Indomethacin - Dosis Aturan Pakai Obat Anti Nyeri Dan Efek Sampingnya

1:17 PM
Indomethacin - Dalam kondisi seperti sekarang ini, kehidupan menuntut kita untuk bergerak serba cepat dan bekerja dengan keras. Kondisi seperti ini seringkali menyebabkan gangguan pada tubuh kita, terutama yang berkaitan dengan rasa nyeri. Rasa nyeri yang kita alami ini, disebabkan oleh produksi prostaglandin oleh tubuh kita. Senyawa ini menyebabkan kita merasakan  nyeri dan inflamasi.
Indomethacin - Dosis Aturan Pakai Obat Anti Nyeri Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pria Wanita

Rasa nyeri dapat diatasi jika produksi senyawa prostaglandin dapat ditekan. Salah satu obat medis yang dapat digunakan untuk menekan senyawa tersebut adalah Indomethacin. Indomethacin merupakan obat pereda nyeri yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri rematik, nyeri saat haid atau menstruasi, nyeri punggung, artitis reumatoid, otot dan sendi kaku serta keseleo.

Indomethacin merupakan salah satu obat dari jenis obat anti inflamasi non-steroid. Indomethacin tidak dapat dengan bebas dikonsumsi, obat ini harus disertai dengan resep dokter. Indomethacin berguna untuk mengurangi dan meredakan inflamasi serta rasa nyeri. Indomethacin tersedia dalam bentuk kapsul yang hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa.

Peringatan Sebelum Menggunakan Indomethacin

1. Konsumsi Indomethacin bisa membahayakan bagi janin dan bayi, oleh karena itu Indomethacin sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.
2. Jika Anda sedang menjalani program untuk mendapatkan keturunan, hindari konsumsi Indomethacin karena dapat mengganggu kesuburan Anda.
3. Indomethacin sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau bisa juga dikonsumsi bersamaan dengan makanan.
4. Salah satu efek samping mengkonsumsi Indomethacin adalah pusing, hindari mengoperasikan alat berat dan mengemudi jika Anda dalam pengaruh Indomethacin.
5. Indomethacin dikonsumsi dalam jangka pendek saja, bila rasa nyeri yang Anda alami sudah membaik, sebaiknya hentikan konsumsi Indomethacin.
6. Bagi Anda yang telah berusia lebih dari 65 tahun, menderita lupus, gangguan penggumpalan darah, alergi terhadap obat anti inflamasi, gangguan mental, penyakit Parkinson, epilepsi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, gangguan ginal, hati, asma, dan tukak lambung sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Indomethacin.
7. Segera temui dokter apabila Anda mengalami overdosis ataualergi setelah mengkonsumsi Indomethacin.

Dosis Indomethacin

Berikut ini adalah dosis Indomethacin untuk beberapa keluhan yang dialami oleh pasien.
1. Artritis reumatoid kronis : 50 - 150 mg Indomethacin per hari
2. Artritis reumatoid akut : 50 - 75 mg Indomethacin per hari
3. Nyeri haid (menstruasi) : maksimal 75 mg Indomethacin per hari
4. Rematik akut akibat asam urat : 150 - 200 mg Indomethacin per hari
Dalam pemberian dosis Indomethacin, pertama diberikan dosis yang paling ringan, kemudian dosis akan disesuaikan berdasarkan respon tubuh terhadap Indomethacin.

Cara yang Benar dalam Mengkonsumsi Indomethacin

1. Baca keterangan pada kemasan dan patuhi anjuran dokter dalam mengkonsumsi Indomethacin.
2. Untuk menghindari pendarahan pada lambung, pasien sebaiknya menghidnari alkohol dan rokok selama mengkonsumsi Indomethacin.
3. Bagi pasien yang mengkonsumsi Indomethacin dalam waktu yang lama, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter secara teratur.
4. Konsumsi Indomethacin pada jam yang sama setiap hari secara teratur supaya Indomethacin dapat bekerja maksimal pada tubuh pasien.
5. Bagi pasien yang tidak sengaja melewatkan dosis Indomethacin, tidak disarankan utuk menggandakan dosisnya. Konsumsi dosis Indomethacin yang terlewat jika ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.

Efek Samping Indomethacin

Beberapa gejala di bawah ini umumnya dialami oleh pasien yang mengkonsumsi Indomethacin.
1. Mual hingga muntah
2. Konstipasi atau diare
3. Pusing
4. Gangguan pencernaan
5. Nyeri pada ulu hati

Sekian informasi tentang obat anti inflamasi non-steroid, Indomethacin. Semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top