Kina Obat Malaria - Peringatan Dosis Aturan Pakai dan Efek Sampingnya

7:09 PM
Kina - Malaria merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk yang berbahaya. Sama halnya dengan demam berdarah, malaria juga sering menjadi penyebab kematian seseorang. Gigitan nyamuk yang mengandung bakteri  Plasmodium falciparum inilah yang sebenarnya menjadi penyebab seseorang terinfeksi malaria.


Kina adalah salah satu obat yang dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit malaria atau obat antimalaria. Dalam penggunaannya, Kina harus dikonsumsi dengan resep dokter. Selain dapat menyembuhkan malaria, ternyata Kina juga memiliki manfaat lain yaitu meredakan kram pada kaki. Kina dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Hingga saat ini, Kina baru tersedia dalam bentuk tablet.

Cara kerja Kina dalam menangani penyakit malaria adalah menghambat pertumbuhan bakteri penyebab malaria. Dan juga membunuh bakteri parasit tersebut sehingga penderita malaria dapat segera sembuh.

Peringatan Sebelum Mengkonsumsi Kina

1. Konsultasikan kepada dokter sebelum Anda mulai mengkonsumsi Kina terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Agar kesembuhan pasien maksimal dan mencegah malaria kembali kambuh, sebaiknya pasien menghabiskan seluruh dosis Kina yang diberikan oleh dokter.
3. Jika Anda telah mengkonsumsi Kina selama satu bulan namun tidak ada perubahan, maka hentikan konsumsi Kina.
4. Anda yang menderita diabetes, myastenia gravis, kencing darah, gangguan jantung, hati, ginjal, mata dan telinga sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Kina.
5. Efek samping Kina diantaranya gangguan penglihatan dan vertigo, oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat setelah Anda mengkonsumsi Kina.
6. Sebelum Anda mendapatkan penanganan medis dalam bentuk apapun, sebaiknya katakan kepada dokter bahwa Anda mengkonsumsi Kina.
7. Selama Anda mengkonsumsi Kina, hidnari konsumsi minuman keras atau beralkohol.
8. Segera hubungi atau temui dokter jika Anda mengalami over dosis ataupun alergi.

Dosis Kina

Berikut ini dosis Kina untuk mengatasi penyakit malaria dan gangguan kram pada kaki
1. Bagi pasien anak - anak di bawah 11 tahun, Kina dikonsumsi sebanyak 10 mg per kg berat badan. Kina dikonsumsi 3 kali sehari. Proses pengobatannya berlangsung selama 1 minggu.
2. Bagi pasien dewasa, Kina dikonsumsi sebanyak 600 mg. Kina dikonsumsi 3 kali sehari dan durasi pengobatannya 7 hingga 10 hari.
3. Dosis Kina untuk mengatasi gangguan kram kaki pada malam hari adalah 300 mg yang dikonsumsi sebelum tidur. Hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa untuk pengobatan kram.
Dosis Kina yang diberikan kepada tiap pasien pasti akan berbeda tergantung sebarapa parah penyakit yang diderita, jenis penyakiynya, kondisi kesehatan, dan berat badan.

Cara yang Benar Dalam Mengkonsumsi Kina

1. Baca aturan pakai pada kemasan dan pahami anjuran dokter sebelum Anda mengkonsumsi Kina.
2. Berasabarlah menunggu kesembuhan dalam mengobati kram kaki Anda karena efek dari Kina baru terasa setelah pengobatan berjalan selama satu bulan.
3. Supaya efek Kina dapat bekerja dengan maksimal, konsumsi Kina pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
4. Jika Anda lupa mengkonsumsi dosis Kina, jangan menggandakan dengan dosis berikutnya. Segera konsumsi dosis Kina yang terlewat begitu Anda teringat.

Efek Samping Kina

Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya dialami pasien setelah mengkonsumsi Kina.
1. Lebih sensitif terhadap cahaya
2. Lemas pada otot
3. Linglung
4. Gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan muntah
5. Vertigo
6. Gangguan mata dan pendengaran

Itulah beberapa informasi seputar Kina yang dapat Anda pahami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top