Levofloxacin Antibiotik - Peringatan Cara Memakai Dosis dan Efek Sampingnya

Levofloxacin - Datangnya bakteri dalam tubuh kita dapat membawa pengaruh yang baik maupun buruk. Efek buruk datangnya bekteri ke tubuh kita adalah timbulnya infeksi. Ada beberapa infeksi dalam tubuh kita yang disebabkan oleh adanya bakteri diantaranya infeksi prostat, jaringan lunak, kulit, penyakit sinusistis, pneumonia dan infeks saluran kemih.
Levofloxacin Antibiotik - Peringatan Cara Memakai Dosis dan Efek Sampingnya

Infeksi - infeksi seperti di atas dapat ditangani dengan salah satu antibiotik yaitu Levofloxacin. Levofloxacin berfungsi mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi dengan menghambat duplikasi DNA bakteri tersebut.

Levofloxacin termasuk dalam jenis obat antibiotik quinolone yang termasuk juga ke dalam golongan obat resep. Levofloxacin dapat mengatasi infeksi akibat bakteri seperti infeksi prostat, kulit, sinusitis, bronkitis, pneumonia, dan infeksi saluran kemih. Levofloxacin tersedia dalam bentuk tablet saja dan dapat dikonsumsi oleh anak - anak dan orang dewasa.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Levofloxacin

1. Levofloxacin bisa berbahaya bagi bayi, oleh karena itu tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi Levofloxacin.
2. Jika pasien akan mengkonsumsi Levofloxacin dan usianya belum 18 tahun, sebaiknya tanyakan dosis yang tepat kepada dokter.
3. Jika Anda mengalami tendonitis, myasthenia gravis, defisiensi glucose 6 - phosphate dehydrogenase, gangguan jantung, epilepsi atau ayan, gangguan mental, penyakit ginjal dan menderita diabetes sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Levofloxacin.
4. Segera temui dokter jika Anda mengalami over dosis dan juga alergi terhadap Levofloxacin.

Dosis Levofloxacin yang diberikan kepada pasien

Pemberian dosis Levofloxacin dipertimbangkan berdasarkan keparahan infeksi, kondisi tubuh pasien dan berat badan bagi pasien di bawah 18 tahun. Umumnya dokter akan memeberikan dosis rata - rata 250 - 1000 mg per hari. Freskuensi paling umum dalam mengkonsumsi Levofloxacin adalah 3 hari sampai 2 minggu.

Cara mengkonsumsi Levofloxacin dengan benar

1. Levofloxacin dapat dikonsumsi setelah maupun sebelum makan. Selalu patuhi anjuran dokter adalam mengkonsumsi Levofloxacin.
2. Levofloxacin sebaiknya dikonsumsi dengan jarak minimal 12 jam antar dosis, namun jika Anda direspkan untuk mengkonsumsi Levofloxacin sekali sehari, konsumsilah Levofloxacin pada pagi hari.
3. Supaya efek sari Levofloxacin maksimal, konsumsi Levofloxacin pada jam yang sama setiap hari.
4. Jangan menhancurkan atau mengunyah Levofloxacin, jika Anda kesulitan menelan Levofloxacin belahlah menjadi dua bagian.
5. Jangan menggandakan dosis Levofloxacin jika Anda lupa mengkonsumsi salah satu dosis Levofloxacin. Konsumsi Levofloxacin segera begitu Anda teringat jika dosis berikutnya tidak terlalu dekat.
6. Gunakanlah sunblock saat Anda beraktivitas di luar rumah karena Levofloxacin dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif.
7. Konsumsi suplemen zinc dapat menghambat penyerapan Levofloxacin, oleh karena itu konsumsilah suplemen zinc dua jam sebelum mengkonsumsi Levofloxacin.
8. Supaya infeksi yang Anda derita tidak kambuh kembali, habiskan sisa obat yang diresepkan oleh dokter. Jika sakit berkanjut hubungi dokter.

Efek Samping Levofloxacin

1. Mual
2. Diare
3. Sakit kepala dan pusing
4. Insomnia

Semoga informasi Levofloxacin yang saya sajikan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top