Nystatin - Peringatan Bahaya Efek Samping Overdosis dan Manfaatnya

Nystatin - Jamur merupakan organisme yang menyukai tempat yang lembap. Jamur juga dapat menginfeksi atau tumbuh di tubuh manusia. Jamur dapat tumbuh pada bagian tubuh seperti V4g1n4, mulut, tenggorokan, kuku, dan kulit. Infeksi jamur biasanya akan menyebabkan rasa gatal.

Nystatin - Peringatan Bahaya Efek Samping Overdosis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Anak Anak dan Orang Dewasa

Jamur sangat banyak jenisnya, mulai yang hidup di tanah hingga jamur yang tumbuh dan berkembang di tubuh manusia. Salah satu jamur yang seringkali tumbuh di tubuh manusia adalah jamur Candida. Jmaur Candida dapat tumbuh karena berbagai penyebab diantaranya :
1. Menderita anemia
2. Menderita diabetes
3. Kebiasaan merokok
4. Efek samping beberapa jenis antibiotik dan obat isap corticosteroid
5. Pemakaian gigi palsu

Jamur Candida yang tumbuh di tubuh manusia bisa dibasmi dengan sebuah obat bernama Nystatin. Obat Nystatin ada dalam dua bentuk yaitu obat oles dan obat cair. Penggunaannya pun berbeda, Nystatin oles untuk membasmi jamur candida yang tumbuh di kulit. Sedangkan Nystatin cair digunakan untuk mengatasi tumbuhnya jamur Candida pada mulut dan tenggorokan.

Nystatin merupakan salah satu obat yang termasuk obat anti jamur. Untuk bisa memperoleh Nystatin, Anda harus memiliki resep dokter karena Nystatin tidak diperjualbelikan secara bebas. Nystatin bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur yang menyerang tubuh kita. Nystatin ada dalam beberapa bentuk diantaranya obat oles dan obat cair yang aman digunakan oleh anak - anak hingga orang dewasa.

Peringatan sebelum menggunakan Nystatin

1. Sebelum Anda mulai menggunakan Nystatin sebaiknya konsultasikan kepada dokter, terutama bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui.
2. Nystatin memiliki kandungan yang berbeda sesuai dengan bagian tubuh yang akan diobati, penting untuk membaca dan mengetahui aturan pakai yang tertera pada kemasan Nystatin.
3. Segera temui dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Nystatin.

Dosis Nystatin

Dalam penentuan dosis, dokter akan mempertimbangkan seberapa parah infeksi yang dialami oleh pasien. Untuk menangani infeksi jamur pada V4g1n4, dokter akan memberikan dosis Nystatin sekitar 100.000 hingga 200.000 unit per hari.
Untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit, Nystatin sebaiknya diteteskan sebanyak 1 ml dua kali sehari.
Dan untuk mengatasi infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan, Nystatin diteteskan 4 kali dalam sehari sebanyak 1 ml.

Cara yang benar dalam menggunakan Nystatin

1. Sebelum Anda menggunakan Nystatin, perhatikan anjuran dokter dan juga aturan pakai yang tertera pada kemasan.
2. Gunakan Nystatin pada jam yang sama setiap hari supaya Nystatin dapat bekerja maksimal membasmi jamur yang menginfeksi tubuh kita.
3. Dalam menggunakan Nystatin cair, kocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Dan setelah Anda menggunakan Nystatin, jangan makan atau minum 30 menit setelah menggunakan Nystatin.
4. Untuk mencegah infeksi jamur yang Anda derita kambuh kembali, habiskan seluruh dosis yang diberikan oleh dokter meskipun gejala yang Anda alami sudah mulai membaik.
5. Bagi Anda yang terinfeksi jamur karena penggunaan gigi palsu, rendam gigi palsu Anda ke dalam cairan Nystatin, lepaskan gigi palsu pada malam hari dan cuci gigi palsu terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
6. Jika Anda tidak sengaja melewatkan dosis Nystatin, jangan menggandakan dosis Nystatin. Segera lengkapi dosis yang terlewat jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.
7. Sebelum Anda mulai menggunakan Nystatin oles, cuci bersih area yang akan diobati, kemudian cuci tangan Anda setelah menggunakan Nystatin.
8. Pembalutan area yang diobati dengan Nystatin dapat menimbulkan iritasi, oleh karena itu area yang diobati dengan Nystatin sebaiknya tidak dibalut atau dibalut tapi tidak terlalu ketat.

Efek Samping Nystatin

Berikut ini adalah gejala - gejala yang muncul setelah Anda menggunakan Nystatin.
1. Kulit berwarna kemerahan dan iritasi
2. Diare
3. Sakit perut
4. Mual dan muntah
5. Iritasi pada mulut

Itulah artikel yang membahas tentang obat antijamur Nystatin. Semoga artikel yang Anda baca kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top