Natrium Bikarbonat - Efek Samping Dosis dan Manfaatnya Untuk Gangguan Asam Lambung

Natrium Bikarbonat - Secara alami, lambung memproduksi suatu asam yang dinamakan asam lambung. Asam lambung ini berfungsi untuk melumat makanan dan membunuh kuman - kuman yang menempel pada makanan yang kita makan.

Natrium Bikarbonat - Efek Samping Dosis dan Manfaatnya Untuk Gangguan Asam Lambung

Namun tidak selamanya produksi asam di dalam lambung berjalan normal, terkadang asam lambung ini diproduksi secara berlebihan dan menyebabkan seseorang mengalami nyeri pada perut sevbelah kiri atas. Gangguan yang berkaitan dengan asam lambung diantaranya nyeri ulu hati, maag, dan dispepsia.

Ada sebuah obat yang dadat digunakan untuk mengatasi kasus gangguan produksi asam lambung yaitu Natrium Bikarbonat. Natrium Bikarbonat merupakan obat dari golongan atasida, dalam mengkonsumsi Natrium Bikarbonat, pasien harus menggunakan resep dokter.

Natrium Bikarbonat bermanfaat untuk mengendalikan produksi asam di dalam lambung sehingga dapat stabil kembali. Natrium Bikarbonat hanya boleh dikonsumsi oleh anak - anak di atas 12 tahun dan orang dewasa. Hingga saat ini, Natrium Bikarbonat hanya tersedia dalam bentuk bubuk.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Natrium Bikarbonat

1. Natrium Bikarbonat merupakan obat resep, jadi Anda harus mengkonsumsi Natrium Bikarbonat sesuai dengan anjuran dokter. Terutama bagi ibu hamil.
2. Sedangkan bagi wanita yang sedang dalam masa menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Natrium Bikarbonat karena dapat membahayakan bagi bayi yang disusui.
3. Durasi maksimal pengobatan dengan Natrium Bikarbonat adalah 14 hari, konsultasikan kepada dokter jika Anda sudah menjalani pengobatan selama 14 hari namun gejala yang Anda alami tidak kunjung reda.
4. Bagi Anda yang memiliki kadar sodium tinggi, menderita penyakit usus buntu, hipertensi, gangguan saluran kemih, gangguan hati, ginjal, edema serta penyakit jantung sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Natrium Bikarbonat.
5. Segera temui dokter bila Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Natrium Bikarbonat.

Dosis Natrium Bikarbonat

Dalam pemberian dosis Natrium Bikarbonat, dokter akan mempertimbangkan kondisi kesehatan Anda, jenis gangguan yang Anda alami serta respon tubuh Anda setelah mengkonsumsi Natrium Bikarbonat. Oleh karena itu, dosis Natrium Bikarbonat yang diberikan kepada pasien berbeda - beda.
Dosis yang umumnya dianjurkan adalah 1 mg - 5 mg bubuk Natrium Bikarbonat yang dikonsumsi 4 - 6 jam sekali.

Cara yang baik dan benar dalam mengkonsumsi Natrium Bikarbonat

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Natrium Bikarbonat, baca aturan pakai yang tertera pada kemasan Natrium Bikarbonat dan patuhi anjuran yang disampaikan oleh dokter.
2. Cara yang benar dalam mengkonsumsi Natrium Bikarbonat adalah mencampurkannya dengan segelas air. Jangan mengkonsumsi Natrium Bikarbonat yang kemasannya telah dibuka lebih dari 1 bulan.
3. Jika Anda mengkonsumsi obat selain Natrium Bikarbonat, sebaiknya konsumsi obat tersebut dua jam setelah Anda mengkonsumsi Natrium Bikarbonat.
4. Mengkonsumsi Natrium Bikarbonat bersamaan dengan susu atau produk olahan susu dapat emngurangi efektivitas Natrium Bikarbonat.
5. Ibu hamil yang mengkonsumsi Natrium Bikarbonat sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara rutin karena konsumsi Natrium Bikarbonat dapat mempengaruhi tekanan darah.

Efek Samping Natrium Bikarbonat

Berikut ini adalah efek samping dari Natrium Bikarbonat.
1. Perut kram
2. Kembung
Jika Anda mengalami alergi, hentikan konsumsi Natrium Bikarbonat dan segera temui dokter.

Sekian informasi seputar Natrium Bikarbonat yang merupakan salah satu obat dari golongan antasida. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top