Ondansetron Obat Anti Mual - Peringatan Dosis Pemakaian Dan Efek Sampingnya

Ondansetron - Pasca operasi, radioterpai, san kemoterapi umumnya meninggalkan efek samping seperti mual dan muntah. Rasa mual yang terjadi disebabkan oleh meningkatnya serotonin dalam tubuh kita dan serotonin itu bereaksi dengan reseptor 5HT3 di otak dan usus kecil. Mual yang berelebihan juga bisa menyebabkan muntah. Ada sebuah obat yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah itu yakni Ondansetron.
Ondansetron Obat Anti Mual - Peringatan Dosis Pemakaian Dan Efek Sampingnya

Ondansetron termasuk ke dalam jenis obat anti mual, 5HT3 receptor antagonist. Untuk bisa mendapatkan Ondansetron dia apotek Anda harus mempunyai resep dari dokter. Ondansetron dapat mengantasi muntah dan mual akibat operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Anak - anak di atas 6 tahun dan orang dewasa dapat mengkonsumsi Ondansetron. Ondansetron tersedia dalam berbagai bentuk diantaranya supositoria, obat suntik, obat larut dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Ondansetron

1. Ondansetron sebaiknya dihindari oleh Anda yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, maupun sedang dalam masa menyusui.
2. Temui dokter jika Anda mengalami pembengkakan dan rasa sakit pada perut.
3. Bagi Anda yang mengalami penyakit jantung, gangguan hati, konstipasi dan gangguan pencernaan harap berhati - hati dalam mengkonsumsi Ondansetron.
4. Segera temui dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi.

Dosis Ondansetron

Dosis Ondansetron yang diberikan oleh dokter tergantung pada kondisis tubuh pasien, sedangkan bagi pasien anak - anak, berat badan menjadi pertimbangan utama dalam pemberian dosis Ondansetron. Biasanya dokter akan memberikan dosis 8 mg - 32 mg Ondansetron per hari.

Cara mengkonsumsi Ondansetron dengan benar

1. Sebelum Anda mengkonsumsi Ondansetron, bacalah aturan pakai yang ada pada kemasan serta memauhi anjuran dari dokter yang meresepkan Ondansetron.
2. Pengobatan Ondansetron dilakukan dalam dua waktu yakni sebelum dan setelah kemoterapi / radioterapi.
3. Sedangkan untuk menangani mual karen aproses operasi, Ondansetron dikonsumsi sebelum melaksanakan operasi.
4. Ondansetron dapat dikonsumsi dalam kondisi perut yang kosong.
5. Jika Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosis Ondansetron, jangan menggandakan dengan dosis berikutnya. Jika dosis berikutnya tidak terlalu dekat, konsumsi Ondansetron yang lupa Anda konsumsi.

Efek Samping Ondansetron

Setiap jenis obat pasti memiliki efek samping dan manfaatnya masing - masing. Inilah efek samping dalam mengkonsumsi Ondansetron.
1. Sakit perut dan konstipasi
2. Rasa lelah yang mudah datang
3. Saat berdiri akan merasa pusing
4. Terasa panas
5. Timbulnya rasa kantuk
6. Pusing dan sakit kepala

Itulah informasi mengenai Ondansetron yang dapat saya sajikan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top