Glibenclamide Obat Diabetes - Peringatan Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya

Glibenclamide - Tahukah Anda tentang penyakit diabetes? Diabetes terjadi karena tingginya kadar gula di dalam darah seseorang. Diabetes seperti ini digolongkan ke dalam diabetes tipe 2. Tingginya kadar gula di dalam darah disebabkan oleh kemampuan tubuh dalam menyerap kelebihan gula dengan baik. Jika gejala ini terus dibiarkan maka akan terjadi komplikasi di dalam tubuh penderitanya seperti resiko terkena stroke, serta serangan jantung, gangguan gairah seksual, amputasi, gangguan saraf, gangguan penglihatan hingga kebutaan, gangguan saraf dan rusaknya organ ginjal.

Glibenclamide Obat Diabetes - Peringatan Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya

Secara alami, pankreas menghasilkan hormon bernama insulin yang menyerap kelebihan kadar gula di dalam tubuh kita. Glibenclamide dapat membantu organ pankreas menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang lebih banyak sehingga gejala diabetes yang dialami oleh pasien bisa berkurang. Kadar gula di dalam darah juga dapat berkurang dengan menjalani pola hidup sehat, pola makan seimbang, dan olahraga secara teratur.

Glibenclamide atau glyburide merupakan jenis obat antidiabetes solfonilurea. Glibenclamide tidak diperjual belikan secara bebas, oleh karena itu Anda harus mempunyai resep dokter untuk membeli Glibenclamide ini. Dengan kata lain, Glibenclamide merupakan obat resep. Glibenclamide dikonsumsi untuk membantu meringankan gejala pada penyakit iabetes tipe 2. Glibenclamide hanya tersedia dalam bentuk tablet, dan hanya boleh dikonsumsi oleh orang yang sudah dewasa.

Peringatan sebelum megkonsumsi Glibenclamide

1. Konsumsi Glibenclamide dapat berbahaya bagi janin dan bayi, sebaiknya hindari konsumsi Glibenclamide bagi ibu yang menyusui atau sedang hamil.
2. Bagi Anda yang mengalami defisiensi G6DP, gangguan saraf, penyakit tiroid, porfiria, gangguan ginjal, dan gangguan hati sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Glibenclamide.
3. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, sebaiknya Glibenclamide dikonsumsi setelah makan pagi atau sarapan.
4. Supaya Anda mendapatkan kesehatan yang maksimal, sebaiknya patuhi saran dokter mengenai anjuran untuk berolahraga secara teratur dan pola makan yang sehat.
5. Salah satu efek samping dari Glibenclamide adalah hipoglikemia atau kadar hula di dalam darah menjadi rendah, hal ini merupakan hal yang umun.
6. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Glibenclamide.

Dosis Glibenclamide

Dosis Glibenclamide yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya akan ditentukan berdasarkan kondisi tubuh pasien dan respon tubuh pasien terhadap Glibenclamide. Dosis maksimal Glibenclamide yang diberikan oleh dokter biasanya 15 mg. Dosis umum yang disarankan oleh dokter adalah 2,5 mg hingga 5 mg per hari. Dosis akan disesuaikan kembali setelah beberapa waktu mengkonsumsi Glibenclamide.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Glibenclamide

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Glibenclamide, sebaiknya Anda memperhatikan petunjuk yang diberikan oleh dokter dan juga aturan pakai yang tertera pada kemasan Glibenclamide.
2. Glibenclamide sebaiknya dikonsumsi 2 kali dalam sehari terutama bagi yang mengkonsumsi Glibenclamide dalam dosis yang tinggi. Konsumsi Glibenclamide bersama atau setelah makan pagi atau sarapan.
3. Segera datang ke dokter jika Anda mengalami gejala tingginya kadar gula dalam darah seperti mudah lelah, frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering dan juga merasa sangat haus.
4. Glibenclamide memang akan menurunkan kadar gula di dalam darah dengan drastis, mintalah saran dokter untuk mengatasi ini dan hindari konsumsi alkohol.
5. Supaya kondisi tubuh Anda dapat terpantau dengan baik, periksakan diri ke dokte secara teratur selama mengkonsumsi Glibenclamide.
6. Konsumsi Glibenclamide pada jam yang sama setiap hari untuk memaksimalkan efeknya, jika Anda tidak sengaja melupakan dosis Glibenclamide, konsumsi dosis tersebut pada jam makan berikutnya.

Efek Samping Glibenclamide

Berikut ini adalah efek samping yang umum ditimbulkan oleh Glibenclamide, jika Anda mengalami efek samping Glibenclamide yang parah dan sangat mengganggu, segera temui dokter.
1. Naiknya berat badan
2. Gangguan pencernaan seperti sembeli, konstipasi dan diare.
3. Ulu hati terasa nyeri
4. Mual
5. Gejala kadar gula dalam darah rendah

Terimakasih telah membaca artikel tentang Glibenclamide, semoga ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top