Omeprazole - Peringatan Efek Samping Dosis dan Manfaatnya Jadi Obat Lambung

Omeprazole - Peringatan Efek Samping Dosis dan Manfaatnya Jadi Obat Asam Lambung Dan Gangguan Pencernaan
Omeprazole - Obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit perut yang disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung adalah Omeprazole. Omeprazole digunakan dalm keadaan seperti ini karena dapat menurunkan kadar asam lambung yang diprouksi oleh sistem pencernaan kita. Omeprazole bisa digunakan untuk mengatasi sindrom Zollinger-Elision, maag, dan juga nyeri ulu hati serta tukak lambung.

Omeprazole tergolong dalam obat yang menghambat pompa proton. Obat ini harus dikonsumsi dengan resep dokter. Omeprazole tersedia dalam berbagai bentuk diantaranya cairan suntik, kapsul, obat larut dan kapsul yang aman dikonsumsi oleh anak - anak dan juga orang dewasa dengan catatan sesuai dengan petunjuk dokter.

Manfaat Khasiat dan Fungsi Obat Omeprazole

Omeprazole memiliki berbagai kegunaan diantaranya.
1. Menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori
2. Mengurangi asam yang diproduksi oleh lambung
3. Mengurangi produksi asam lambung ketika proses operasi berlangsung
4. Menymbuhkan berbagai gangguan pencernaan seperti asam lambung berlebih, sindrom Zollinger-Ellison, tukak lambung, dan nyeri pada ulu hati.

Peringatan Sebelum Mencoba Omeprazole

Sebelum Anda mengkonsumsi Omeprazole untuk menyembuhkan  gangguan pencernaan yang Anda derita, ada beberapa peringatan sebagai berikut.
1. Selalu patuhi anjuran dokter bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan dan menyusui serta bagi anak - anak dalam mengkonsumsi Omeprazole.
2. Jika Anda mengalami gangguan tulang, kekurangan protein serta mengalami gangguan pada hati maka konsultasikan pada dokter sebelum Anda mengkonsumsi Omeprazole.
3. Jika Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab, pendarahan, mual serta kesulitan menelan, bicarakanlah pada dokter supaya mendapatkan solusi yang tepat.
4. Segera hubungi dokter apabila terjadi over dosis dan alergi pada Anda.

Dosis Obat Omeprazole

Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi Omeprazole sebagai obat untuk penyakit Anda, maka Anda perlu berkonsultasi pada dokter untuk menentukan dosis yang tapat bagi Anda. Inilah beberapa macam dosis yang biasa diberikan dokter tergantung pada penyakit yang diderita oleh pasien. Omeprazole dikonsumsi sebelum makan.
1. 20 mg per hari untuk nyeri ulu hati
2. 40 mg per hari utnuk tukak lambung
3. 20 mg perhari untuk tukak usus halus
4. 10-40 mg per hari untuk asam lambung
5. 20 - 40 mg per hari untuk infeksi bakteri H. Pylori
6. 60 - 120 mg per hari untuk sindrom zollinger ellison
7. 20 mg per hari untuk radang kerongkongan

Cara Mengkonsumsi Obat Omeprazole Dengan Benar

Setelah Anda diberi resep oleh dokter Anda, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana caranya mengkonsumsi Omeprazole dengan benar.
1. Selalu membaca aturan pemakaian obat Omeprazole yang tertera pada kemasan, jangan menggunakan Omeprazole dalam jangka waktu lebih dari 28 hari.
2. Konsumsi Omeprazole sebelum makan untuk mendapatkan hasil pengobatan yang lebih maksimal
3. Jangan mengunyah Omeprazole, minum dengan air, dan jika Anda sulit menelan obat maka konsumsilah Omeprazole dalam bentuk obat larut ataupun minta suntikan Omeprazole kepada dokter Anda.
4. Selalu patuhi dosis yang diberikan oleh dokter dan jangan menggandakan dosis bila ada yang terlewat.
5. Jika Anda mengkonsumsi Omeprazole, maka hindari alkohol, kopi, daun mint, tomat dan juga cokelat agar tidak mengurangi keefektifan Omeprazole ini.
6. Hindari merokok supaya produksi asam lambung kemabli normal.

Efek Samping Obat Omeprazole

Setiap obat pasti memiliki efek samping masing - masing, begitu juga Omeprazole juga memiliki efek samping seperti di bawah ini.
1. Sakit kepala setelah mengkonsumsi Omeprazole
2. Sakit perut, diare dan konstipasi
3. Nyeri pada sendi dan kram otot
4. Berkurangnya nafsu makan
5. Sakit pada tenggorokan

Itulah berbagai macam informasi tentang salah satu jenis obat yang dapat mengatasi asam lambung yaitu Omeprazole. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top