Phenobarbital - Manfaat, Dosis Cara Memakai Dan Efek Sampingnya

Phenobarbital - Manfaat, Dosis Cara Memakai Dan Efek Sampingnya
Phenobarbital - Penyakit epilepsi atau ayan merupakan yang menyebabkan penderitanya mengalami kejang. Kejang ini disebabkan oleh aktivitas kelistrikan yang terjadi pada otak. Untuk menangani kondisi ini, pasien dianjurkan untuk mengonsumsi Phenobarbital.

Phenobarbital merupakan obat sejenis antiepilepsi. Phenobarbital harus dikonsumsi dengan didampingi oleh resep dokter. Kegunaan dari Phenobarbital adalah mencegah dan mengani kejang pada penderita epilepsi. Phenobarbital tersedia dalam bentuk tablet, obat suntik dan sirup. Phenobarbital ini boleh dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa

Peringatan Dalam Mengonsumsi Phenobarbital

1. Dalam mengonsumsi Phenobarbital harus disesuaikan dengan dosis yang diberikan oleh dokter terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Bagi Anda yang menderita porfiria, gangguan hati dan ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengonsumsi Phenobarbital.
3. Sedangkan bagi Anda yang merupakan pecandu narkoba dan minuman keras, dan mengalami gangguan pernapasan harus waspada terhadap Phenobarbital.
4. Temui dokter segera jika setelah mengonsumsi Phenobarbital Anda mengalami overdosis maupun alergi.

Dosis Phenobarbital

Pemberian dosis Phenobarbital akan disesuaikan dengan kondisi yang dialami pasien dan tingkat keparahan infeksi yang dialami. Dosis umumnya adalah 50 - 180 mg per hari untuk orang dewasa. Sedangkan dosis Phenobarbital untuk anak - anak adalah 5-8 mg per kg berat badan per hari.

Cara yang Benar Mengonsumsi Phenobarbital

1. Sebelum Anda mulai mengonsumsi Phenobarbital, sebaiknya baca aturan pakai pada kemasan Phenobarbital dan juga dosis yang telah ditentukan oleh dokter.
2. Untuk menelan tablet Phenobarbital, sebaiknya gunakan bantuan air putih. Phenobarbital aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan.
3. Konsumsi Phenobarbital dapat menimbulkan rasa kantuk, sebaiknya konsumsi Phenobarbital jika tidak ingin aktivitas Anda terganggu. Dan Anda tidak disarankan untuk mengemudi selama dalam pengaruh Phenobarbital.
4. Jika Anda akan menghentikan konsumsi Phenobarbital, konsultasikan kepada dokter.
5. Gunakan kondom saat berhubungan suami istri karena Phenobarbital dapat menurunkan efektivitas kontrasepsi hormon.
6. Jangan menggandakan dosis Phenobarbital jika Anda lupa mengonsumsinya. Konsumsi dosis Phenobarbital yang terlewat jika masih ada jarak dengan dosis berikutnya.
7. Supaya perkembangan kondisi Anda dapat terpantau oleh dokter, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda secara rutin selama Anda mengonsumsi Phenobarbital.

Efek Samping Phenobarbital

Gejala yang muncul setelah mengonsumsi obat dinamakan efek samping. Dan inilah efek samping Phenobarbital.
1. Keseimbangan terganggu
2. Perubahan suasana hati
3. Mengantuk dan mudah lelah

Itulah informasi terlengkap seputar obat antiepilepsi, Phenobarbital. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top