Heparin Obat Anti Penggumpalan Darah - Dosis Aturan Minum Dan Efek Sampingnya

Heparin - Darah merupakan bagian dari tubuh kita yang sifatnya cair. Darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Darah bisa mengalami penggumpalan saat dalam perjalanan ke seluruh tubuh. Jika penggumpalan darah dibiarkan, maka gumpalan darah ini akan menyumbat pembuluh darah dan akan menyebabkan terjadinya gangguan - gangguan yang serius.

Heparin Obat Anti Penggumpalan Darah - Dosis Aturan Minum Dan Efek Sampingnya

Artikel kali ini akan membahas tentang obat Heparin.  Heparin berfungsi untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Heparin sifatnya hanya mencegah dan bukan menghancurkan gumpalan darah apabila sudah terjadi. Selain mencegah penggumpalan darah, Heparin juga dapat digunakan untuk mencegah komplikasi setelah serangan jantung, penggumpalan darah saat transfusi, bedah jantung, dialisis, mencegah embolisme paru - paru dan trombosis vena dalam.

Heparin adalah salah satu dari obat sejenis Antikoagulan. Heparin tidak dapat kita beli secara bebas, karena Heparin sejatinya merupakan obat resep. Manfaat dari Heparin yang diketahui hingga saat ini adalah mencegah dan mengobati masalah penggumpalan darah. Anak - anak dan orang dewasa boleh mengkonsumsi Heparin untuk proses pengobatan, namun untuk proses pencegahan Heparin hanya boleh digunakan oleh orang dewasa. Heparin baru tersedia dalam bentuk obat suntik.

Peringatan Sebelum Menggunakan Heparin

1. Sebelum Anda mulai menggunakan Heparin, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu, terutama bagi ibu hamil yang akan menggunakan Heparin.
2. Bagi Anda yang mengalami trombositopenia, tuberkulosis, sepsis, gangguan metabolisme, hati, ginjal, jantung, hemofilia, diabetes, gangguan sirkulasi darah, menkonsumsi miras, mengalami memar tanpa sebab, penyakit mata, sedang menjalani operasi, diberi bius lokal, dan menjalani prosedur pungsi tumbal harus berhati - hati dalam menggunakan Heparin.
3. Salah satu efek samping dari Heparin adalah pusing, oleh karena itu jangan mengemudikan kendaraan atau alat berat saat Anda berada dalam pengaruh Heparin.
4. Selama Anda menggunakan Heparin, hindari konsumsi obat antiinflamasi non-steroid dan minuman keras.
5. Segera hubungi dokter bila Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Heparin.

Dosis Heparin

Pemberian dosis Heparin kepada pasien akan diperhitungkan berdasarkan kondisi pasien dan jenis penyakit yang diderita. Berikut ini adalah dosis Heparin umum untuk setiap penyakit.
1. Hemodialisis dan hemofiltrasi, dosis pertama Heparin adalah 1000-5000 unit, dan selanjutnya diberikan Heparin setiap 1 jam dengan dosis 1000-2000 unit.
2. Mencegah trombus mural pasca serangan jantung, dosis Heparin adalah 12.500 unit, setiap 12 jam selama 10 hari.
3. Pengobatan angina tidak stabil dan oklusi arteri parifer akut, dosis pertama Heparin adalah 5000 unit, selanjutnya cukup 1000-2000 unit tiap jam.
4. Pengobatan DVT dan embolisme paru - paru, pasien diberi Heparin sebanyak 5000-10000 unit untuk dosis pertama, dosis selanjutnya 10.000-20.000 unit tiap 12 jam.
5. Pencegahan DVT dan embolisme paru - paru, pasien diberi Heparin sebanyak 5000 saat pertama kali, kemudian dilanjutkan dengan dosis berikutnya sebanyak 5000 unit tiap 8-12 jam selama 7-10 hari.

Cara yang Benar Dalam Mengkonsumsi Heparin

1. Pemberian Heparin biasanya dilakukan oleh para medis di rumah sakit.
2. Supaya kondisi Anda terpantau selama menggunakan Heparin sebaiknya periksakan diri secara rutin.
3. Konsumsi rokok dapat mengurangi kinerja Heparin, sedangkan alkohol dapat menyebabkan terjadinya efek samping yang parah. Oleh karena itu, selama Anda menggunakan Heparin sebaiknya hindari rokok dan minuman keras.
4. Berhati - hatilah saat Anda beraktivitas supaya tidak terluka untuk menghindari pendarahan karena penggunaan Heparin akan mencegah pembekuan darah.

Efek Samping Heparin

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari Heparin.
1. Volume darah menstruasi bertambah
2. Mimisan
3. Urine disertai darah
4. Kaku,nyeri dan sakit pada sendi
5. Konstipasi
6. Sakit punggung
7. Pembengkakan dan sakit perut
8. Gusi mengalami pendarahan
9. Sakit kepala
Jika Anda mengalami alergi setelah disuntik Heparin, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan.

Itulah informasi terlengkap mengenai Heparin. Semoga informasi tentang Heparin di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top