Nifedipine - Peringatan Efek Samping Over Dosis Dan Manfaatnya Bagi Pasien

Nifedipine - Setelah sebelumnya kita membahas sebuah obat bernama valsartan, kini kita akan membahas tentang Nifedipine. Tahukah Anda apa itu Nifedipine? Nifedipine ini memiliki fungsi yang sama seperti valsartan, yaitu mengatasi gangguan dan masalah yang berkaitan dengan pembuluh darah dan tentunya alat pemompa darah, yaitu jantung. Nifedipine baik digunakan untuk mencegah terjadinya angina atau angin duduk, fenomena Raynaud dan mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Nifedipine - Peringatan Efek Samping Over Dosis Dan Manfaatnya Bagi Pasien

Bagaimana cara Nifedipine mengatasi berbagai gangguan tersebut? Nifedipine dapat mengendurkan pembuluh darah dan meringankan kerja jantung. Pertama, Nifedipine akan bereaksi untuk mengurangi aliran kalsium munuju jantung, dengan begitu maka tekanan di dalam jantung akan berkurang, dan aliran darah menjadi lebih lancar. Sehingga kasus seperti hipertensi dan angina atau angin duduk dapat segera teratasi.

Nifedipine termasuk ke dalam jenis obat penghambat kalsium. Dalam peredarannya di masyarakat, Nifedipine tidak bisa didapatkan secara bebas, untuk bisa memperoleh Nifedipine, Anda harus memiliki resep dari dokter. Ya, bisa dikatakan bahwa Nifedipine merupakan obat resep. Nifedipine tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet yang hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa. Nifedipine dalam dunia medis digunakan untuk mencegah angina, mengatasi fenomena Raynaud dan hipertensi atau tekanandarah tinggi.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Nifedipine

1. Mematuhi ajuran dari dokter merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mengkonsumsi Nifedipine, terutama bagi ibu yang menyusui ataupun sedang dalam masa kehamilan.
2. Bagi Anda yang mengalami gangguan pada organ hati atau mengalami diabetes sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Nifedipine.
3. Sedangkan bagi Anda yang mengalami masalah kardiovaskular selain angina dan hipertensi sebaiknya waspada dalam mengkonsumsi Nifedipine.
4. Untuk menghindari hal - hal buruk yang mungkin terjadi, sebaiknya hindari konsumsi jus anggur selama Anda mengkonsumsi Nifedipine.
5. Segera temui dokter jika Anda mengalami overdosis ataupun alergi setelah  mengkonsumsi Nifedipine.

Dosis Nifedipine

Pemberian dosis Nifedipine akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan penyakit yang diderita serta respon tubuh pasien terhadap Nifedipine. Dosis maksimal dari Nifedipine adalah 60 mg per hari. Sedangkan dosis Nifedipine yang rata - rata diberikan oleh dokter kepada pasiennya adalah 5 mg hingga 20 mg yang dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Nifedipine

1. Nifedipine aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan. Jangan lupa untuk mengikuti anjuran dokter serta aturan pakai yang tertera pada kemasan Nifedipine dalam mengkonsumsi obat ini.
2. Tidak disarankan untuk menggigit, menguyah atau menghancurkan tablet maupun kapsul Nifedipine untuk menghindari efek samping, sebaiknya konsumsi Nifedipine dengan bantuan air putih.
3. Beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Nifedipine sebelum Anda menjalani penanganan medis dalam bentuk apapun agar dokter bisa menentukan langkah - langkah yang tepat untuk Anda.
4. Keefektifan Nifedipine dapat berkurang bila Anda mengkonsumsinya bersamaan dengan obat anti inflamasi, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda melakukan hal ini.
5. Tidak disarankan untuk menghentikan konsumsi Nifedipine secara tiba - tiba karena dapat meningkatkan resiko gejala muncul kembali, konsultasikan kepada dokter jika Anda ingin menghentikan konsumsi Nifedipine.
6. Bagi Anda penderita diabetes yang mengkonsumsi Nifedipine, periksakan kadar gula darah Anda secara teratur karena konsumsi Nifedipine dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah.
7. Guna meminimalisir efek samping dari Nifedipine, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol selama Anda mengkonsumsi Nifedipine.
8. Jika Anda tidak sengaja melewatkan dosis Nifedipine, jangan menggandakan dosis Nifedipine dengan maksud menggantikan dosis yang terlewat. Konsumsi segera Nifedipine saat Anda teringat bila jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek Samping Nifedipine

Beberapa gejala di bawah ini merupakan hal yang umum terjadi setelah Anda mengkonsumsi Nifedipine. Jika Anda mengalami gejala yang dirasa aneh yang membuat Anda tidak nyaman, segera hubungi dokter.
1. Otot terasa kram atau kaku
2. Tangan dan kaki mengalami kesemutan dan gemetar
3. Meningkatnya detak jantung
4. Batuk dan susah bernapas
5. Pusing
6. Mudah lelah
7. Kaki mengalami pembengkakan
8. Gangguan pencernaan seperti mual, konstipasi dan kembung

Itulah informasi paling lengkap mengenai Nifedipine. Semoga artikel yang saya tulis kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top