Progesteron Hormon - Manfaat Untuk Wanita, Dosis Dan Efek Sampingnya

Progesteron - Selain hormon esterogen, wanita juga memiliki hormon lain yaitu Progesteron. Progesteron bermanfaat untuk mengatur siklus menstruasi dan mengatasi gangguan menstruasi yang berhenti secara tidak normal. Sedangkan bagi wanita yang sauh menopause, kehadiran hormon Progesteron dapat mencegah perubahan di dalam rahim.
Progesteron Hormon - Manfaat Untuk Wanita, Dosis Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Hormon Progesteron terdapat pada organ intim wanita. Jumlah hormon Progesteron yang dimiliki oleh wanita hamil, wanita normal dan wanita menopause akan berbeda - beda. Hormon Progesteron paling banyak dimiliki oleh wanita hamil dan paling sedikit dimiliki oleh wanita menopause.

Obat Progesteron merupakan dalah satu bagian dari hormon Progesteron itu sendiri. Obat Progesteron merupakan obat resep yang tidak dapat digunakan secara sembarangan. Obat Progesteron digunakan untuk mencegah beberapa masalah gejala ginelogi misalnya PMS (Pre Menstruation Syndrome) yang berlebihan, masalah menstruasi, masa awal kehamilan, kamandulan dan bagian dari terapi penggantian hormon. Progesteron hanya boleh dikonsumsi oleh wanita yang sudah dewasa. Progesteron tersedia dalam beberapa bentuk diantaranya pessary, kapsul, obat suntik, dan gel.

Peringatan Sebelum Menggunakan atau Mengkonsumsi Obat Progesteron

1. Konsultasikan kepada dokter sebelum Anda mulai menggunakan obat Progesteron, terutama bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui.
2. Bagi Anda yang mengalami gatal - gatal dan penyakit kuning saat hamil, mengalami porfiria, pendarahan selain menstruasi, masalah penggumpalan darah, ganguuan ginjal, hati, penyakit jantung, kanker, migrain, diabetes, epilepsi, asma dan hipertensi sebaiknya berhati - hati dalam menggunakan obat Progesteron.
3. Segera temui dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi setelah menggunakan obat Progesteron.

Dosis Obat Progesteron

Untuk mengatasi masalah menstruasi yang berhenti mendadak, dokter akan memberikan dosis kapsil obat Progesteron sebanyak 400 mg per hari untuk dikonsumsi selama 10 hari.
Sedangkan untuk mencegah penebalan lapisan rahim, kapsul Progesteron dikonsumsi selama 12 hari berturut - turut tiap 28 hari siklus menstruasi sebanyak 200 mg per hari.
Dosis yang diberikan oleh dokter akan berbeda - beda tiap pasien karena dokter akan mempertimbangkan tingkat keparahan kondisi yang dialami pasien, kondisi yang dialami dan respon tubuh pasien terhadap obat Progesteron.

Cara yang Benar Dalam Mengkonsumsi Progesteron

1. Sebelum Anda mulai menggunakan atau mengkonsumsi obat Progesteron, pahami anjuran dokter dan baca aturan pakai pada kemasan.
2. Saat Anda menggunakan Progesteron, jangan konsumsi minuman keras dan rokok. Penderita diabetes juga disarankan untuk memeriksakan kadar gula darah secara rutin selama mengkonsumsi Progesteron.
3. Konsultasikan kepada dokter apabila Anda mengkonsumsi obat Progesteron bersamaan dengan obat Esterogen.
4. Jangan menggandakan dosis obat Progesteron apabila Anda tidak sengaja melewatkan dosisnya. Konsumsi dosis Progesteron yang terlewat apabila masih ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.
5. Periksakan diri Anda secara tratur supaya kondisi dan perkembangan Anda dapat dipantau oleh dokter selama Anda mengkonsumsi obat Progesteron.

Efek Samping Obat Progesteron

Gejala - gejala di bawah ini merupakan gejala umum yang dialami oleh seseorang setelah mengkonsumsi obat Progesteron
1. Perubahan suasana hati
2. Pertumbuhan rambut mengalami perubahan
3. Berat badan mengalami perubahan
4. Nyeri pada payudara
5. Gairah seksual berubah
6. Gangguan siklus menstruasi
7. Mual
8. Insomnia
9. Mengantuk dan pusing

Sekian informasi lengkap tentang obat Progesteron. Semoga Anda dapat memetik manfaat dari artikel yang saya tulis kali ini.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top