Ketoprofen Obat Anti Inflamasi - Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya

Ketoprofen - Keseleo, merupakan gangguan otot yang seringkali kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Bahkan kita sendiri pun pernah mengalaminya. Tahukan Anda apa yang menyebabkan keseleo? Dalam dunia medis, keseleo disebut otot tegang. Keseleo merupakan sebuah bentuk cedera, dan rasa sakit yang kita rasakan berasal dari enzim yang bernama cyclo-oxygenase (COX). Untuk mengatasi rasa sakit yang diakibatkan oleh keseleo adalah Ketoprofen.

Ketoprofen Obat Anti Inflamasi - Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya Untuk Meredakan Nyeri

Cara kerja Ketoprofen adalah dengan menghambat enzim COX yang menyebabkan rasa sakit. Ketoprofen juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit artritis, asam urat atau gout, mengatasi nyeri menstruasi, dan juga mengurangi rasa sakit setelah menjalani operasi.

Ketoprofen merupakan obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS). Ketoprofen termasuk ke dalam obat resep, artinya Anda harus memiliki resep dokter untuk mendapatkan Ketoprofen di apotek terdekat. Ketoprofen digunakan untuk mengatasi rasa sakit setelah Anda mengalami operasi, nyeri menstruasi, gangguan pada otot dan sendi, dan juga nyeri akibat rematik. Ketoprofen hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Ketoprofen hingga saat ini hanya tersedia dalam bentuk kapsul.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Ketoprofen

1. Ketoprofen bisa membahayakan jika dikonsumsi oleh ibu menyusui, sedangkan ibu hamil diperbolehkan untuk mengkonsumsi Ketoprofen jika disarankan oleh dokter saja.
2. Bagi lansia dengan usia lebih dari 65 tahun tidak disarankan untuk mengkonsumsi Ketoprofen, begitu juga dengan anak - anak di bawah 18 tahun.
3. Apabila Anda mengalami penggumpalan darah, sirkulasi pembuluh darah terganggu, tekanan darah tinggi, panyakit Crohn, kolitis ulseratif, tukak usus duodenum, tukak lambung, gangguan hati, gangguan ginjal, dan lupus sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Ketoprofen.
4. Jika setelah mengkonsumsi Ketoprofen Anda mengalami sesak napas, BAB berdarah atau berwarna hitam, muntah darah, atau nyeri pada perut sebaiknya waspada dan konsultasikan kepada dokter.
5. Temui dokter segera jika Anda mengalami over dosis dan alergi setelah mengkonsumsi Ketoprofen.

Dosis Ketoprofen yang disarankan

Pemberian dosis Ketoprofen kepada pasien bisa berbeda, perbedaan ini berdasarkan kondisi tubuh pasien dan juga seberapa parah gangguan atau penyakit yang dialami oleh pasien. Pada umumnya, dokter akan menyarankan dosis Ketoprofen sebanyak 100 mg hingga 200 mg untuk satu hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Ketoprofen

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Ketoprofen, ada baiknya Anda membaca aturan pakai yang ada pada kemasan Ketoprofen. Patuhi juga  dosis yang telah diberikan oleh dokter.
2. Ketoprofen sebaiknya dikonsumsi setelah makan, Anda juga tidak dianjurkan untuk membuka atau mengunyah kapsul Ketoprofen, konsumsilah kapsul Ketoprofen dengan bantuan air putih.
3. Jika Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosis Ketoprofen, jangan menggandakan dengan dosis berikutnya dengan maksud menggantikan dosis yang terlewat. Sebaiknya segera konsumsi dosis Ketoprofen yang terlewat setelah Anda mengingatnya.
4. Gunakanlah tabir surya jika Anda beraktivitas di luar rumah karena konsumsi Ketoprofen bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif.
5. Supaya kondisi tubuh Anda selalu terpantau, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara rutin ke dokter selama Anda mengkonsumsi Ketoprofen.
6. Hubungi dokter jika Anda telah mengkonsumsi Ketoprofen selama 7 hari namun kondisi asam urat Anda tidak membaik.

Efek samping Ketoprofen

1. Diare
2. Nyeri pada ulu hati
3. Pencernaan yang terganggu
4. Gangguan pada perut
5. Mual
Beberapa gejala di atas merupakan beberapa efek samping yang diakibatkan oleh konsumsi Ketoprofen. Jika Anda mengalami efek samping yang parah atau sangat mengganggu sebaiknya segera temui dokter.

Demikian informasi seputar Ketoprofen yang dapat saya bagikan. Semoga informasi tentang Ketoprofen dapat berguna bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top