Pantoprazole - Efek Samping , Dosis Dan Manfaat Sebagai Obat Asal Lambung

7:14 PM
Pantoprazole - Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang berguna untuk menampung makanan yang kita makan. Lambung juga berfungsi untuk mencerna makanan dengan asam lambung. Asam lambung ini gunanya adalah untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di dalam makanan yang kita makan.

Pantoprazole - Efek Samping , Dosis Dan Manfaat Sebagai Obat Asal Lambung

Produksi asam lambung yang berlebihan akan menyebabkan nyeri pada perut bagian kiri atas. Kondisi ini jika dibiarkan akan berakibat datangnya kondisi yang lebih parah. Seperti tukak lambung, nyeri pada ulu hati, dan lainnya. Produksi asam lambung yang berlebihan juga dapat melukai lambung sehingga dapat menyebabkan peradangan.

Untuk mengatasi produksi asam lambung yang berlebihan, kita bisa mengkonsumsi Pantoprazole. Pantoprazole mampu meredakan produksi asam lambung yang berlebihan. Pantoprazole merupakan salah satu obat dari jenis penghambat pompa proton. Untuk bisa mengkonsumsi Pantoprazole, pasien harus memiliki resep dari dokter.

Penelitian menunjukkan bahwa Pantoprazole dapat digunakan untuk mengatasi infeksi Helicobacter pylori, sindrom Zollinger-Ellison, meredakan nyeri pada ulu hati karena asam lambung, dan mencegah serta meredakan tukak lambung. Pantoprazole hanya boleh dikonsumsi atau digunakan oleh orang dewasa dan anak - anak di atas 12 tahun. Pantoprazole tersedia dalam bentuk obat suntik dan tablet.

Peringatan Dalam Mengkonsumsi Pantoprazole

1. Dalam mengkonsumsi Pantoprazole, sebaiknya disesuaikan dengan ajuran dokter. Terutama bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui.
2. Anak - anak di bawah 12 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi Pantoprazole.
3. Bagi pasien yang mengalami gangguan organ hati dan ginjal harus berhati - hati dalam mengkonsumsi Pantoprazole.
4. Waspadai gejala sulit menelan, kekurangan darah, berat badan turun drastis, dan mual setelah mengkonsumsi Pantoprazole.
5. Segera datang temui dokter bila Anda mengalami over dosis setelah mengkonsumsi Pantoprazole.

Dosis Pantoprazole

Dosis Pantoprazole yang diberikan pasien akan diperhitungkan berdasarkan tingkat keparahan gejala yang dialami dan kondisi kesehatan pasien. Dosis umum Pantoprazole yang diberikan oleh dokter berkisar 20 mg per hari.
Untuk menangani refluks asam lambung, pasien diajurkan mengkonsumsi Pantoprazole sebanyak 20 - 40 mg per hari.

Cara yang Baik dan Benar Mengkonsumsi Pantoprazole

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Pantoprazole, baca aturan pakai yang ada pada kemasan dan patuhi anjuran dokter.
2. Untuk efek yang lebih maksimal, konsumsi tablet Pantoprazole sebelum makan dengan bantuan air putih. Jangan coba mengunyah atau menghancurkan tablet Pantoprazole.
3. Konsumsi Pantoprazole pada jam yang sama setiap hari supaya Pantoprazole dapat bekerja lebih efektif pada tubuh Anda.
4. Jangan menggandakan dosis bila Anda tidak sengaja melewatkannya. Konsumsi dosis Pantoprazole yang terlewat jika masih ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.
5. Hindari merokok, konsumsi peppermint, tomat, cokelat, kopi, minuman keras, makanan pedas dan panas untuk mempercepat pemulihan kondisi Anda.
6. Turunkan berat badan bagi pasien Refluks asam yang mengalami obesitas untuk mempercepat penyembuhan.
7. Bagi Anda yang mengkonsumsi Pantoprazole dalam jangka panjang, konsultasikan kepada dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.
8. Jangan mengkonsumsi Pantoprazole lebih dari 2 pekan tanpa persetujuan dokter. Jika kondisi Anda belum membaik setelah mengkonsumsi selama beberapa hari, segera temui dokter.

Efek Samping Pantoprazole

Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasa terjadi setelah Anda mengkonsumsi Pantoprazole
1. Diare
2. Sakit perut
3. Konstipasi
4. Mulut terasa kering
5. Mudah lelah
6. Insomnia
7. Pusing
Segera temui dokter bila Anda mengalami gejala yang tidak wajar, over dosis, atau alergi setelah mengkonsumsi Pantoprazole.

Sekian informasi lengkap seputar Pantoprazole. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top