Losartan Obat Hipertensi - Dosis Dan Efek Samping Bagi Penderita Darah Tinggi

6:14 AM
Losartan - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan dimana darah Memiliki tekanan yang lebih tinggi dari normal. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan maka penderitanya akan mengalami gejala - gejala yang lebih parah. Misalnya pecah pembuluh darah, stroke dan serangan jantung. Seringkali penderita tekanan darah tinggi tidak menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memantau tekanan darah Anda.
Losartan Potasium 100mg Obat Hipertensi - Dosis Dan Efek Samping Bagi Penderita Darah Tinggi

Losartan merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk menangani kasus tekanan darah tinggi. Cara kerja dari Losartan adalah melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih lancar dan tekanan darah pun perlahan turun menjadi normal kembali.

Losartan berasal dari kelompok obat antagonis angiotensin II. Losartan merupakan obat resep sehingga tidak dapat didapatkan atau dikonsumsi secara bebas. Fungsi utama dari Losartan adalah menangani hipertensi. Fungsi lain dari Losartan adalah mengatasi edema dan gagal jantung serta mengatasi gangguan ginjal akibat diabetes tipe 2. Losartan tersedia dalam bentuk tablet yang aman dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Losartan

1. Losartan dapat membahayakan bagi bayi dan janin, sehingga wanita yang sedang hamil atau menyusui dianjurkan untuk tidak mengonsumsi Losartan.
2. Kadar potasium dalam tubuh harus dikendalikan selama Anda mengonsumsi Losartan, oleh karena itu hentikan konsumsi suplemen atau pengganti garam yang mengandung potasium.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan sirkulasi janutng, penyempitan pembuluh darah, gangguan otot jantung, gangguan hati dan dehidrasi harus berhati - hati dalam mengonsumsi Losartan.
4. Apabila Anda akan mengonsumsi obat lain bersamaan dengan konsumsi Losartan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
5. Segera hubungi atau temui dokter jika Anda mengalami alergi atau over dosis setelah Anda mengonsumsi Losartan.

Dosis Losartan

Dosis maksimal Losartan yang boleh dikonsumsi oleh pasien adalah 25 mg per hari. Sedangkan dosis umum dari Losartan pada awal pengobatan adalah 12,5 mg per hari yang akan ditingkatkan seiring dengan waktu pengobatan.

Cara yang Benar Dalam Mengonsumsi Losartan

1. Konsumsi Losartan sesuai dengan dosis yang ditentukan oleh dokter, jangan lupa juga untuk membaca aturan pakai yang ada pada kemasan Losartan.
2. Konsumsi Losartan pada jam yang sama setiap hari supaya Losartan dapat bekerja lebih efektif.
3. Jalani gaya hidup sehat dan seimbang untuk membatu menurunkan tekanan darah. Hindari juga merokok dan mengonsumsi minumal keras.
4. Untuk memantau perkembangan kondisi tubuh Anda selama mengonsumsi Losartan, sebaiknya periksakan diri secara teratur.
5. Beritahu dokter bahwa Anda mengonsumsi Losartan sebelum menjalani penanganan medis dalam bentuk apapun.
6. Jangan menggandakan dosis Losartan jika Anda tidak sengaja melupakannya. Konsumsi Losartan segera jika masih ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.

Efek Samping Losartan

Berikut ini beberapa gejala setelah sesrorang mengonsumsi Losartan.
1. Perubahan kadar potasium dalam darah
2. Mudah lelah
3. Pusing saat bangkit dari duduk
Jika Anda merasakan gejala yang tidak wajar, segera hubungi dokter.

Semoga informasi mengenai Losartan yang saya sajikan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top