Lincomycin - Manfaat, Efek Samping, Peringatan Dosis dan Cara Memakainya

Lincomycin - Pneumonia, merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan manusia. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah selulitis. Untuk menangani penyakit yang disebabkan oleh bakteri, dokter biasanya akan menganjurkan antibiotik jenis penisilin. Namun tidak semua orang dapat mengkonsumsi penisilin. Sebagian orang alergi terhadap penisilin.

Lincomycin - Manfaat Efek Samping Peringatan Dosis dan Cara Memakainya Untuk Anak Anak dan Orang Dewasa

Bagi mereka yang alergi penisilin, ada alternatif lain yaitu Lincomycin. Lincomycin merupakan antibitoik yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Lincomycin dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak - anak. Lincomycin tersedia dalam bentuk sirup dan kapsul. Seperti yang telah saya sebutkan, Lincomycin berfungsi untuk menyembuhkan penyakit  yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Lincomycin

1. Berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi Lincomycin menjadi hal yang wajib dilakukan terutama bagi wanita yang sedang menyusui, hamil atau merencanakan kehamilan.
2. Supaya infeksi yang diderita oleh pasien tidak kambuh kembali, Lincomycin harus dihabiskan meski kondisi pasien sudah mulai membaik.
3. Bagi Anda yang menderita asma, kolitis, gangguan ginjal serta gangguan hati juga harus berhati - hati dalam mengkonsumsi Lincomycin.
4. Beritahu dokter bila Anda mengkonsumsi Lincomycin sebelum Anda menjalani penanganan medis atau sebelum Anda diberi obat selain Lincomycin.
5. Segera hubungi dokter bila Anda mengalami over dosis atau alergi terhadap Lincomycin.

Dosis Lincomycin yang disarankan oleh dokter

Biasanya, dokter akan menganjurkan dosis Lincomycin bagi pasien yang telah dewasa sebanyak 500 mg yang dapat dikonsumsi menjadi beberapa bagian dalam sehari. Lamanya proses pengobatan Lincomycin akan ditentukan oleh dokter.
Pemberian dosis Lincomycin juga akan berbeda pada setiap pasien, hal ini didasarkan pada kondisi kesehatan pasien,ngkat keparahan infeksi yang diderita serta respon tubuh pasien terhadap Lincomycin. Khusus bagi anak - anak, dosis sangat bergantung pada berat badannya.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Lincomycin

1. Pahami anjuran dokter dan baca informasi pada kemasan sebelum Anda mulai mengkonsumsi Lincomycin.
2. Konsumsi Lincomycin pada satu atau dua jam sebelum Anda makan, konsumsi Lincomycin dengan bantuan air putih. Hal ini dilakukan karena Lincomycin lebih mudah dicerna bila perut kita dalam keadaan kosong.
3. Supaya Lincomycin dapat bekerja secara maksimal di dalam tubuh pasien, sebaiknya Lincomycin dikonsumsi pada jam yang sama secara teratur.
4. Bila Anda tidak sengaja melewatkan salahs atu dosis Lincomycin, jangan menggandakan dosis dengan maksud menggantikan. Sebaiknya konsumsi dosis Lincomycin yang terlewat segera bila jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek Samping Lincomycin

Berikut ini adalah beberapa reaksi tubuh yang kemungkinan besar terjadi setelah Anda mengkonsumsi Lincomycin. Jika Anda tidak mengalami hal seperti di bawah ini, Anda tidak perlu khawatir. Namun jika Anda mengalami reaksi yang sangat mengganggu, Anda harus segera menghubungi dokter.
1. Urtikaria atau biduran
2. Vaginitis
3. Kulit gatal dan timbul ruam
4. Pusing
5. Diare

Itulah informasi yang paling lengkap tentang antibiotik Lincomycin. Semoga dapat menjadi refernsi bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top