Irbesartan Obat Hipertensi - Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya

1:22 PM
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan di dalam darah lebih tinggi dari seharusnya. Hipertensi yang biasanya dialami oleh masyarakat disebabkan oleh pengaruh angiotensin II yang bisa mempersempit pembuluh darah. Jika keadaan ini dibiarkan terus menerus maka akan menimbulkan penyakit yang lebih serius, misalnya stroke.
Irbesartan Obat Hipertensi - Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya Bagi Anak Anak dan Orang TUa

Untuk membantu pasien hipertensi menurunkan tekanan darah, dalam dunia medis dikenal sebuah obat yaitu Irbesartan. Irbesartan termasuk dalam jenis obat angiotensin II receptor antagonist. Fungsi dari Irbesartan adalah menghambat atau mengurangi efek dari angiotensin II sehingga dapat melebarkan pembuluh darah.

Irbesartan merupakan obat yang hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa. Dalam mengkonsumsi Irbesartan juga harus disertai dengan resep dokter karena Irbesartan bukan merupakan obat bebas. Irbesartan hingga saat ini hanya tersedia dalam bentuk tablet. Manfaat dari Irbesartan adalah menurunkan tekanan darah yang tinggi dan juga melindungi ginjal bagi pasien yang memiliki komplikasi hipertensi dengan diabetes.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Irbesartan

1. Irbesartan tidak boleh dikonsumsi oleh anak - anak, ibu hamil dan menyusui.
2. Bagi pasien yang mengalami gangguan aliran darah menjuju ginjal dan gangguan katup jantung harus waspada dalam mengkonsumsi Irbesartan.
3. Temui dokter segera jika Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Irbesartan.

Dosis Irbesartan

Pemberian dosis Irbesartan akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien dan seberapa parah tingkat gangguan yang dialami. Berikut ini adalah daftar dosis Irbesartan.
1. 75 mg per hari bagi pasien berusia 75 tahun atau lebih dan tahapan awal terapi.
2. 150 mg per hari untuk pasien dewasa. Dosisnya bisa ditingkatkan menjadi 300 mg per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Irbesartan

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Irbesartan, ketahui cara pakai Irbesartan dengan membaca pada kemasan dan mengikuti anjuran dokter.
2. Irbesartan dapat dikonsumsi sebelum maupun setelah makan, sebaiknya konsumsi tablet Irbesartan dengan bantuan air putih.
3. Selama Anda menjalani pengobatan dengan Irbesartan, kendalikan kadar potasium di dalam darah dengan tidak mengkonsumsi pengganti garam berpotasium.
4. Hindari konsumsi alkohol, aspirin dan ibuprofen selama Anda mengkonsumsi Irbesartan untuk mencegah efek samping yang berbahaya.
5. Beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Irbesartan sebelum menjalani penanganan medis apapun.
6. Untuk mempercepat pengobatan dengan Irbesartan, imbangilah dengan menjalani pola hidup sehat, pola makan seimbang, serta hindari rokok dan alkohol.
7. Untuk mengoptimalkan kinerja Irbesartan pada tubuh Anda, konsumsi Irbesartan pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
8. Jangan menggandakan dosis Irbesartan jika Anda lupa mengkonsumsinya, konsumsi dosis yang terlewat segera jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.
9. Supaya kondisi tubuh Anda dapat terpantau oleh dokter, periksakan diri Anda secara teratur selama mengkonsumsi Irbesartan.

Efek Samping Irbesartan

Berikut ini adalah gejala efek samping dari Irbesartan.
1. Pusing
2. Sensani seperti akan pingsan
3. Mudah lelah atau letih
4. Mual
5. Rasa nyeri pada seni dan otot

Itulah informasi seputar obat hipertensi, Irbesartan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top