Paracetamol - Dosis dan Efek Samping Untuk Obat Penurun Panas Demam Nyeri

7:37 PM
Paracetamol - Dosis dan Efek Samping Untuk Obat Penurun Panas Demam Nyeri Pada Anak Dan Dewasa
Obat Paracetamol - Obat ini tidak asing di telinga kita, yap Paracetamol. Paracetamol dapat digunakan untuk menurunkan panas dan juga mengobati sakit yang ringan hingga menengah jika dikonsumsi dengan dosis yang sesuai. Dosis yang dianjurkan untuk mengkonsumsi Paracetamol adalah setiap 4 sampai 6 jam sekali dan setiap minum Paracetamol sebanyak 0,5 gram hingga 1 gram.


Paracetamol dapat digunakan untuk meredakan demam karena dapat mengendalikan suhu tubuh. Dalam tubuh kita ada suatu zat yang bernama Prostaglanin yang menghasilkan rasa sakit, Paracetamol menghambat produksi zat ini hingga rasa sakit berkuang.

Paracetamol atau Acetaminophen merupakan obat dari jenis analgesik yang termasuk golongan obat bebas. Paracetamol dapat digunkan untuk meredakan rasa sakit dan juga demam. Paracetamol tersedia dalam bentuk cairan infus, cairan suntik, supositoria, sirup, obat larut, kapsul dan tablet yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak - anak.

Peringatan Sebelum Minum Obat Paracetamol

Peringatan dini sebelum mengkonsumsi Paracetamol seperti di bawah ini harus diperhatikan supaya tidak menimbulkan efek yang tidak kita inginkan.
1. Meskipun Paracetamol merupakan obat bebas, tapi dalm mengkonsumsi Paracetamol harus memperhatikan resep dokter apalagi jika Anda adalah seorang wanita yang sedang hamil atau menyusui
2. Bagi Anda yang mengkonsumsi minuman beralkohol, menderita dehidrasi, malnutrisi, gangguan hati dan gangguan ginjal harus berhati - hati dalam mengkonsumsi Paracetamol.
3. Konsumsi maksimal setiap harinya adalah 4 gram bagi orang dewasa.
4. Hubungi dokter untuk mengetahui dosis yang sesuai untuk anak - anak Anda.
5. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi setelah mengkonsumsi Paracetamol.

Dosis Obat Paracetamol

Paracetamol boleh dikonsumsi oleh anak - anak mulai 2 - 3 bulan setelah imunisasi hingga orang dewasa di atas 16 tahun dengan dosis seperti di bawah ini. Dosis di bawah ini dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin setiap 4 hingga 6 jam.
1. 2 - 3 bulan setelah imunisasi 60 mg
2. 3 - 6 bulan 60 mg
3. 6 - 24 bulan 120 mg
4. 2 - 4 tahun 180 mg
5. 4 - 6 tahun 240 mg
6. 6 - 8 tahun 240 - 250 mg
7. 8 - 10 tahun 360 - 375 mg
8. 10 -12 tahun 480 - 500 mg
9. 12 - 16 tahun 480 - 750 mg
10. > 16 tahun 500 - 1000 mg

Cara mengkonsumsi Paracetamol dengan benar

1. Paracetamol aman diknsumsi setelah dan sebelum makan dan harus dengan resep atau anjuran dokter dalam mengkonsumsi Paracetamol ini.
2. Jika Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosis jangan pernah menggandakan dosis yang terlewat itu karena konsumsi Paracetamol yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan organ hati.
3. Segera perg ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan membawa Paracetamol yang Anda konsumsi bila terjadi over dosis.

Efek Samping Obat Paracetamol

Setelah Anda mengetahui dosis dan cara mengkonsumsi Paracetamol dengan benar, Anda juga harus mengetahui apa yang diakibatkan oleh Paracetamol setelah Anda mengkonsumsi obat Paracetamol ini. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang diakibatkan oleh Paracetamol.
1. Jika Anda mengalami over dosis maka Anda akan mengalami kerusakan hati
2. Kadar sel darah putih dan juga trombosit dalamdarah Anda akan berkurang.
3. Munculnya hipotensi atau tekanan darah rendah
4. Munculnya gejala alergi seperti susah bernafas, pembengkakan dan meunculnya ruam

Informasi di atas memuat berbagai hal yang harus Anda ketahui mengenai Paracetamol. Semoga informasi yang saya bagi kali ini bermanfaat bagi Anda. Senang bisa berbagi.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top