Metformin Obat Diabetes - Peringatan Aturan Pakai Dosis dan Efek Sampingnya

Metformin - Orang yang menderita diabetes khususnya diabetes tipe 2 adalah orang yang tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh. Mereka akan memiliki kadar gula dalam darah yang sangat tinggi. Sehingga diperlukan asupan obat yang mampu menurunkan kadar gula darah etrsebut serta membabtu tubuh memproduksi insulin yang dibutuhkan.

Metformin Obat Diabetes - Peringatan Aturan Pakai Dosis dan Efek Sampingnya Bagi Anak Anak dan Orang Dewasa

Obat diabetes yang biasanya diresepkan dokter bagi penderita diabetes tipe 2 adalah Metformin.Metformin dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan menurunkan kadar gula dalam darah. Namun diabetes tak semata - mata bisa disembuhkan dengan Metformin, diperlukan juga olahraga dan juga pola hidup sehat.

Metformin termasuk dalam jenis obat antidiabetes bibguanide. Metformin termasuk juga dalam golongan obat resep alias tidak dijual secara bebas. Metformin dapat menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes tipe 2. Metformin dapat dikonsumsi oleh anak - anak dengan usia di atas 10 tahun dan juga orang dewasa. Metformin dijual dalam berbagai bentuk diantaranya bubuk, sirup dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Metformin

1. Sesuaikan konsumsi Metformin dengan anjuran dari dokter terutama jika yang mengkonsumsi Metformin adalah wanita hamil dan juga anak - anak.
2. Metformin relatif aman bagi ibu hamil namun berbahaya bagi ibu yang menyusui, Metformin yang tercampur dalam ASI dapat membahayakan bayi.
3. Bagi Anda yang mengalami anemia, asma, dehindrasi, muntah, diare, gangguan ginjal serta gangguan hati sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Metformin.
4. Agar dokter bisa memantau kadar gula darah yang ada dalam tubuh Anda, sebaiknya periksakan diri Anda secara rutin ke dokter selama masa pengobatan menggunakan Metformin ini.
5. Metformin dapat berinteraksi dengan alkohol dan dapat berbahaya bagi tubuh kita, oleh karena itu hindari minuman atau makanan yang mengandung alkohol selama mengkonsumsi Metformin.
6. Mintalah petunjuk dokter jika Anda merasa ingin berhenti mengkonsumsi Metformin.
7. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi setelah mengkonsumsi Metformin.

Dosis Metformin

Metformin dapat dikonsumsi dengan dosis paling tinggi adalah 1000 mg 3 kali dalam sehari. Biasanya dokter akan memberikan dosis Metformin kepada pasien sebanyak 500 - 850 mg untuk dibagi dalam 1 hingga 3 kali konsumsi setiap harinya. 10 sampai 15 hari kemudian, dokter akan memeriksa kadar gula dalamdarah Anda kemudian akan mengganti dosisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.
Dosis Metformin yang diberikan dokter kepada pasiennya akan berbeda - beda. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal diantaranya seberapa parah diabetes yang dialami oleh pasien, resopn tubuh pasien terhadap Metformin, dan juga riwayat kesehatan pasien.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Metformin

1. Sebelum Anda mengkonsumsi Metformin, perhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan Metformin dan juga ikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter.
2. Konsumsi Metformin setelah makan.
3. Selama Anda dalam masa pengobatan menggunakan Metformin, hindarilah minuman beralkohol.
4. Untuk memaksimalkan kinerja Metformin dalam tubuh kita, olahraga secara teratur dan menjaga pola makan sehat adalah kuncinya.
5. Jangan mengunyah tablet Metformin, telan secara untuh menggunakan segelas air putih maupun bersama makanan. Jika Anda mengkonsumsi Metformin dengan bentuk bubuk, telah bubuk Metformin tersebut dengan air minimal 150 ml.
6. Supaya efek sari Metformin lebih maksimal berkerja pada tubuh Anda, konsumsilah Metformin dalam jam yang sama setiap hari secara teratur.
7. Untuk menghindari terjadinya over dosis, jangan menggandakan dosis Metformin jika Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosisnya, konsumsi Metformin sesegera mungkin setelah teringat jika dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping yang ditimbulkan oleh Metformin

Metformin merupakan obat yang mampu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh kita supaya kadar gula dalam darah kita tidak berlebihan. Meskipun obat ini memiliki tujuan yang baik, namun Metformin juga memiliki efek samping seperti obat pada umunya, berikut ini adalah efek samping dari Metformin.
1. Rasa kantuk dan lemas
2. Kram dan nyeri pada otot
3. Suara menjadi serak dan batuk
4. Sakit perut
5. Mulut merasakan rasa seperti logam
6. Nafsu makan berkurang
7. Muntah dan mual

Itulah semua informasi yang sangat lengkap seputar Metformin dan segala informasi tentang obat diabetes tipe 2 itu. Jaga selalu pola hidup sehat dan rutin berolahraga akan membuat Anda memilki hidup yang lebih berkualitas. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top