Ibuprofen - Dosis Aturan Pakai, Efek Samping Dan Khasiat Untuk Pereda Nyeri

Ibuprofen adalah salah satu jenis obat yang dikenal dalam dunia  kedokteran berfungsi sebagai pereda rasa nyeri yang ringan. Ibuprofen termasuk ke dalam jenis obat anti inflamasi non-steroid. Ibuprofen dapat digunakan untuk mengatasi berbagai keluahn diantaranya sakit gigi, sakit perut saat menstruasi, nyeri pada otot, keseleo, dan juga artritis.
Ibuprofen - Dosis Aturan Pakai, Efek Samping Dan Khasiat Untuk Pereda Nyeri anak Anak dan Orang Dewasa

Rasa sakit pada tubuh yang kita rasakan disebabkan oleh produksi senyawa Prostaglandin. Produksi Prostaglandin ini dapat dihambat produksinya setelah kita mengkonsumsi Ibuprofen. Sehingga rasa sakit yanng kita rasakan juga akan berkurang.

Ibuprofen tersedia dalam berbagai bentuk diantaranya sirup, bubuk, obat kunyah, kapsul dan juga tablet. Untuk bisa memperoleh Ibuprofen di apotek, Anda membutuhkan resep dokter. Ibuprofen bermanfaat untuk meredakan rasa sakit, inflamasi dan juga menurunkan demam. Ibuprofen aman boleh dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa tentunya di bawah pengawasan dokter.

Peringatan Ibuprofen

Sebelum Anda mengkonsumsi Ibuprofen, ada baiknya Anda membaca dan memahami beberapa peringatan pentik sebelum mengkonsumsi Ibuprofen.
1. Selalu patuhi dan laksanakan anjuran dokter terutama bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan dan menyusui.
2. Bagi anak dengan usia di bawah 12 tahun maka harus menanyakan dosis yang tepat kepada dokter.
3. Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, sebaiknya mengkonsumsi Ibuprofen dengan satu gelas susu atau bersama makanan.
4. Bagi Anda yang mengalami gangguan kesehatan seperti hipertensi, penggumapalan darah, lupus, penyakit jantung, ginjal, hati, asma, dan gangguan pencernaan harap berhati - hati dalam mengkonsumsi Ibuprofen.
5. Segera datang atau hubungi dokter bila Anda mengalami gejala over dosis dan juga alergi setelah mengkonsumsi Ibuprofen.

Dosis Obat Ibuprofen

Dosis maksimal yang diberikan dokter kepada pasiennya dalam mengkonsumsi Ibuprofen dalam sehari adalah 2,4 gram. Berikut ini adalah dosis Ibuprofen yang lebih rinci yang biasa diberikan oleh dokter kepada pasiennya.
1. Bayi usia 3 hingga 6 bulan mengkonsumsi Ibuprofen tiga kali dalam sehari dengan takaran 2,5 ml atau 50 mg.
2. Bayi usia 6 bulan hingga satu tahun mengkonsumsi Ibuprofen 2,5 ml sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.
3. Balita usia 1 hingga 4 tahun mengkonsumsi Ibuprofen 3 kali sehari dengan takaran 5 ml atau 10 mg.
4. Anak usia 4 hingga 7 tahun mengkonsumsi Ibuprofen 7,5 ml atau 150 mg dengan frekuensi 3 kali sehari.
5. Anak usia 7 hingga 10 tahun mengkonsumsi Ibuprofen tiga kali sehari dengan dosis 10 ml atau 200 mg.
6. Anak usia 10 hingga 12 tahun mengkonsumsi Ibuprofen tiga kali sehari dengan takaran 300 mg atau 15 ml.
7. Orang dewasa di atas 12 tahun mengkonsumsi Ibuprofen 3 hingga 4 kali sehari dengan takaran 200 mg hingga 400 mg.

Cara mengkonsumsi Ibuprofen dengan benar

Supaya efek dari Ibuprofen terasa bagi Anda dan meringankan sakit yang Andaderita dengan maksimal, maka Anda harus mengetahui cara yang tepat dalam mengkonsumsi Ibuprofen. Penasaran bagaimana caranya? Baca cara mengkonsumsi Ibuprofen dengan benar seperti di bawah ini.
1. Makan dahulu sebelum mengkonsumsi Ibuprofen atau konsumsi Ibuprofen bersama dengan susu. Untuk menghindari efek samping yang berlebihan, hindari minuman keras dan rokok selama mengkonsumsi Ibuprofen.
2. Jangan menggandakan dosis Ibuprofen yang lupa Anda konsumsi. Segera konsumsi dosis Ibuprofen yang terlewat begitu Anda ingat dan jangan minum dosis yang terlewat apabila jarak dengan dosis berikutnya terlalu dekat.

Efek Samping Obat Ibuprofen

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi Ibuprofen dengan benar, sekarang Anda juga harus mengetahui efek samping apa saja yang ditimbulkan oleh konsumsi Ibuprofen. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari Ibuprofen yang sering terjadi.
1. Feses menjadi hitam
2. Muntah darah
3. Tukak lambung
4. Sakit kepala
5. Konstipasi atau diare
6. Nyeri ulu hati
7. Perut kembung
8. Mual dan muntah

Itulah berbagai informasi yang menarik seputar obat pereda rasanyeri bernama Ibuprofen. Semoga informasi tentang Ibuprofen yang saya sajikan ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top