hidup sehat supaya pengobatan yang Anda jalani menjadi efektif.
6. Jangan menghentikan konsumsi Propranolol secara tiba - tiba tanpa konsultasi kepada dokter terlebih dahulu karena dapat menambah efek samping.

Efeks Samping Propranolol

Berikut ini adalah efek samping dari Propranolol
1. Batuk berdahak
2. Sensasi dingin pada tangan dan kaki
3. Sesak napas
4. Mudah lelah
5. Insomnia
6. Melambatnya detak jantung

Itulah informasi lengkap tentang Propranolol yang dapat mengatasi penyakit jantung. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top