Lansoprazole Obat Sakit Maag Lambung - Dosis Dan Efek Sampingnya

Lansoprazole - Penyakit maag dan tukak lambung adalah bua jenis penyakit yang disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung yang tidak terkendali. Akibat naiknya asam lambung maka Anda akan merasakan beberapa gejala diantaranya batuk yang berkepanjangan, kesulitan menelan, dan nyeri pada ulu hati. Penyakit seperti itu dapat diatasi dengan sebuah obat bernama Lansoprazole

Lansoprazole Obat Sakit Maag Lambung - Dosis Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan Dewasa dan Anak Anak

Lansoprazole termasuk ke dalam obat jenis proton pump inhibitor. Lansoprazole mampu mengatasi penyakit - penyakit i atas karena Lansoprazole bekerja dengan cara menghambat produksi asam lambung yang belebihan. Lambung menghasilkan semacam cairan yang berfungsi melindungi dinding lambung dari iritasi akibat asam labung.

Untuk bisa mendapatkan Lansoprazole di apotek, Anda harus memiliki resep dari dokter. Lansoprazole tersedia dalam bentuk obat larut dan kapsul. Obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Dispepsia, sindrom Zollinger Ellison, infeksi Helicobacter pylori, penyakit asam lambung, tukak duodenum dan tukak lambung dapat diatasi oleh Lansoprazole.

Peringatan Lansoprazole

1. Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, sedang dalam masa kehamilan dan juga sedang dalam masa menyusui maka sebaiknya hindari konsumsi Lansoprazole karena dapat menyebabkan hal - hal yang tidak diinginkan.
2. Bagi Anda yang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis dan juga dalam golongan lansia, sebaiknya tidak mengkonsumsi Lansoprazole dalam jangka waktu lama dengan dosis tinggi karena dapat meningkatkan risiko retak tulang.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan hati sebaiknya selalu berhati - hati dalam mengkonsumsi Lansoprazole.
4. Segera hubungi dolter apabila Anda mengalami tanda - tanda overdosis dan alergi.

Dosis Lansoprazole

15 mg hingga 60 mg setiap harinya adalah dosis paling umum yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya. Dosis itu bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kondisi kesehatan pasien, usia pasien, dan juga faktor lainnya.

Mengkonsumsi Lansoprazole dengan benar

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara mengkonsumsi Lansoprazole dengan cara yang benar. Beberapa hal di bawah ini adalah jawabannya.
1. Konsumsi kapsul Lansoprazole dengan utuh, tidak dianjurkan untuk mengunyah, menghancurkan dan membuka kapsul.
2. Selalu patuhi anjuran yang diberikan oleh dokter atau yang tertera pada kemasan Lansoprazole.
3. Supaya Lansoprazole diserap oleh tubuh dengan baik, sebaiknya dikonsumsi sebelum makan.
4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi Lansoprazole pada jam yang sama setiap hari dan pastikan ada jarak diantara dosis yang satu dengan dosis lainnya.
5. Antasida dapat menghambat penyerapan Lansoprazole pada tubuh, oleh karena itu jika Anda ingin mengkonsumsi antasida tunggulah dua jam setelah mengkonsumsi Lansoprazole.
6. Jangan menggandakan dosis Lansoprazole jika Anda lupa mengkonsumsinya. Jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat, maka segera konsumsi Lansoprazole yang dosisnya terlewat.

Efek samping Lansoprazole

Saat kita mengkonsumsi Lansoprazole maka akan muncul beberapa efek samping yang biasa. Jika efek samping yang Anda alami berlangsung terus menerus dan mengganggu maka Anda harus meghubungi dokter dengan segera.

Berikut ini adalah efek samping dari Lansoprazole.
1. Menurunnya kadar zat besi dalam darah
2. Pusing dan sakit kepala
3. Konstipasi
4. Kembung, mual dan sakit perut
5. Diare

Itulah beberapa informasi mengenai Lansoprazole yaang dapat saya sampaikan. Semoga informasi seputar Lansoprazole ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top