Prednison Obat Anti Inflamasi - Manfaat Dosis Dan Efek Sampingnya

Prednison - Pernahkah Anda mendengar kata "Inflamasi" ? Tauhukah Anda apa arti dan "Inflamasi"? . Inflamasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh. Beberapa inflamasi bisa kita jumpai seperti pada kasus penyakit kulit, gangguan otot dan persendian, alergi, gangguan pernapasan, gangguan atau kelainan pada darah, gangguan sistem imun tubuh, asma, kanker dan artritis.

Prednison Obat Anti Inflamasi - Manfaat Dosis Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pasien

Pada dunia medis dikenal sebuah obat bernama Prednison atau Prednisolone yang berasal dari jenis obat Kortikosteroid. Prednison dapat menekan sistem imun tubuh serta membantu pasien dalam mengurangi reaksi alergi dan inflamasi. Prednison boleh dikonsumsi oleh semua golongan usia dari anak - anak hingga orang dewasa namun harus dengan pengawasan dokter. Prednison tersedia dalam bentuk sirup, obat suntik serta tablet. Dan untuk bisa mendapatkan Prednison di apotek atau toko obat, Anda harus menyertakan resep dari dokter karena Prednison tidak dijual bebas.

Peringatan Prednison


1. Anda harus berdiskusi dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi Prednison, hal ini juga berlaku bagi ibu yang menyusui, ibu hamil atau Anda yang sedang menjalani program kehamilan.
2. Prednison dapat melemahkan imun tubuh pasien yang mengkonsumsinya, oleh karena itu hindari kontak dengan orang yang sedang menderita penyakit menular dan segera datang ke dokter jika Anda telah berinteraksi dengan orang yang memiliki cacar air untuk mendapatkan langkah antisipasi.
3. Bagi pasien yang menderita penyakit kardiovaskular, mata, miliki tekanan darah yang tinggi, gangguan ginjal, kelainan pada otot, penggumpalan darah, epilepsi, tukak lambung dan pengeroposan tulang harus berhati - hatai dalam mengkonsumsi Prednison.
4. Prednison memerlukan bantuan lemak untuk mencernanya, oleh karena itu sebaiknya konsumsi Prednison setelah makan atau bersama dengan makanan.
5. Jika Anda merupakan penderita penyakit hati dan diabetes sebaiknya menghindari konsumsi Prednison dalam bentuk sirup karena sirup Prednison biasanya mengandung alkoholdan gula yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda.
6. Jika Anda merasa pertumbuhan buah hati Anda terganggu setelah mengkonsumsi Prednison, segera temui dokter karena Prednison bisa menyebabkan penipisan tulang jika dikonsumsi oleh anak - anak.
7. Mintalah saran dokter jika Anda akan menerima vaksin dalam bentuk apapun selama mengkonsumsi Prednison.
8. Segera temui dokter apabila Anda mengalami over dosis atau alergi terhadap Prednison.

Dosis Prednison

Dokter pada umumnya akan menganjurkan dosis Prednison sebanyak 5 mg hingga 60 mg Prednison dalam sehari. Namun dosis yang diberikan kepada setiap pasien. Faktor yang memperngaruhi dosis Prednison adalah kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan panyakit yang diderita serta bagaimana respon tubuh pasien setelah mengkonsumsi Prednison. Khusus untuk anak - anak, berat badan menjadi pertimbangan utama dalam menentukan dosis Prednison.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Prednison

1. Prednison memiliki keistimewaan yaitu tidak dapat dikombinasikan dengan obat - obatan lain, oleh karena itu bicarakan dengan dokter jika Anda akan mengkonsumsi ovat lain bersamaan dengan Prednison.
2. Dosis juga harus diperhatikan dalam mengkonsumsi Prednison, konsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter, jangan menambah atau mengurangi dosis Prednison tanpa petunjuk dokter.
3. Beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Prednison sebelum Anda mendapat penanganan medis dalam bentuk apapun.
4. Kandungan dari Prednison bisa melukai atau mengiritasi dinding lambung, untuk menghindari hal ini sebaiknya konsumsi Prednison bersama susu atau makanan.
5. Tidak diperkenankan bagi pasien untuk menggandakan dosis Prednison dengan maksud menggantikan dosis yang terlewat, jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat, segera konsumsi Prednison yang terlewat.

Efek Samping Prednison

1. Siklus menstruasi terganggu
2. Mudah letih dan lemah
3. Bertambahnya berat badan
4. Insomnia
5. Mudah merasa bingung
6. Infeksi jamur
7. Mual
8. Gangguan pencernaan
Jika Anda merasakan ada hal yang tidak wajar dan mengganggu sebiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Itulah informasi yang lengkap dan terpercya tentang Prednison yang dapat menambah wawasan dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top