Kalsium - Dosis Aturan Minum Suplemen Dan Efek Sampingnya

Kalsium - Beberapa makanan seperti ikan sarden, kacang - kacangan, brokli, bayam, tempe, tahu, keju dan susu mengandung zat yang sangat kita butuhkan yaitu kalsium. Pertumbuhan tulang dan gigi tidak dapat berjalan tanpa adanya Kalsium. Organ tubuh lain juga membutuhkan Kalsium sebagai bahan bakar seperti sistem pembekuan darah, jantung, dan saraf.

Kalsium - Dosis Aturan Minum Suplemen Dan Efek Sampingnya Untuk mencukupi Nutrisi Badan

Orang yang mengalami kakurangan kalsium dalam tubuh disebut defisiensi kalsium, kadar fosfat dalam tubuh yang terlampau tinggi dapat dikurangi dengan asupan kalsium. Kalsium dapat kita dapatkan dari asupan dari makanan yang kaya kan Kalsium dan juga suplemen Kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga anak - anak dalam masa pertumbuhan.

Kalsium termasuk ke dalam jenis suplemen mineral. Suplemen Kalsium termasuk ke dalam golongan obat bebas. Kalsium bermanfaat untuk menurunkan kadar fosfat yang berlebihan dalam tubuh kita serta bermanfaat utnuk mengatasi dan mencegah defisiensi kalsium. Suplemen Kalsium dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Suplemen Kalsium tersedia dalam bentuk sirup dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi suplemen Kalsium

1. Sesuaikan konsumsi Kalsium dengan dosis yang telah diberikan oleh dokter terutama jika yang mengkonsumsi suplemen Kalsium adalah ibu hamil yang menyusui.
2. Jika anak - anak akan mengkonsumsi suplemen Kalsium sebaiknya tanyakan dosis yang tepat kepada dokter.
3. Bagi Anda yang mengalami penyakit sarkoidosis dan menderita gangguan ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi suplemen Kalsium.
4. Segera temui dokter jika mengalami over dosis dan alergi.

Dosis Kalsium yang tepat

Pada umumnya dokter akan memberikan dosis suplemen kalsium kepada penderita defisiensi kalsium adalah 1000 - 1200 mg dalam waktu sehari. Konsumsi Kalsium maksimal dalam sehari adalah 1500 mg per hari. Dosis yang diberikan kepada pasien bisa saja berbeda - beda berdasarkan tingkat keparahan defisiensi Kalsium yang diderita oleh pasien dan berat badan (anak - anak).

Cara mengkonsumi Kalsium dengan benar

1. Patuhi aturan pakai yang tertera pada kemasan dan sesuaikan dengan anjuran dokter.
2. Konsumsi suplemen Kalsium pada jam yang sama setiap hari. Jika Anda tidak sengaja melewatkan dosis Kalsium, segera minum suplemen Kalsium begitu teringat jika dosis berikutnya tidakterlalu dekat.

Efek samping dari konsumsi Kalsium

Suplemen Kalsium yang dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa menyebabkan sakit perut dan diare. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Semoga informasi seputar Kalsium dan seluk beluknya yang saya sajikan ini dapat Anda petik manfaatnya.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top