Isotretinoin Obat Jerawat - Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya

5:27 PM
Isotretinoin - Jerawat, adalah penyakit kulir terutama kulit wajah yang banyak kita alami. Terutama para remaja yang sedang dalam masa pubertas. Munculnya jerawat memang wajar, namun jika jumlah dan ukurannya sudah banyak dan besar, hal ini pasti akan sangat mengganggu. Selain rasa sakit yang ditimbulkan, rasa percaya diri pun akan sangat berkuang jika kita punya banyak jerawat di wajah.
Isotretinoin Obat Jerawat - Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Anak Anak Dan Orang Dewasa

Tahukah Anda apa penyebab dari jerawat? Yap, jerawat disebabkan karena pori - pori kulit tersumbat oleh kotoran. Untuk menghidari datangnya jerawat, bersihkan wajah Anda secara rutin supaya tidak ada kotoran yang menempel pada kulit wajah yang dapat menyumbat pori - pori wajah.

Isotretinoin merupakan salah satu obat yang digunakan untuk menangani masalah jerawat. Cara kerja Isotretinoin dalam mengatasi jerawat adalah mengurangi segala aktivitas minyak di kulit. Jika aktivitas minyak berkurang maka minyak di wajah pun akan berkurang. Otomatis pori - pori wajah akan lebih terbuka sehingga jerawat tidak muncul lagi.

Isotretinoin adalah obat resep dari jenis obat Retinoid. Isotretinoin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan juga obat oles. Obat yang berfungsi menyembuhkan jerawat tingkat ringan hingga sedang ini hanya boleh digunakan oleh anak berusia 12 tahun atau lebih dan orang dewasa.

Peringatan Sebelum Menggunakan Isotretinoin

1. Isotretinoin sebaiknya tidak digunakan oleh wanita hamil dan menyusui karena kandungan Isotretinoin dapat membahayakan bayi dan janin.
2. Bagi Anda yang mengalami kelebihan vitamin A dalam tubuh, kolesterol tinggi, mata kering, depresi, gangguan organ hati, ginjal, diabetes, eksim dan rosacea sebaiknya berhati - hati dalam menggunakan Isotretinoin.
3. Bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker kulit harus waspada dalam menggunakan Isotretinoin.
4. Selama Anda mengkonsumsi Isotretinoin dan sebulan setelahnya, hindari donor darah.
5. Segera datang ke dokter bila Anda mengalami over dosis atau alergi setelah menggunakan Isotretinoin.

Dosis Isotretinoin

Dosis pemakaian Isotretinoin berbeda - beda, hal ini didasarkan pada tingkat keparahan jerawat yang dialami oleh pasien.
1. Oleskan Isotretinoin satu hingga dua kali sehari, tipis saja. Bila kondisi sudah membaik, kurangi frekuensi pemakaian Isotretinoin oles.
2. Untuk Isotretinoin jenis tablet dan kapsul, Isotretinoin dikonsumsi dalam rentang waktu 4 hingga 6 bulan, dengan dosis 0,5 - 1 mg/kg berat badan per hari.

Cara yang benar dalam menggunakan Isotretinoin

1. Sebelum menggunakan Isotretinoin, pahami anjuran yang disampaikan oleh dokter dan baca aturan pakai yang ada pada kemasan Isotretinoin.
2. Bersihkan terlebih dahulu area yang akan diolesi Isotretinoin. Gunakan air bersih bersuhu biasa dan sabun untuk membersihkan daerah kulit yang akan diobati.
3. Kulit yang terkelupas sebaiknya tidak diolesi dengan Isotretinoin untuk menghidari iritasi yang lebih parah.
4. Selama Anda mengguankan Isotretinoin, sebaiknya tunda dulu rencana untuk memiliki momongan karena Isotretinoin dapat membahanyakan janin.
5. Jika Anda telah menggunakan Isotretinoin selama 6 minggu namun tidak ada peruabahan, hubungi dokter.
6. Jangan menghentikan penggunaan Isotretinoin karena dapat menyebabkan gagalnya pengobatan. Efek dari Isotretinoin baru bisa terlihat setelah pemakaian minimal 1 - 4 bulan.
7. Kulit akan menjadi lebih sensitif selama Anda menggunakan Isotretinoin, gunakan tabir surya jika beraktivitas di luar rumah.
8. Supaya pori - pori tidak tersumbat, hindari penggunaan salep, krim berminyak, riasan dan pelembap bersamaan dengan Isotretinoin. Jika kulit terasa kering, gunakan pelembap berbahan dasar air tanpa aroma.
9. Untuk menghidari jerawat datang kembali, konsultasikan kepada dokter langkah apa yang tepat untuk Anda lakukan.
10. Isotretinoin dapat membuat kulit menjadi lebih rapuh. Hindari perawatan dermabrasion dan wax setelah menggunakan Isotretinoin.

Efek Samping Isotretinoin

Berikut ini adalah efek samping dari penggunaan Isotretinoin, namun gejala ini akan hilang bila tubuh telah mampu menyesuaikan dengan Isotretinoin.
1. Mimisan
2. Kering pada mulut dan bibir
3. Mata menjadi kering
4. Pusing dan sakit kepala
5. Kulit menjadi lebih kering
6. Kulit kemerahan
7. Rasa terbakar, perih dan kulit mengelupas

Sekian informasi seputar Isotretinoin yang dapat mengatasi jerawat. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top