Glimepiride Obat Diabetes - Cara Memakai Dosis Yang Benar dan Efek Sampingnya

8:37 AM
Glimepiride - Banyak jenis obat yang dapat digunakna untuk mengatasi penyakit diabetes tipe 2, diantaranya Glimepiride. Tahukan Anda apa diabetes itu? Diabetes adalah penyakit dimana kadar gula di dalam darah menjadi sangat tinggi atau di atas ambang batas normal. Hal ini terjadi karena organ pankreas tidak dapat memproduksi zat insulin dengan baik. Insulin merupakan suatu hormon atau zat yang digunakan oleh tubuh untuk menyerap gula atau kalori sehingga tidak menumpuk di dalam aliran darah.
Glimepiride Obat Diabetes - Cara Memakai Dosis Yang Benar dan Efek Sampingnya Bagi Pria Wanita

Glimepiride merupakan salah satu obat anti-diabetes sulfonylurea. Untuk bisa membeli Glimepiride di apotek, Anda harus memiliki resep dokter karena Glimepiride bukan obat yang diperjual belikan secara bebas. Manfaat dari Glimepiride adalah untuk meringankan gejala penyakit diabetes tipe 2. Glimepiride hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa, dan Glimepiride hanya tersedia dalam bentuk tablet hingga saat ini.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Glimepiride

1. Glimepiride dapat berbahaya bagi janin dan bayi, oleh karena itu Glimepiride sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, menyusui atau yang sedang menjalankan program kehamilan.
2. Jika Anda adalah penderita dari penyakit porfiria, defisiensi G6PD, mengalami gangguan hati atau gangguan ginjal sebaiknya berhati - hati dalm mengkonsumsi Glimepiride.
3. Segera hubungi dokter jika setalh mengkonsumsi Glimepiride, Anda mengalami over dosis atau alergi.

Dosis Glimepiride yang disarankan oleh dokter

Seseorang hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi Glimepiride sebanyak 6 mg dalam sehari. Dosis yang umum disarankan oleh dokter dalam sehari adalah 1 mg per hari dan akan ditingkatkan sesuai dengan perkembangan kondisi pasien.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Glimepiride

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Glimepiride sebaiknya patuhi dosis yang diberikan oleh dokter dan jangan lupa untuk membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan Glimepiride.
2. Untuk mengkonsumsi tablet Glimepiride, sebaiknya dengan bantuan air putih dan tidak dianjurkan untuk mengunyahnya. Glimepiride aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan.
3. Agar kondisi Anda dapat terpantau oleh dokter, sebaiknya periksakan diri secara rutin selama Anda mengkonsumsi Glimepiride.
4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jalanilah pola makan seimbang dan juga olahraga secara teratur. Hindari alkohol dan juga rokok.
5. Konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami kelelahan, sering buang air kecil, dan juga sering merasa haus untuk menyesuaikan dosis Glimepiride yang Anda konsumsi.
6. Jangan pernah menggandakan dosis Glimepiride bila Anda lupa mengkonsumsinya, konsumsi dosis yang terlewat tersebut jika jadwal dosis Glimepiride berikutnya tidak terlalu dekat.
7. Jika Anda merasakan gemetar, lapar, pandangan kabur, jantung berdebar, pucat, dan lemas sebaiknya segera konsumsi makanan yang mengandung kalori.

Efek samping Glimepiride

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dialami pasien setelah mengkonsumsi Glimepiride, jika Anda mengalami reaksi alergi, over dosis dan juga efek samping yang parah segera hubungi dokter.
1. Pusing
2. Pucat
3. Diare
4. Mual
5. Konstipasi

Inilah informasi yang dapat saya sampaikan tentang Glimepiride, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top